Siap-Siap, 24 Januari Bakal Ada Tindak Bagi Yang Belum/Tidak Lulus Uji Emisi Motor!

7
Limited

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari ke belakang, kalau temen-temen intip portal berita media online yang membahas tentang otomotif, pasti temen-temen akan menemukan berita tentang kewajiban dan realisasi uji emisi kendaraan bermotor untuk wilayah DKI Jakarta. Wah, menarik nih, katanya nanti, tanggal 24 Januari 2021 akan ada tindakan dari kepolisian bagi yang belum/tidak lulus uji emisi, dendanya lumayan hingga bisa kena tarif parkir tinggi, hmm.

Peraturan ini sudah tercantum di pergub nomor 66 tahun 2020 kemarin, di keluarkan pada bulan juni/juli, dilakukan sosialisasi selama 6 bulan, dan akan aktif pada akhir januari nanti. Nah, sasarannya adalah kendaraan yang usianya ada di atas 3 tahun. Perkara ambang batasnya, di berita terbaru media online gak disebutin, tapi, informasi terkait hal ini, bisa temen-temen dapatkan di aplikasi E-Uji Emisi yang bisa didownload di playstore.

Villa Kanaya

Untuk jadwal gratisnya, nampaknya juga ada di aplikasi, MMBlog pribadi sih belum ubek-ubek aplikasinya. Baru download dan lihat cara daftar dan lihat bengkel-bengkelnya. Waduh, masih dikit banget ini bengkel rujukannya Sob. gimana ceritanya ini antrian kalau begini? kayak gak sebanding antara bengkel sama jumlah kendaraan di jalanan, apalagi kalau ngomongin motor :mrgreen: . lagipula, lebih banyak bengkel mobilnya daripada bengkel motor, gimana ini? Mau apa itu bengkel mobil nguji emisi motor?

Yang jelas, peraturan ini baru akan berlaku di wilayah DKI Jakarta. Kagak tau juga apakah kendaraan plat NON DKI akan kena sanksi juga kalau melintas di DKI dan kena Razia/Operasi di jalanan. Infonya masih minim Sob, belum sejernih tangki GN250 yang baru di cat glossy di garasi carwarna, wkwkwkwk. Yang jelas, kalau motor, denda di jalannya 250 rebu maksimal, dan mobil 500 rebu maksimal. terus, nanti dijalan mungkin pas razia ditanya juga itu sertifikat bukti lulus uji emisi, atau nanti dapet barcode kali ye? kagak tau juga ini berlakunya untuk berapa lama sertifikat atau bukti lulus uji emisinya.

Nah, coba dah download aplikasi E-Uji Emisi, terus komen di kolom komentar kalau temen-temen udah daftar. MMBlog coba daftarin Mas Moel yak. Kita uji coba emisinya, walaupun bingung juga mau dimana dan gimana itu abis daftar :mrgreen: .

instagram

Villa Kanaya

7 COMMENTS

  1. Yg pling utama itu truk dan bus,penyumbang polusi terbesar,udah asep item ,rem sering ngeblong…bawa kendaraan ugal2an…tp ga ada efek jera

  2. Bagaimana nasib motor 2 tak coba. Secara masih banyak klub dan pecintanya.
    Bagaimana pula nasib pedagang keliling yg pakai motor tua.
    Saya lbh sreg dg pengenaan pajak lbh tinggi utk motor kelipatan 3 atau 5 tahun, shg penggunanya ada persiapan utk berganti kendaraan.
    Dan akan lebih baik ketersediaan motor listrik beserta sarana pendukung nya dipersiapkan dulu lebih matang agar lbh terjangkau harga dan biaya perawatan nya

    • belom siap dan gak akan siap untuk kendaraan listrik. Model paling bagus ya Nissan, BBM hanya untuk ngecharge batterai. Sehingga gak perlu ngecharge dr listrik rumah. cukup via BBM.

  3. menurut saya uji emisi sesuai ketentuan batas ambang waktu motor rilis dan dicantumin di stnk, misal motor x rilis tahun 2010 ya kesesuain emisinya sesuai yg berlaku di tahun tersebut, kan ngos2an tuh misal motor 2010 suruh ngikutin emisi tahun2 yang akan datang. masih ada yg hanya bisa pake motor atau mobil lama untuk menunjang aktivitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here