Pengalaman Uji Emisi Yamaha FZ6 Fazer S2 2008 alias Mas Moel, Lolos Gak Ya?

12

Intro

Sobat MMBlog sekalian, peraturan uji emisi yang diwajibkan ke kendaraan bermotor di DKI Jakarta sempat menghangat beberapa minggu yang lalu. MMBlog sempat mau uji coba di pinggir jalan, yang diadakan oleh Sudin Lingkungan Hidup DKI, cuman antrinya gila banget, dan antriannya udah NOL alias abis. Yaudah, cari bengkel umum aja, dan ternyata bengkel mobil deket rumah melayani uji emisi buat motor, gas dah!

Lalu motornya apaan? Tentu MMBlog penasaran banget sama kandungan gas buang Mas Moel aka Yamaha FZ6 Fazer S2, soalnya dulu pas katalisnya belum kepasang (pas beli katalisnya dilepas, dan beli lagi di Ebay, kirim dari US), asepnya lumayan pedis di mata dan baunya enggak enak, pas pasang katalis, lumayanan lah. bau asep 4 tak pada umumnya aja.

Kondisi motor, tahun 2008, udah jalan 30.000 Km. filter udara kayaknya baru ganti 2 tahun lalu dah, wkwkwk, bensin pakai Pertamax Turbo 98. Enggak ngebul, dan kenceng, tapi sekarang demen tidur alias jarak kepake. Knalpot gak standar (gak punya juga standarnya), akrapovic slip ON. Setting CO di Onboard (speedometer) adalah 0 (NOL), harusnya sih di minusin nih, wkwkwk, lupaaa.

Oke, motor dihidupkan dulu sampai suhu ideal atau udah panas. Biarin idle dulu, dan oleh teknisi, lubang knalpotnya di colok sama tongkat Gas Analyzer. Angka-angka di alatnya langsung bergerak dinamis. Dicari sampai yang paling tinggi, dan yang paling stabil angkanya Sob. deg-degan juga sebenernya, lolos apa kagak nih motor tua yak? Eh hasilnya ternyata diluar dugaan euy, nih lihat aja foto print-out-nya.

Contents

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

  1. 2 tak jadul macem Ninja, King dan Satria 2 tak jg ada yg lolos. Olsam iritin klo perlu cekek, pake pertamax turbo.

    sebisa mungkin sblm test di bersihin dulu dr kerak2 di head n knalpot, pake cara di atas ntar jg lulus.

    Klo perlu gak pake olsam pasti bersih itu ujung knalpot pk sedikit olsam di tengki biar gak gancet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here