Tanya Ahli : Servis Motor 4 Silinder Karburator, Gimana Biar Enak?

4
Limited
SYM MMBlog
di bengkel bang Amin

Sobat MMBlog sekalian, kalau ngomongin motor 4 silinder injeksi, dan gimana servisnya biar enak, temen-temen bisa baca di artikel INI. Nah, sekarang, MMBlog pengen sharing tentang gimana dan apa sih yang harus dilakukan ketika kudu berhadapan dengan motor 4 silinder karburator. Nah, kebetulan, MMBlog juga punya motor 4 silinder karburator, dan kemarin baru aja di servis.

Si Soleh aka Yamaha XJR400R 2004 milik MMBlog ini bisa dibilang belum pernah kena sentuhan servis secara detail semenjak desember tahun lalu pas pertama kali MMBlog beli. Ya motor jalan, aman, tapi makin kesini kopling makin koclak 😆 . yaudah, sekalian benerin kopling, dan servis aja. Nah, untuk servis moge ini, MMBlog percayakan ke Bang Aminsyahnur di klinik motor.

Villa Kanaya

Kondisi XJR400R ketika dateng, idle-nya gak mbulet masih ada nada fals-nya, kalau di gas dan masuk gigi 1, suka ndut-ndutan, terus bau asep knalpot bau bensin banget, kayaknya terlalu kaya nih mixture udara sama bensinnya, dan emang relatif boros banget! Oke, ceritain itu semua ke bang amin, dan motor kudu nginap, gak lama juga sih, sehari doang.

Oke, MMBlog belum cerita mengenai koplingnya ya Sob, MMBlog cerita tentang sharing servisnya dulu. yang pertama pasti karburator di bongkar. Pretelin semuanya, dan dicuci bersih juga semuanya Sob. nah, setelan angin nih, ini penting. Jangan sampai tiap karbu beda setelannya. Kecuali kalau ada Horiba, alat untuk setel CO motor karbu, silahkan dah, dan ada obeng bengkoknya buat setel.

Untuk XJR400R ini bang amin setel di 4 kali putaran untuk anginnya. Terus, lihat juga setelan jarum skep, lho, ternyata setelan jarum skepnya diiritin, oke, coba di standarin lagi dah. Beres semua, bersih dan dicek gak ada yang bolong atau minus, rakit lagi, dan pasang dimotor, nah, kalau udah dipasang gini, akan lebih sempurna juga kalau di singkronisasi. Abis singkron, rata, WOW!

Asli Sob, ternyata motor karbu gini idlenya juga bisa kayak tawon, mendengung dan satu nada! Gak kalah ini idle-nya sama Kawasaki ZX25R, bhuahahaha! Lanjut lagi, cek TPS! Sempet melenceng, dan akhirnya bisa pas juga, untuk cara settingnya, nanti MMBlog share di artikel terpisah.asli Sob, ini motor jadi lebih enak!

Gas buang jadi lebih friendly, beda banget! Tarikan makin smooth tapi bertenaga, naga-naganya sih juga bakalan lebih irit! Nah, pengen servis motor 4 silinder karbunya juga? Kontak bang Amin aja langsung di 0851-0227-9461, gaasss!

instagram

Villa Kanaya

4 COMMENTS

  1. 2 minggu lalu abis sync throttle body sekalian nguras tangki yang ada karatnya di bengkel mas Amin (gara2 sering baca om vandra sering main ke bengkel ini wk wk wk) , btw tuh RSV kaga kelar2 hehehe

    • Wkwkwkwk, iya mas Adi, katanya Bang Amin itu motor cengeng, wkwkwk, kelar satu masalah, muncul lagi masalah baru, itu termostatnya gak fungsi katanya 🤣

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here