Pasar Knalpot Indonesia, Kenceng Suara Dulu, Kenceng Lari Belakangan

18

Sobat MMBlog sekalian, salah satu part di motor yang kebanyakan akan langsung diganti dengan part aftermarket atau variasi, adalah knalpot. Berapapun CC-nya, berapapun silindernya, gak sedikit pemotor yang melengserkan knalpot standarnya dengan merek aftermarket. Alasannya? Menarik, karena 90 persen pasti suara, tenaga? Belakangan ini mah, wabil khusus untuk pasar atau pemotor Indonesia.

MMBlog pernah suatu waktu berbincang dengan pakar knalpot di Indonesia. kebanyakan pemotor di tanah air kita ini, latar belakang mengganti knalpotnya adalah karena suara, suara agar lebih keras, dan tampilan terdongkrak, perkara tenaga mah belakangan! Makanya, enggak heran, produsen knalpot di tanah air, lebih banyak varian-varian knalpot yang bersuara nyaring, biasanya dijual dengan paket DB Killer, bagusnya sih emang dipasang, tapi di lapangan, cerita dan skenarionya pasti berubah.

Gak hanya itu, bahkan knalpot impor yang laku dan laris pun, kebanyakan yang pendek dan suaranya dikenal dengan sebutan “bacot”.

Bahkan, di stats web Blog sederhana ini keyword knalpot bersuara keras adalah yang lumayan sering dicari Sob. ngarahnya ke artikel knalpot Megaphone Yamaha R6. Sebuah knalpot yang murni cuman pipa titanium yang dibentuk mungil, dan asli ini suaranya bikin pengar kuping banget! Apalagi kalau headernya udah custom atau aftermarket juga yang katalisnya udah enggak ada, bukan maen emang!

Tapi beruntunglah, para pemotor dengan knalpot yang bersuara lantang ini kebanyakan keluar pada weekend. Hari-hari biasa, jam kerja, jam sibuk, masih lebih banyak motor dengan knalpot standar yang keluar di jalanan. Kalaupun ada yang ganti, biasanya yang suaranya masih agak adem. Gimana Sob perkara knalpot nih? kayaknya emang yang laku itu yang suaranya lantang yak! Opini mu masbro.

instagram

Villa Kanaya

18 COMMENTS

  1. Wkwkwk… kenceng suara dulu, kenceng lari belakangan.

    Saya juga sering tuh, kalonlagi riding, di belakang denger suara motor yg kenceng, tapi koq enggak nyalip2 yaa.

  2. Bermanfaat buat kasih tahu / alert orang sekitar. Sehingga semua jadi selamat.
    Kereta api sekarang nyaris senyap jika datang dari samping. Tahu2 wusssss….
    Knalpot kencang suara membawa kemaslahatan bersama.
    Josss gandhuosss

  3. Pas lagi anteng macet-macetan, tiba-tiba ada motor Blaar…blaar sambil mainin gas mirip motor 250cc single Cyl, tak kirain motor sport atau naked minta dibukain jalan dan ngga sabaran. Eh, pas dikasih lewat ternyata supri jadul keluaran 2000an pake sruntulan.. .Edyaann banget dah, tepok helm gua.

  4. Asli ngeselin, suaranya duluan yang dateng motornya ga nyampe2 ?.
    Seandainya dibikin undang2 motor2 400cc kebawah WAJIB knalpot standar.

  5. Kalo multi silinder masih enak lah didengarnya..Kalo singel silinder pk sendalpot gombrong bikin pengen maledog pake sendal swallow..apalagi yg ujung sendalpotnya langsung ke muka rider dibelakangnya…asli pengen nyumpal itu sendalpot pake baliho

    • Ada betulnya. Coba kalo pake CBR250 yg powernya edian d jalan raya tp sendalpot standar, pas mau tarik gas para pengguna motor2 lemot kayak mio, nmax dkk itu ga akan denger malah bahaya toh bs2 kesruduk atau minimal kaget.

    • Saya salah satu pengguna motor 4cyl, tapi masih pakai knalpot standar. Motor dipakai harian, jadi ribet rasanya kalau tiap ketemu aparat diberhentiin. Kalau regulasinya sudah lebih jelas, baru bakal beli knalpot aftermarket.
      Supaya ga bikin kaget, biasanya bunyiin klakson sebagai tanda minta jalan mau nyalip, sambil sein kanan dinyalain. Selama ini sih, biasanya banyak yang ngerti. Ada yang ngeyel juga pastinya, ya sabar aja, sampai situasi jalan memungkinkan untuk nyalip dengan aman.

  6. paling sering ketemu matic. yang sama mesinnya sama motor ane, pake knalpot bacot. larinya malah kalah sama motor ane yang standar ting-ting ????

  7. Anyel banget kalo disalip motor suara nyaring, tapi abis nyalip gak langsung ngacir,malah nyantai di depan. Ya saya salip lagi dah, daripada pengeng kuping saya. Opini saya, kalo mau ganti knalpot aftermarket yg agak ngotak lah, jangan cempreng. Udah cempreng, gak lari. Kan marai emosi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here