Email Pembaca : Gimana Biar Lolos Uji Emisi?

0
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog mendapatkan surel dari Om W. Om W adalah seorang rider motor yang itungannya udah enggak muda-muda amat, tapi enggak terlalu lawas juga. Khawatir tidak lolos emisi, Om W akhirnya nyari literatur tentang uji emisi, eh ketemu artikel MMBlog yang ini, dan nanya, gimana ya tips biar lolos uji emisi, motornya emang standar, tapi kayaknya agak pedes asep knalpotnya, hmmm.

Ngomongin uji emisi, kayaknya Om W tidak perlu terlalu khawatir dulu. Pemerintah daerah DKI, kayaknya lagi dan lagi, ngulur eksekusi dan penegakan perkara uji emisi di jalanan ibukota. Ya Om bisa cek aja laman atau sosmed dinas lingkungan hidup DKI atau berita-berita di media online terkait penundaan atau penguluran eksekusi wajib aturan uji emisi. Tapi ya kalau mau uji emisi ya monggo aja, silahkan, nah, kalau pedes, coba cek nih komponennya.

Villa Kanaya

Pertama, om coba pakai bensin yang bagus. Sesuain sama kompresi mesin atau timing motor si Om. Mau aman ya pakai pertamax atau shell super beroktan 92 aja Om. Terus om cek lagi, busi, itu busi motor om umurnya udah berapa lama om, baiknya coba ganti baru, biar apinya gede lagi. Nah, terus om juga cek yang namanya filter udara, itu filter bampet juga ngaruh ke emisi om. Yang terakhir yang lumayan membantu nih.

sekarang udah luntur itu tulisannya, wkwkwkwk

Katalitik konverter! Yups, kalau emang itu katalitik konverternya masih ada dan bisa di lepas, coba aja om cuci atau bersihin pakai degreaser, lumayan ngaruh itu om. Oia, mau sempurna lagi tanpa bongkar mesin, masukin aja ke tangki cairan carbon cleaner, motor ajak jalan dulu agak jauhan, treatment beberapa kali, biar enak, baru dah uji emisi.

Kabarin ane ya om kalau udah uji emisi, ane belom sempet mau uji emisi motor ane yang laen. Ntar dicoba lagi dah, baru mas moel doang, itupun dulu, belom bisa diinput, wkwkwk. Semoga berguna ya Om!

instagram

Villa Kanaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here