Seni Riding Dengan Motor 4 Silinder Tahun Tua, Hujan? AUTO 2 Silinder!

2
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, touring atau trip 297 Km weekend kemarin dengan menggunakan Yamaha XJR400 bener-bener ngasih pengalaman baru buat MMBlog. Berangkatnya, bisa dibilang FUN dan seru, berhasil lah keinginan MMBlog untuk mencoba motor ini buat riding agak jauhan. Tapi pulangnya, ketemu hujan, dan sensasi baru muncul, yups! Busi kanan kiri mati!

Mesin Yamaha XJR400 adalah mesin 4 silinder tahun lama yang desain silinder headnya bener-bener lawas. Biasanya, motor 4 silinder itu drat atau tempat businya adalah model tanam, silinder headnya padat gak ada celah. Nah, buat Yamaha XJR400 ini dia ada celah, ada lembah, jadinya busi terpampang sekali. Kena air kena apapun, jadi lebih mudah. Dan nyata, begitu hujan, busi kanan-kirinya mati!

Villa Kanaya

MMBlog mengalami ini ketika hujan, lumayan deras, ya MMBlog hantam aja. Tiba-tiba, motor kehilangan tenaga, suaranya pun berubah, lho kok jadi kayak Ninja 250? Wkwkwkwk. Udah gitu, gak bisa idle, pasti mati, di start ya bisa, tapi gitu lagi, kesian. MMBlog cek busi kanan kiri alias silinder 1 dan silinder 4, walah, emang kuyup nih!

Coba cabut, bener sob, dari dalam kop busi keluar air yang jumlahnya bisa dibilang gak sedikit! Yaudah, tiup-tiup aja pake kompresor alami alias mulut, wkwkwk, lakukan untuk keduanya. Pasang lagi, dan start, Whuuuuunnngg! Nah, ini baru Yamaha XJR400, kalau tadi mah Yamaha XJR200 😆 . hmm, ya motor tua Sob kayaknya kop businya harus diganti, udah gampang banget rembes air. Nanti coba ganti pakai punya Thunder 125, kayaknya sama, mudah-mudahan bisa tahan air!

Gimana Sob? Ada pengalaman serupa gak? Di share yuk!

instagram

Villa Kanaya

2 COMMENTS

  1. Mirip pengalaman ane d thunder 125 dlu om van, tu klo ujan gede banget sering mogok, ternyata kop businya rembes, ganti pke yg lokal cuman kuat seminggu, ganti pake ori (cuman 50rebuan klo g salah) ternyata sampe 5 taun masih kuat aja 😂😂😂😂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here