Motor Susah Distarter Pas Panas Padahal Aki Baru, Cek Ini Sob!

5

Sobat MMBlog sekalian, beberapa minggu yang lalu, MMBlog memutuskan untuk mengganti aki Mas Moel aka Yamaha FZ6 Fazer S2 yang sejatinya udah lama banget ngendok kagak jalan-jalan. aki lamanya sempat MMBlog cas ulang, voltase bagus, bisa start sekali, tapi abis itu gak bisa lagi, hadeuh, yaudah belilah aki merek MSHN, ceritanya jadi coba-coba, xixixi.

kebetulan aki ini gak semahal Yuasa YT12B-BS yang emang jadi default aki Fazer dan aki Ducati. coba pasang, start pertama ternyata bener-bener gagah Sob. coba pakai, kurang lebih setengah jam, matiin, terus nyalain, wah ternyata berat lagi nih starternya. yaudah, coba bawa aja deh ke bengkel moge andalan Bengkel Bang Aminsyahnur. sesampainya disana, voltase dan pengisian di cek, ternyata pengisian dan akinya bagus banget.

vonis langsung dijatuhkan ke dinamo stater, nah ini. kebetulan bongkar dinamo fazer tuh luar biasa, lumayan njelimet Sob. tangan kudu silat sana sini. akhirnya pun kecopot itu dinamo stater. dibongkar, akhirnya kelihatan, ternyata salah satu arangan atau carbonnya yang positif, udah abis kemakan Sob. hmm, ternyata ini biang keroknya yah. yaudah, kata bang amin, bisa pakai punya tiger nih, tapi kudu di bentuk ulang lagi arangannya.

sat set sat set, akhirnya rapih juga, pasang, dan coba starter, vruuuuumm! coba matiin, idupin lagi, vruuuummm! terus coba idupin lagi, wah gampang, ternyata bener, arangan atau brush set itu biang keroknya. kalau beli satu set, punya R6 sih bisa aja dan sama emang kode partnya, tapi harganya mayan mahal, setengah juga sendiri, MMBlog yang tim mending gini ya kalau ada yang murah, ngapain pake cara yang mahal, wkwkwk.

oke Sob, ada pengalaman serupa gak nih? jujur, ini pertama kalinya MMBlog ganti arangan motor. itu dinamo stater thunder 250 dari baru tahun 2006 sampe sekarang tetep greng aja loh, mantap!  sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

instagram

Villa Kanaya

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here