Email Pembaca : Pengen Motor Lebih Pendek, Cara Amannya Gimana?

10

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog mendapatkan surel dari Bro Z. Bro  Z ini nampaknya bukan pembaca setia MMBlog, wong manggilnya di email aja formal banget, dan tau MMBlog gegara browsing di google dengan keyword “Motor Jinjit”, “Bahaya Jinjit di Motor”, pokoknya yang berhubungan dengan jinjit di motor lah, wkwkwk. beliau nanya, karena dimensi Bro Z agak mungil, cara mendekin motor biar gak jinjit-jinjit amat gimana, oke BERO, ane coba kasih penjelasan singkat.

Motornye ape dulu nih? matik? Sport? Trail? Bebek? Kalau matic atau bebek, Masbro coba ganti suspensi belakangnya dengan yang lebih pendek. Misal Sok belakang Honda Beat standarnya 33 cm, di pasaran ada banyak bro sok aftermarket yang panjangnya 28 cm, 30 cm, 32 cm, nah, sesuaian sama kebutuhan aja, mau pendek banget ambil yang 28 cm tuh. Intinya sih buat motor-motor matik, bebek, sport, bisa cari yang sok-nya lebih pendek, sok belakang yak.

Terus apaan lagi? Profil ban! Ini ngaruh banget Om! Seumpama motor Om profil ban depannya 70/90-14, ban belakangnya 80/90-14. Coba om cari ban yang speknya atau rasionya lebih pendek, contoh: 70/80-14 depan dan 80/80-14 belakang, dijamin jadi lebih ceperan dah tuh. Mau nurunin sok depan juga bisa, jangan banyak-banyak, 1 cm aje dari triple clamp, dijamin tinggi motor berkurang signifikan kalau paket ini udah dikerjain.

Mau papas jok? Silahkan, tapi kenyamanan pasti dikorbankan. Saran MMBlog sih main di sektor kaki-kaki aja, dan jangan kelewat pendek, ada obstacle endemik di jalanan kita, namanya Polisi Tidur, wkwkwk, gak enak kalau gasruk melulu Om. Nah, silahkan Masbro coba aja tips saya di atas, dijamin kagak terlalu jinjit lagi. Oia, jangan pake sendal jepit kalau motoran, pake sepatu yang ada sol-nya, minimal 1 cm lah, dijamin makin pede dan gak jinjit-jinjit amat. Safety riding ya Bro, temen-temen ada saran juga gak nih?

instagram

Villa Kanaya

10 COMMENTS

    • Agak mengerikan ya mas idenya wkwk, klo sih prefer papas jok dikit (klo msh bisa) , sm lowering kit, klo msh jinjit yaudh ganti profil ban

  1. Utk motor tertentu kalo pake lowering kit jadi beda handlingnya. Saya pernah pake lowering kit di gsx s150, rasany handling malah kaku, kurang lincah. Rebound shock belakang juga malah berasa aneh.

    Jadi balik std lagi deh. Toh utk 165cm kalo pake sepatu nyaris gak jinjit kok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here