Motor Ngejogrog Doang? Tengokin Sob (Pengalaman Suzuki Thunder 250)

10
Villa Kanaya
ini waktu masih kinclong

Sobat MMBlog sekalian, motor itu sama aja kayak rumah atau tempat tinggal. Gak bisa didiemin atau enggak dirawat. Mungkin mikir, motor simpanan adalah motor yang bagus. Enggak juga, disimpan tapi enggak dirawat ya sama aja, ujung-ujungnya busuk dan jadi rongsokan. Nah, seperti yang terjadi sama Suzuki Thunder 250 milik MMBlog yang tahun ini usianya udah 15 tahun. Ini motor ngejogrok hampir satu setengah tahun, akhirnya di tengokin dan ternyata Sob, bikin sedih.

Padahal, motor dalam kondisi di sarungin, dan sebelumnya MMBlog cuci bersih dulu. yang namanya sarang laba-laba, wah, bukan main, banyak bener! Ban kempes, pelek kalengnya karatan. Rangka di beberapa tempat karatan, swing arm karatan, standar samping karatan, intinya di tempat yang catnya ngelotok, itu pada karatan. Coba cek tangki, alhamdulillah kinclong ternyata, karena sebelumnya MMBlog isi full sampai bibir tangki.

Villa Kanaya

Bensin sempat rembes dari keran bensin ketika MMBlog putar kerannya ke posisi ON dari OFF. Mungkin seal karetnya belum terlalu main. Terus as sok depan rembes juga olinya, kayaknya karena tekanan pakai standar tengah. Aki? Udah pasti soak, wong untuk nyalain lampu netral aja enggak ada kuat-kuatnya Sob. tapi ini motor emang ajaib, tiga kali engkol dalam kondisi kontak OFF dan dua kali engkol dalam kondisi kontak ON, langsung nyala lho.

Oia, rantai juga karatnya bukan main, udah merah kayak kena tanah atau bumbu ketoprak masbro, asli gawat dah kalau begini. yaudah, akhirnya coba jalanin dan ini motor emang kudu dibenahin agar bisa dipakai enak lagi. Nah, punya motor yang gak dipake? Coba ditengokin Sob, jangan dilupain doang, kesian, pasti ngawur dah itu bentukkannya sekarang :mrgreen: .

Foto-foto nanti nyusul ya Sob.

instagram

Villa Kanaya

10 COMMENTS

  1. Naah ini motor sehat aja bentuknya ga jelas apalagi ngejogrog karatan udah pasti tambah bikin sepet mata…iyo opo ora cak?

  2. Kami punya Kaze 2003 yg lama nganggur krn mesin rusak kena water hammer waktu dipake nerjang banjir. Istri sempet pake Scoopy dan Vario, tapi dia lebih senang Kazenya dan minta direnovasi.
    Kondisinya waktu diliat kayak Thundernya mas Vandra.
    Karburator udah karatan dalamnya.
    Cari onderdil di Kawasaki Kebun Jeruk V Jkt, abis 2 jt lebih, harga karbu paling mahal, 825 rb.

  3. Supra ku juga udah 15 taun.
    Sejak 2010 mulai jarang dipake.
    Ban belakang ganti taun 2009 ampe sekarang belum ganti lagi.
    Ban depan udah lupa taun berapa, sekarang udah mulai getas.
    Tapi mesin, oli, busi, gear, rantai semua masih ok soalnya meski nyaris ga dipake, tiap 1-2 minggu dikeluarin dari rumah, dicek, dipanasi.

  4. Motor asal tiap bln di charge batre, oli tiap 6 bln ganti , bbm di penuhin lalu di oper ke mtr lain tiap bln, ban di buat ngk nginjek ubin ….rasanya aman dah 5 tahun jln ….walau 3 bln sekali sekali, dibuat muter komplek aja ….dijual ngk berharga mahalan ngerawatnya tp rasa itu tetap ada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here