Motor Kilometer TInggi = Motor Sehat, Ya Bener, Tapi …

6
Villa Kanaya
sebelum diuji

Sobat MMBlog sekalian, seringkali MMBlog mendapatkan informasi atau pendapat tentang motor berkilometer tinggi yang berbanding lurus dengan sehatnya motor. Motor ini punya jarak tempuh yang tinggi, otomatis motor ini adalah motor yang sehat, motor yang dipakai, motor yang dirawat. Nah, menarik, apakah benar stigma atau pendapat kayak gini.

Ya kalau ngomongin bener sih, emang bener. Menempuh jarak sampai 90.000 km atau 100.000 km, tentu motor tersebut adalah motor sehat yang pastinya terawat. Dipakai, entah itu dalam waktu yang rekatif dekat atau lama. Motor yang punya daya juang tinggi, udah gitu, pemiliknya pasti juga apik, punya dedikasi untuk perawatan. Eh, tapi, ada tapinya juga lho Sob.

Villa Kanaya

Apa tuh Mas?

Tapinya itu kalau pas APES 😆 . mungkin betul, motor itu adalah motor yang kerawat. Begitu ada kerusakan, sama owner sebelumnya langsung dibetulin. Tapi gimana kalau pas tiba-tiba ketemu kerusakan atau keausan beruntun, itu motor pas lagi ke kita? Kayak FZ8 MMBlog kemarin, itu motor odometernya tinggi, sehat sih, MMBlog udah bawa dari Tasikmalaya ke Jakarta, no problem, tapi sempat itu motor “kencing” Sob.

odo xjr udah 90.000 km lebih

Yups, seal mekanikal waterpump sempat kurang oke, beruntung sistem pembuangan air atau sirkulasinya gak langsung membuat air tercampur dengan oli mesin, tapi malah keluar dulu. Di betulin, ya alhamdulillah bisa dan murah. Eh, tapi gak sampai di situ aja, 3 bulan MMBlog pakai, ni motor ternyata lama-lama susah dinetralin, yups, indikasi kampas koplingnya habis atau tipis nih, beruntung, ni motor ada yang mau kondisi apa adanya, yaudah lepas :mrgreen: .

Ya bener, emang motor itu motor sehat, tapi kudu siapin diri juga kalau tetiba ketemu apesnya ada part yang kudu diganti emang karena umur. Kecuali nih, empunya motor orangnya fair, atau ketemu motor yang emang abis direstorasi total, di okein banget motornya biar kata odometernya udah gondrong. Gimana menurutmu Sob?

instagram

Villa Kanaya

6 COMMENTS

  1. Benar bahwa motor ber-kilometer tinggi pasti terawat.
    Tapi semua barang mekanikal ada umurnya by design.

    Kami ada Jupie MX lawas yg sudah 102.000 km, dirawat dgn baik, tapi performa sudah turun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here