Pentingnya Servis Manual

2
Limited

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari ke belakang, MMBlog lagi asyik masyuk bikin Yamaha XJR400R lebih enak lagi. Setelah di servis di bengkel Bang Aminsyahnur, dilakukan singkronisasi, dan servis ringan, jelas, motor jadi enak. Tapi jujur Sob, ini motor masih terasa boros dan sering mengeluarkan asap hitam dari knalpot. Hmm, gimana ya biar jadi iritan?

Perkara pembakaran, kalau busi, koil, dan kelistrikan lainnya normal, bisa jadi kalau campurannya terlalu kaya (diidentifikasikan dengan asap hitam berlebih), setelan karburator berarti masih terlampau boros. Bang Amin, men-set Pilot Air Screw di 3 kali putaran balik dari mentok. Hmm, apakah ada pengaruh dari sini ya?

Villa Kanaya

MMBlog penasaran, dicobalah cari-cari servis manual dari Yamaha XJR400R. Ada lho Sob, sekarang bener-bener serba mudah! Tapi sayangnya, manual ini menggunakan bahasa Jepang :mrgreen: , emang paling-paling dan motor JDM 😆 . untungnya, udah canggih, pakai google lens translate, masih bisa diraba-raba tentang spek dan jetting karburatornya.

Di manual, tertulis, Pilot Air Screw diputar sebanyak dua kali dari mentok. Ah, coba di copy paste, terus taro di Youtube, ada juga ternyata orang jepang yang nyetting karbu motor ini, MMBlog perhatikan, dia malah hanya 1,5 kali putaran dari mentok. Oke, konsultasi lagi sama Bang Amin, beliau dengan senang hati dan asyik nerima masukan, coba ikutan manual!

Agak ribet Sob setting Pilot Air Screw di karburator Mikuni BSR30 empat biji ini, gak ada obengnya kalau itu karbu menclok di motor, walhasil kudu lepas dulu, dan lepasnya juga PR banget. Oke, setting di dua kali putaran aja, pasang, nyalain, dan WOW! Ternyata motor lebih smooth, lebih adem, dan asap hitam gak sering muncul, malah bisa dibilang GONE!

Makanya, saran MMBlog nih, kalau punya motor agak-agak aneh, coba dan temen-temen download atau cari servis manualnya. Fungsi banget, buat tau kerenggangan celah klep, setting injector/karbu, servis sok depan, dan masih banyak lagi yang lain. oia, di Bang Amin, tiap ada moge masuk, dia langsung nyari servis manualnya lho, kalau yang produk global relatif mudah sih, kalau JDM macam XJR400, emang agak tricky nyarinya.

Nyarinya? Contoh: Ketik aja di google “Yamaha XJR1300 Service Manual PDF”, biasanya sih muncul manualnya Sob. semoga berguna yah!

instagram

Villa Kanaya

2 COMMENTS

  1. Mas Vandra, bisa dicoba beli Service/ Workshop Manuals dari Haynes.
    Ada hard copy dan soft copy.
    Sebagai DIY-er, sejak puluhan tahun lalu, saya biasanya beli yg hard copy. Very comprehensive.

    Saya biasanya sebelum beli mobil/ motor/ peralatan selalu cari Service Manual nya terlebih dahulu. Agar memudahkan bagi kita kalau ada masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here