Yang Klasik Yang Asik, Kawasaki KZ200 aka Binter Merzy!

21

Cerita masa lalu

Ngomongin kaki-kaki, Binter Merzy lumayan berasa kekar. Suspensi depan menggunakan suspensi teleskopik yang ukurannya gak kelewat kurus, juga enggak terlalu kekar. Kok enggak upside down? Wkwkwkwk, cuci muka dulu sono! Terus suspensi belakangnya menggunakan suspensi dual shock, ah gak monoshock enggak pakai link pula! Eh, sono gosok gigi, bau jigong tuh mulut! Oia, untuk remnya sendiri, udah oke dengan menggunakan rem depan di depan, dan tromol di belakang! ABS kagak? Udeh, lo mendingan mandi dulu deh, baru komen! 😆 .

Bokap pernah cerita, kalau dulu, adeknya (Om saya) pernah dibelikan motor ini Sob. cuman dipakai 2 minggu, abis itu jiwa muda nan penasarannya membuat motor ini dipreteli abis-abisan hingga mesinnya pun ikut kececer. gak bisa pasang lagi, akhirnya itu motor dijual loakan, eh, yang beli dateng lagi kerumah dengan motornya yang udah dirakit dan bagus, wkwkwk, aneh banget dah!

Lastly, Kawasaki Binter Merzy adalah motor yang patut untuk dimiliki. Dimensinya lumayan gede, klasiknya kagak nahan, ada varian lampu kotak, dan built qualitynya juga ajib bener. Harga sekennya yang orisinil termasuk gelap, tapi gak ada tuh yang dibawah 16 juta rupiah. Jujur, penasaran juga sih pengen jajal dan pengen punya, tapi pasti motor tua mah pe er dan pe er lagi, wkwkwkwk 😆 . pe er dan pe er itu sama dengan duit dan duit :mrgreen: .

Okelah, siapa nih sobat MMBlog yang punya Kawasaki Binter Merzy. Atau pernah jajal? Boleh dong di sharing di kolom komentar pengalamannya masbro, hehehe.

Contents

instagram

Villa Kanaya

21 COMMENTS

  1. ane belajar motor kopling pertama kali ya pake binter ini.
    waktu itu masih smp kelas 2, sekitaran tahun 1997an
    berat bgt untuk ukuran anak smp…secara semuanya dari besi.

    giginya cuma ada 5… tahun itu motor baru yang sekelas dengan binter kalau gak salah glpro atau glmax… kalau tiger sudah pasti binter kalah jauh.
    getaran mesinnya lumayan berasa.

    tenaga mesin gak ada galak2nya. tarik-tarikan jarak pendek sama astrea grand juga kalah. tapi kalau udah jarak jauh, itu astrea kesusul juga.
    yang paling ane inget itu adalah suara mesinnya… khas bgt… dari jauh orang pasti tau kalau itu binter.

  2. dulu tetangga sebelah rumah pernah punya. cuma karena rumah di gang sempit, knalpotnya standar aja berasa berisik banget.

    btw, itu rem depan di depan, emang bener ya begitu harusnya 😀

  3. Pas masih SMP ayah saya pernah punya, bodi gede gagah, emang pas banget buat bapak2 🙂
    Teman kuliah juga ada yg punya cuma sayang kurang terawat, asal bisa gelinding aja…
    Yg jelas ini motor punya kharisma tersendiri

    • Guru smp saya juga naik nih binter mercy.
      Postur tinggi besar tapi maaf, perut beliau yg paling besar. Itu tahun 1985-1988.
      Jaman nya breakdance yg lagunya zoolook & reckless. 1988 kayaknya muncul grup rock Europe yg hitsnya final countdown itu.

  4. Motor kenangan waktu kuliah, merzy 81 dijual bokap cuma 1,5 di tahun 2004?‍♂️. Selalu siap ampelas buat gosok platina kalau tuh motor batuk2. ?

  5. Assalamualaikum
    Mohon maaf mau berbagi pengalaman gan !
    Sejak th 93 ku pelihara Binter mercy versi CDI hingga sekarang nambah yang platina sampai teman2 ngasih gelar itu sih istri pertama nya, hehe
    Memang desain Binter mercy untuk torring jadi ya gak enak banget buat adu cepat/trek2an
    Nyaman nya buat jarak jauh santai torring bareng2 temen suaranya tuh lho gak ketulungan mantap nya.
    Namun sekaligus Binter mercy ini juga terkenal sbg si jago mogok terutama kalo makenya kasar
    Tapi tetap saja klasiknya gak ketandingi ye

    • Maaf mas, bukan torring. Tapi touring.
      Torring pasti bentuk dasarnya ‘tor’
      Mending ‘toreng’ lebih ngendonesawi mas.
      Toreng mereng-mereng manteb beud euiyy

  6. Kalau gak salah kelas 2 SMP tahun 83/84 gw pernah balapan dengan teman gw. Doi pake Binter merzy, gw pake GL Pro. Gak pake helm, cuma kaos dan celana pendek dan sendal. Gw ketinggalan dikit dibanding doi dengan Binter nya. Bener jaman2 edan karena pas balapan kita bersenggolan dan sama2 ngalami kecelakaan. Untung masih dilindungi Tuhan sehingga masih bisa nulis komen ini.

  7. ??yg anak manja jangan pengin punya merzy deh…liatin aja. Gw pakai dari th 95 sampai sekarang. Ada plati dan ada CDI. Dulu cdi dipakai bini gw ngantor dengan jarak rumah kantor sekitar 30 km atau 60 km pp. Gw ngantor pakai plati .Naik diatas jok merzy itu rasanya pd abis. Gw juga ada thunder 250 tapi kl dijalan lihat org pakai merzy rasanya pengin balik kerumah ganti merzy ????beda orang beda selera gan ???salam

  8. Wow baca komen2nya berasa lintas generasi, dr yg lahir thn 98 macam saya sampe yg tahun 80an udah trek2an aja adaa! Senior2 semuaa???

  9. Motor ini yg bikin bapak ane kumisnya habis soalnya ndlosor kena tumpahan minyak.
    Jaman 80 akhir helm masih belum wajib.
    Sumedang bandung 45 min gk pake helm.
    Yg bikin kangen itu suaranya itu loh khas bnget

  10. Jaman kejayaanya sy masih piyik blom tau motor, tapi tiap liat motor ini lewat bikin kagum melongo, apalagi yg model cdi lekukan tankinya wuihh… Juga lambaian tail lamp sama sein belakang yg selalu goyang wkwkk
    Th 2000an ngetren motor ini di bikin chopper HD²an ada klub nya, temen kantor ada yg ikutan, ciri khas nya lampu tembak segambreng bahkan sampe ngerubah sasis, entah yg ex modif masih bersisa ga sekarang, sedih juga motor keren ‘diacak2’

  11. Seneng banget nongkrong di MMBLOG, apalagi bahas motor lawas…

    Bukan hanya bicara tentang motornya, tapi yang lebih menyentuh adalah kilasan kenangan dan semua cerita dan nostalgianya, membawa kita ke masa lalu…

    Salim sama semua senior di sini.

  12. Temennya bokap punya ini yg CDI, sampe sekarang masih kerawat. Dibeli gak boleh. Asyemm. Memang enak buat touring. Tipe cruiser. Kalo Mesin bukan selera anak muda sih (yg biasanya senang wheelie/gas njengat) agak sulit kalo mau dioprek biar kenceng…
    Kalo harga sekarang yg udah gak ada PR minim 25jt, hahaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here