Tool Kit Motor Baru Sekarang Obeng Doang, Makin Canggih? Makin Awet? Makin Banyak Dealer?

15
tool kit GN250

Sobat MMBlog sekalian, ayo kita diskusi dan ngomongin hal remeh temeh lagi, wkwkwk. Nah kali ini, MMBlog mau bahas tentang tool kit motor. Yups, tool kit, atau perkakas, atau hardware yang di ikutkan ketika kita membeli sebuah sepeda motor. Nah, menarik, karena MMBlog pernah ngalamin beli motor baru dengan tool kit segambreng, dan belakangan ini, motor baru sekarang tool kitnya cuman obeng doang :mrgreen: , indikasi apa ini?

Dulu waktu beli Suzuki Thunder 250, tool kit yang MMBlog dapatkan adalah Kunci Pas 10, 12, 14, 17. Terus ada obeng minus dan plus, ada juga kunci busi, terus ada kunci L ukuran 17 (ini asli spesial) untuk bongkar roda depan, terus terakhir dapet tang. Hmm, lumayan juga. Terus Kawasaki ER6n, yang MMBlog inget ada obeng, kunci L, sama kunci buat setelan sok breker. Mas Moel juga pas beli seken juga dapet tool kit, dapet obeng, tang, kunci L, sama kunci buat setel Sok belakang, yang palling jos sih emang Thunder 250, tempatnya aja proper banget buat naro tool kitnya.

TOOL KIT | partno. 5VX2810000 | https://www.cmsnl.com/products/tool_5vx2810000/
CMS – Parts For A Better Ride
cmsnl.com

Ngomongin berguna apa enggak, jelas berguna itu tool kit. Terutama buat Thunder 250. Beberapa kali emang harus bongkar ban depan kalau kempes karena dulu masih pakai ban dalam. Terus tank juga seringkali berguna kalau kudu narik atau mutusin sesuatu. Kunci pas ukurang sebanyak itu juga berguna ketika kudu setel rantai, ya namanya di jalan ada obstacle-nya Sob. Seenggaknya baut body kendor lah, atau kudu bongkar kabel kopling.

Motor sekarang, wah, menarik, kita pastinya mendapatkan riding experience :mrgreen: . dengan tool kit yang makin sedikit itu, sebenernya indikasinya apa kira-kira Sob? Apakah motor sekarang makin awet? Makin canggih? Atau karena dealer makin banyak? Atau karena makin ada road service? Hmm, gimana Sob? Opini mu di tunggu yah.

instagram

Villa Kanaya

15 COMMENTS

  1. mungkin buat neken biaya kali mas van. waktu punya yamaha YT 115 taun 2004 dulu tool kitnya, obeng -+, kunci busi, kunci pas 10/12, kunci ring 19/27, tang, bahkan ada amplas juga loh buat bersihin busi. niat amat ya pabrikan ngasih amplas di tool kit… pernah ngalamin rante lepas krn kendor, tengah malem n jauh ke bengkel, saya setel sendiri aja dipinggir jalan. ahirnya bisa jalan lagi

  2. Mungkin krn konsumen skrg lbh gak mau ribet dan minim pengetahuan tentang motor sih
    Dan yah disekitar ane banyak kok

    Budaya naik motor udah banyak yg hilang
    Contohnya panasin mesin motor, nyuci motor sendiri, cek semua sebwlum brgkat
    Skrg banyak yang langsung tancap gas

    Yah berbanding lurus dengan keawetan mesin yg saat ini dimana masih baru udah banyak trouble
    Harusnya makin canggih motor perlakuan juga harus dirubah dan harus paham teknologi apa aja yang ada di motor itu sih

    Sayangnya warga kita minim literasi dimana dah males baca meskipun hanya skedar brosur
    Cmiiw

  3. Mungkin krn motor makin canggih, penanganan harus ke bengkel resmi, nggak boleh sembarangan, beda motor jaman dulu, masih karbo, setelan serba manual

  4. Motor sekarang makin kelewat canggih, tidak cukup dengan bawa kit seperti dulu. Asumsi juga pusat pelayanan juga makin banyak. Yang pasti kalau rider serius, terutama buat jalan jauh, pasti sudah buat kit sendiri, untuk perbaikan di jalan, seperti kit standar dan perbaikan ban bocor + pompa portable.

  5. Kompetisi, persaingan antar pabrikan utk menyenangkan konsumen dg produk yg reliable dan simple.
    Paradigmanya skrg: jangan repotkan konsumen dg hal teknis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here