Opini: Honda PCX160, Harga Adalah Kunci!

2
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, di sosial media, Blog, dan platform digital lainnya, semua ramai-ramai membahas tentang motor baru Honda yang baru aja dirilis di Jepang, Honda PCX160. Motor ini adalah sebuah update dari Honda PCX150 sekarang. Hmm, melihat dari timeline-nya, (PCX150 akhir 2017) memang tiga tahun adalah sebuah waktu yang konsisten digunakan oleh Honda untuk merombak produk mereka yang penetrasi pasarnya baik.

Ngomongin fitur, ah sudahlah, ini motor udah lengkap banget fiturnya. Secara desain, ini juga perkara selera, ada yang suka, ada yang enggak, yang jelas Honda mendesain Honda PCX160 sesuai dan sejalan dengan tema motor PCX yang elegan dan mewah, gak terlalu radikal juga dari PCX sekarang ubahannya, PCX itu khas banget sih emang. Gak akan konsepnya berubah jadi model Forza gitu, walaupun garis forza sedikit disematkan juga.

Villa Kanaya

Perkara mesin, ini dia yang menarik dan selalu diangetin. Hampir 160 CC dan juga menggunakan empat katup. Akhirnya Honda pun memaksimalkan mesin motor matik 150 CC-an mereka. Ngomongin power pasti jadi lebih besar, dipakainya mungkin akan lebih nendang tenaganya. Irit, bukan Honda namanya kalau enggak bisa bikin motor jadi irit biar kata CC makin besar dan mesin makin rumit. Menariknya lagi, ini motor overbore lho, mungkin buat awam sih “apaan yak?”, tapi buat yang enthusiast, wih, ini asli menarik!

Nah, semua udah paket lengkap, tinggal harga yang belom. Dan menurut MMBlog, inilah kunciannya Sob. penambahan fitur, mesin baru, dan lain sebagainya, diharapkan enggak mengkatrol harga secara signifikan. Memang, pangsa pasar PCX dan N-Max itu menurut MMBlog beda dan gak singgungan, tapi kalau harganya bisa sampai mendekati ADV150 yang bener-bener segmented, bukan enggak mungkin pasar PCX juga terbentuk makin segmented.

Mas, tapi Honda Beat dan Vario serta Scoopy kok harganya lumayan tapi laris manis? Motor ini bisa dibilang udah hampir dan lebih dari 1 dasawarsa hadir di Indonesia, di awal-awal kehadirannya udah nunjukin dan branding di semua lini marketing, mulai dari harga yang oke, tampilan yang dicari, dan statusnya yang memang motor operasional low entry, jadi harga ke katrol pun sekarang, konsumen gak mempermasalahkan, nah PCX? Masih butuh pendalaman image yang lebih dan lebih Sob.

Nah, gimana? Ada opini tambahan gak nih? ditunggu komen waras mu Sob!

instagram

Villa Kanaya

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here