Pengalaman Uji Emisi Yamaha FZ6 Fazer S2 2008 alias Mas Moel, Lolos Gak Ya?

12

Hasilnya

Sebagai informasi untuk temen-temen dulu. Motor 4 tak produksi dibawah tahun 2010, Maksimum CO-nya adalah 5,5%, dan HC-nya 2400 PPM, di atas 2010, 2 atau 4 tak CO maksimal 4,5% dan HC 2000 PPM. Mas Moel gimana? Wah, ternyata masih dibawah ambang batas banget nih baik CO atau HC-nya. Terlihat, CO-nya ada di 2,64 % dan HC di 261 PPM. Ternyata AFR-nya masih terlalu tinggi, bagusnya sebenernya di angka 13 atau 14 koma aja nih Sob.

Mungkin kalau diservis lagi throttle bodynya di Bang Aminsyahnur, Singkron, dan ganti filter udara, bisa lebih rendah lagi nih CO dan HC-nya, hehehe. Karena jujur, Mas Moel ini lagi demen istirahat Sob, alias jarang dipakai banget, mungkin bensinnya juga udah kurang oke, filter juga udah agak kotoran. Tetep Alhamdulillah, lulus uji emisi dengan kadar CO dan HC yang relatif rendah, enggak mepet-mepet ambang batas, ya intinya, Mas Moel motor sehat dari sisi pembakaran atau combustion.

Oke deh, kira-kira gitulah emisi motor 600 CC, berknalpot slip On Akrapovic, dan injection. Sebenernya, secara default, Mas Moel ini di tahun 2008 adalah motor untuk pasar UK atau Inggris yang saat itu, udah menggunakan regulasi EURO 4, lah di sini kan baru penerapan EURO 3 yak :mrgreen: . aman lah sampai 20 tahun ke depan, kalau enggak aman, nanti pasang katalis mobil aja kalau mau uji emisi, wkwkwk.

Tentu masih ada beberapa motor lagi yang kudu di uji emisi, ntar-ntaran aje dah, tekor kang bro, huahahaha. Oke deh, semoga berguna yah!

Contents

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

  1. 2 tak jadul macem Ninja, King dan Satria 2 tak jg ada yg lolos. Olsam iritin klo perlu cekek, pake pertamax turbo.

    sebisa mungkin sblm test di bersihin dulu dr kerak2 di head n knalpot, pake cara di atas ntar jg lulus.

    Klo perlu gak pake olsam pasti bersih itu ujung knalpot pk sedikit olsam di tengki biar gak gancet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here