Uji Konsumsi BBM Mas Karebet Aka Yamaha MT-25 Upgrade 321 CC, Irit Gak Segini?

29
Limited

Sobat MMBlog sekalian, ketika touring di Yogyakarta sebulan yang lalu, MMBlog melihat sahabat Ihsan yang menggunakan Mas Karebet, agak sering ngisi bensin. Ya memang, tangki Yamaha MT25 enggak selega FZ6 atau Mas Moel yang bisa nampung BBM sampai 20 liter, hanya 13 liter kalau enggak salah. Nah, berangkat dari situ, mumpung lagi jalan ratusan kilometer, sekalian aja coba dihitung konsumsi bensinnya.

Pengisian bensin yang pertama sebelum running, dilakukan di daerah pangandaran, pokoknya dari pangandaran, jalan terus ke arah timur, ketemu pom bensin pertama, langsung isi full! Gak lupa juga, trip meter di reset jadi NOL. Oke, langsung gas aja dah, targetnya, ngisi kembali pas jarak tempuh udah sentuh 100 km minimal, lebih? Malah lebih bagus, karena inilah yang biasanya dilakukan oleh tester untuk pengujian konsumsi BBM di luaran. Bensin PERTAMAX yah Sob, mau turbo-an masih agak jarang yang stok SPBU-nya.

Villa Kanaya Viar MMBlog

Ihsan yang bawa Mas Karebet ini karakter ridingnya halus Sob. beda sama Om KBY atau Alki Indoride yang demen geber-geber motor dan shifting pas udah sampe redline. Dengan redline di 12 ribuan rpm, Ihsan paling shifting di rpm 6000-7000, kalau butuh power lebih ya main di 8000-9000 jarang sentuh 10.000 rpm, toh mesin 321 CC yang digendong mas Karebet emang udah powerfull sejak dari puteran bawah tengah, gak perlu gantung rpm tinggi-tinggi.

jarak segini

Jadi, kecepatan di kembangkan mulai dari 70-100 km/jam, sesekali 110 Km/jam, rutenya? Pangandaran – Cilacap, ada trek yang lurusan juga sebenernya, tapi karena jalannya agak sempit, jadi emang enggak geber-geberan, ya intinya nyetir kalem lah 😆 , lalu, Ihsan ngasih isyarat kalau jaraknya udah 100 km lebih, tepatnya 110,1 Km, oke, cari pom dan isi lagi!

keisi segini

Isi FULL,ternyata dapat 4,77 liter bensin. Hmm, coba hitung, 110,1 KM: 4,77 Liter = 23.08 Km/Liter.

1 liter untuk 23-an km? menurut temen-temen gimana? Menurut MMBlog sih udah lumayan irit ini si Mas Karebet. Karena faktanya, ini motor emang udah enggak standar. Pas berangkat, pakai knalpot prospeed megaphone full system yang ternyata nembak-nembaknya lumayan parah dan ngeluarin asap hitam pas nembak 😆 . pakai Piggy Back powecommander pula, mesin MT-03 porting polish, hmm, ya lumayan iritlah, tapi MMBlog yakin kalau ditunning ulang, bisa sih dapet 1 : 25, soalnya pas sampe rumah, cek filter udara, udah lumayan kotor euy :mrgreen: .

Nah, gimana? Kalau motor 250 CC dua silinder temen-temen pernah diuji juga gak konsumsi BBM-nya? Kalau dalam kota, mungkin mas karebet bisa 1 : 21 kali yah? konstan aja pas touring 1 : 23, oke deh, semoga bisa jadi tambahan referensi temen-temen ya! sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

instagram

Villa Kanaya

29 COMMENTS

  1. Mt25 saya kalau turing santai 1:30-31 an mas… Kalau turing rada nyolot, sekitar 1:27 – 28an… Kondisi full standar..

    • Oh gitu ya mas, di mode average MID sih emang ada di 31-32, saya ukur full fo full jadinya 1:23, irit juga ya kalo full standar. Mas ukurnya full to full juga atau MID?

    • Metode full to full mas.. Sepengalaman saya, metode MID dan full to full di MT 25 hasilnya gak jauh beda, yang penting cukup sampai nozzle bunyi klik dan stop sendiri..

    • Wah mantab, berarti emang pengaruh dari korekan dan piggyback powercomendernya juga ini motor jadi lebih boros. Di MID tembus 1.32 soalnya dipake sama Ihsan 😅

  2. agak boros bwang menurut saya, karena menurut kalimat diatas karakter bro Ihsan itu halus pembawaan motornya. Mungkin ya ada 1:25

  3. Biasanya kita mikir soal irit atau boros itu hubungannya dg biaya operasional yak?
    Meskipun ada juga yg hubungkan dg efisiensi kerja mesin atau sehat/sakitnya itu mesin.

    Tapi ada juga sih yg butuh angka konsumsi bbm ini hanya utk ngukur kapan harus isi tanki bensin lagi saat turing jauh

    • Mungkin iya mas, tapi kalau saya pribadi sih karena lebih ke penasaran aja, soalnya kan ini udah gak standar lagi, sama penasaran juga soalnya Ihsan sering banget ngasih kode kalau indikator bensinnya udh kedip2, seboros itukah MT saya? Gitu mas kira2

    • Ini saya baru bayar pajaknya, selama 3 kali bayar pajak tahunan ya bayar pajak standar MT25 aja. Kena regulasi pajak motor diatas 250 CC gitu kalo beli jadi motornya mas, kalau korekan/modif gini ya kayak standar aja pajaknya.

    • selama sampean gag laporin klo cc mesin ente berubah pajak nya hrs nya ya ga berubah bro,, kan yg terdata di perpajakan masih sama..
      tp klo mau ribet ya silahkan lapor, hehehe

  4. dulu pernah punya tiger kebo bore up piston carry (ga tau berapa cc dapetnya) kalo buat santuy dapet 25-30. kalo lagi hightemp cuma dpt 17-20an KM/Ltr.

  5. Irit atau tidak irit, itu nomor sekian.
    Yang utama di saat puasa puasa kek gini adalah kita-kita bikerz seindonesia mengedapetin maghfiride.
    Yo po ra???

  6. Touring adalah tentang kepuasan batiniah. Berapapun ongkos akan tetep dibayarken
    Dan kepuasan tsb selalu lebih berharga dari pada apapun

  7. Termasuk irit itu om Vandra, dulu ane pernah dikasih pinjem sama temen motor ninja 250 fi mesin standar ganti knalpot akralingga aja dapet konsumsi bbm 1:27 sampai 1:30 pake pertamax 92

  8. Boros bener itu mas, xmax – ku yg 300cc masih 1:30 & gsr750 1:21 harusnya 321cc kondisi jalan gt minimal 1:27 or 1:25 lah ideal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here