Email Pembaca: Kampas Rem Motor Saya Kok Cepat Habis??

9
Villa Kanaya
rem-nya, ya cukup aja, gak terlalu istimewa

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog mendapatkan surel dari Mas R. Mas R ini berkeluh kesah dengan kondisi motornya yang sering jajan. Macam kampas rem, kok ya baru 2000-3000 km aja kampasnya udah abis? Hmm, menarik untuk diteliti nih. Karena MMBlog juga pernah ngalamin hal serupa.

Sejatinya, bukan MMBlog yang ngalamin Sob, tapi bokap. Motor matiknya sering banget ngalamin yang namanya abis kampas rem. Terutama abis kampas rem depan. Kalau kampas tromol belakang gak terlalu cepet abis. Hmm, usut punya usut, ternyata pas MMBlog ngikutin riding di belakangnya, lampu rem bisa dikatakan hampir 80 persen sepanjang perjalanan menyala, lho kok?!

Villa Kanaya
rem depan

Iya masbro, ini adalah sebuah kebiasaan, kebiasaan mantengin jari tangan di tuas rem, yups jari tangan standby di tuas rem depan, entah karena kebiasaan atau karena takut tuasnya copot (padahal tuasnya dibau yah), kebiasaan ini adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh bikers kebanyakan. Efeknya banyak sebenernya, aki cepet tekor, lampu belakang putus, dan rem cepet habis.

Nah, makanya nih, buat Mas R, coba diperhatikan kebiasaan berkendaranya. Apakah tangan stand by manteng di tuas rem? Kalau iya, yuk dibiasain untuk jarinya secara penuh menggenggam throttle, ya kalau mau ngerem aja baru pindahin jarinya ke tuas rem. Dengan gitu, harusnya kampas rem bisa jadi lebih awet Mas.

Oia, untuk motor matic yang rem belakangnya udah cakram, juga lumayan sering nih ngalamin hal begini. Semoga berguna ya sob remindernya.

instagram

Villa Kanaya

9 COMMENTS

  1. Disk brake double kanan kiri gitu, terus tuas koplingnya dimana?
    Di kaki kanan kan buat tuas rem belakang bang?

    • wk wk wk 1 master rem cabang dua , master remnya di upgrade sperti pakai brembo original, ktc, rcb dll kl pakai asli bawaan motor dijamin gak pakem karna tekanan minyak rem yg menjadi lemah

  2. Kalo motornya yamaha pake kampas ori emang cepet habis, di nmax saya pake ori yg depan kuat 3 bulan kalo belakang 5 bulan
    Tapi kalo pake daytona atau elig bisa lebih awet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here