Trend Knalpot Panjang Ala Jepang, Klasik dan Berkelas!

12
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, beberapa tahun yang lalu, knalpot model pipa bulat dan panjang, nampaknya bukan knalpot favorit bikers Indonesia kalau pengen ganti knalpot. Tapi siapa sangka, dengan perkembangan teknologi digital yang pesat, akses yang gampang, kita semua bisa melihat, gimana kerennya knalpot-knalpot model begini terpasang di motor-motor yang ada di Jepang. Akhirnya, trend ini mulai hadir di Indonesia, walaupun memang masih terbatas.

Alhamdulillah, MMBlog udah pernah ke Jepang dua kali, rejeki banget emang, berangkat dua kali bareng Suzuki Indonesia dan temen-temen blogger. Di sana, motor-motor yang ada dan seliweran memang banyak yang pakai knalpot standar, tapi enggak sedikit juga yang udah diganti. Di jepang, knalpot aftermarket pun harus punya suara yang adem, makanya enggak heran, modelnya kudu panjang-panjang, agar redaman suara juga maksimal, tapi tetap BERKELAS!

Villa Kanaya

Merek-merek macam WR’s, Nojima, dsb, tampaknya lumayan banyak dan menjamur. Untuk merek Moriwaki, Yoshimura, ini lebih segmented, apalagi moriwaki, wih, ini sih bukan maen Sob. suaranya juga adem, agak serak, tapi tetap teriak, sama sekali enggak ganggu kuping, tapi tetap terdengar oleh pengguna jalan lain, oleh pejalan kaki mah apalagi, jelas dan merdu banget, keren!

Di Indonesia, knalpot asal Jepang juga udah mulai dilirik. Yoshimura jelas udah lama, Nassert Beet mulai nih dikit-dikit, Moriwaki masih jadi barang langka. Model knalpot panjang sebenernya juga udah mulai ada fan base-nya Sob. gak sedikit tapi memang gak sebanyak penggemar knalpot bacot fans dari knalpot panjang. Kebanyakan ya karena emang gak suka terlalu berisik juga.

Nah, gimana? Temen-temen sendiri team knalpot bacot? Atau knalpot racing adem nih? hmm, jadi pengen ganti knalpot XJR pake knalpot Jepang branded. Kayaknya mantab :mrgreen: .

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

  1. tetep aja disinimah DITILANG KARENA BUKAN PERANGKAT STANDAR BAWAAN MOTOR cing….capek debat ama polantas kalo pas razia…alasan apapun gak masuk ditelinga mereka

    mesti ada payung hukum yang jelas biar kalo knalpot gak asal tilang

  2. Berarti balik ke zaman old.
    Seperti knalpot motor BSA tahun 50-an yg lebih panjang dari roda belakang.

    Btw bagi saya sih makin sunyi makin bagus. Pinginnya malah motor listrik yg suaranya senyap banget.

    Tapi ada tuh motor kuno yg suara knalpotnya senyap, BMW R-27 tahun 60-an.

  3. saya termasuk penggemar knalpot aftermarket yg panjang kayak gini. performa lumayan dapet, suara lebih keluar dari knalpot standar, tapi ga bikin nyusahin orang lain, alias enak ngebas adem.

    sayang di indonesia pabrikan knalpot aftermarket masih lebih banyak produksi knalpot yg suaranya keras berisik yg kalo dipake di jalan raya/umum ngeganggu orang. mengikuti permintaan pasar mungkin ya. semoga tren knalpot panjang adem bisa ngetren lagi.

    *user r15v3 knalpot wrx gp3 k3 (35 cm)

    *bukan promosi knalpot

  4. Selera emang, menurut saya pribadi knalpot model panjang sangat menunjang penampilan motor.

    Saya pake knalpot aftermarket model panjang di c70 dengan bentuk standar cb classic.

  5. Pernah pake silencer bawaan CB400SF di motor kastem 200cc. Bulet panjang krom pula. Mantab ngebass tapi ngga berisik. Penampilan juga elegan

  6. Anak-anak winding hashiriya mas van banyak yg pake moriwaki di indo kaya admin @nigrunner_srt indonesia make di vario KZR nya sama anak anak Crf 250 rally beberpaa ada yg make moriwaki ada cuman emang ga banyak selera si tapi emang mantep suaranya moriwaki merduu.. adem keluar saat di tarik cuman ga berisik susah jelasinnya haha.. saya mah cuman mampu bayarin galvince 40cm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here