Balik Nama BPKB, Jangan Lebih Dari 6 Bulan Sejak Balik Nama STNK!

7
Limited
SYM MMBlog

Sobat MMBlog sekalian, kalau temen-temen pernah lihat atau baca artikel INI, bisa diketahui kalau tahun lalu, MMBlog sudah berhasil balik nama Mas Moel aka Yamaha FZ6 Fazer S2. Proses cabut berkas dari samsat tangsel hingga masuk ke samsat JakTim serta ketemu sama Mas Endrik Elang di Samsat udah MMBlog ceritain. Selesai? Belum Sob, ternyata masih ada satu tahapan lagi yakni balik nama BPKB? Loh? Emangnya enggak sekalian?

Ini yang unik dan ajaib. Proses balik nama STNK dan BPKB itu ternyata enggak satu paket. Setelah selesai balik nama STNK,kita kudu balik nama BPKB. Kalau dulu, abis balik nama STNK, di BPKB yang dikasih keterangan aja kalau udah balik/tukar nama di lembaran lampiran/keterangan di belakang. Sekarang, kagak gitu lagi, kudu buat BPKB baru coy. Ajaibnya, kagak bisa di samsat Jaktim tempat MMBlog balik nama STNK, tapi kudu di Gedung Biru Polda Metro Jaya di SCBD/Gatot Soebroto.

Villa Kanaya

Nah, karena keasyikan udah balik nama STNK, akhirnya balik nama BPKB pun MMBlog tunda, gak tanggung-tanggung, sampai 1 tahun Sob, wkwkwk. akhirnya waktu bayar pajak pun tiba, dan mau enggak mau ya kudu balik nama BPKB dah. Oke, bawa dokumen yang dibutuhkan yaitu BPKB Asli, STNK Asli, Kuitansi Foto Kopi, dan Berkas Cek Fisik Fotokopi di samsat jaktim. Meluncur ke Gedung Biru PMJ. Sampe sana drama pun terjadi.

Mau masuk gedung, dokumen diperiksa, sebelumnya kudu cuci tangan dulu. ealaaaah, kata Ibu Polwan yang jaga “Pak, ini bapak harus cek fisik ulang ya, sudah kelamaan ini cek fisiknya, bulan juli tahun lalu, terserah cek fisik disamsat mana aja, baru kesini lagi, bawa motornya kan?” apes :mrgreen: , mana hari itu bawa Hayate pula, wkwkwk, yaudah, besoknya MMBlog ke Polda Metro Jaya lagi bawa Mas Moel buat cek fisik, hadeuh.

Okeh, keesokan harinya cek fisik di PMJ, gak pake ribet, Cuma rempong aja jalan kaki bolak balik. Abis itu bawa dokumennya di gedung biru, langsung ACC diluar, dan masuk ke dalam. Di dalam, langsung ada yang bantu print antrian, kita bayar dulu biaya balik nama BPKB di BRI sebesar Rp.225.000,- untuk motor, abis itu kasih tanda terima ke bagian BPKB, dipanggil dan dikasih tahu “Pak, untuk ambil BPKBnya besok ya Pak”, jawab ane “Wah, gak bisa hari ini ya Pak?” “gak bisa, udah kesorean”, yeudeh, pulang dulu dan besok kemari lagi, gile, total 3 kali dong nih ke PMJ, wkwkwk.

Besoknya ambil BPKB, langsung ke lantai 2, gak pakai lama setelah ngasih tanda terima, dipanggilah nama kita, dan BPKB selesai. Terus langsung bayar lagi dan pajak Mas Moel sebesar 1,4 juta rupiah, wkwkwk. alhamdulillah, siap berhenti pas razia dengan heart rate seperti Maverick Vinales 😆 . oke Sob, abis balik nama STNK, kalau bisa langsung balik nama BPKB sekalian yak, kalau enggak ya kudu esek-esek lagi dah.

instagram

Villa Kanaya

7 COMMENTS

  1. Wah ribet juga ya ternyata.. mending beli yang baru aja deh terima beres :D.

    kapan artikel touring lagi mang? tuoring pansela jabar lagi jakarta ampe pangandaran.

    • Lumayan mang, kalo balik nama stnknya di samsat jaksel alias di polda sih bisa sekalian karena satu koplek. Belom sempet touring lagi nih mang, udah masuk musim ujan, ngeri2 sedap, hehehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here