Test Ride dan Review SM Sport GY150, Bener-Bener Gawat Dah!

17

sesuai prediksi dan emang mantap

SM Sport GY150 punya kode mesin ZY150. Kubikasi bersihnya adalah 149 CC. Bore x strokenya mirip dengan motor-motor Honda yang near square atau yaa, tetap overstroke. 57,3 mm x 57,8 mm. Perbandingan rasio kompresinya ada di kisaran 9,2 : 1. Nenggak bensin dengan oktan 88 harusnya sih masih aman, kalau harian, MMBlog pakainya pertalite masbro kemarin. Control unitnya pakai CDI.

Suplay bensin dari tangki ke mesin, di perantarai dan dikabuti oleh Karburator. Powernya sendiri ada di kisaran 8.2 kw atau setara dengan 11 daya kuda kurang lebihnya. Untuk torsinya, lumayan ngejambak dengan 12 NM. Semuanya dapat di raih dengan rpm yang enggak tinggi-tinggi banget, ya iyalah, near square kan ini Sob. ah, test jalan lah!

Throttle gasnya ringan, di blayer langsung revving cepat. Koplingnya juga enteng dan membal. Masuk gigi cklik aja, alus dan adem. Kasih gas dan lepas kopling, SM Sport GY150 langsung nyundul-nyundul 😆 .

Oke, respon awal dari SM Sport GY150, ini motor tarikannya berasa ala 150 CC yang padat torsi. Rpm cepet banget naiknya ke redline Sob. napasnya gak pendek-pendek amat, tapi juga enggak panjang. Kecepatan 60 hingga 70 km/jam sih dapat diraih dengan mudah dan santai, mesinpun masih rileks dengan kecepatan segini di top gear alias gigi 5. Untuk stop and go sih juaranya, torsi maksimalnya udah kerasa di rpm 5000-an. Shiftingnya juga empuk dan halus banget, asli ini motor emang manjain ridernya banget!

Kecepatan maksimal yang bisa dan berani MMBlog bekukan adalah 94 km/jam, sedangkan adik ipar bisa sampai 100 km/jam karena dia juga badannya juga enteng. Yang menarik, ini motor di kecepatan tinggi tingkat kestabilannya patut di acungi jempol lho Sob. kaget juga sayah, padahal angin udah kenceng banget rasanya itu :mrgreen: . banyak yang nanya, mas getarannya gimana nih motor?

Kalau enggak sampai redline sih getarannya bisa dibilang minim dan halus Sob. hampir gak kerasa di setang, jok footstep. Intinya sih emang dibuat secara nyaman dan luar biasa. Bujug dah, ini artikel baru bahas ergonomi, desain, ama performa aja udah hampir 1200 kata, apa-apaan? Ane lanjutin ke artikel terpisah aje yak Sob, wkwkwkwk. Bukan maeeeen! Sabar yak!

NIH LINK UNTUK BACA PART 2

Contents

instagram

Villa Kanaya

17 COMMENTS

  1. Lagi ingin trail, eh ada artikel ini. Ingin WR-155, tapi yg ini koq harganya menggoda. WR-155 terlalu cantik utk dijadikan budak blusukan ?. Tinggal pilihannya, mending ini atau VIAR ya? Kayaknya mending ini ?…

    • sperti nya sama2 worth yak beroo,, spareparts sama2 bisa cari substitusi dr hondah, jd sperti nya no worry.. hehe
      ane jg nksir bgt sama nih motor, soal nya genre nya yg ane cari bgt, semi adv gitu, basis trail tapi gag trail2 bgt, 50:50 lah orientasi nya… sayang suzuki DR150 kmrn gag jadi masuk, padahal sama genre nya, dan dengan nama suzuki ada kemungkinan durable mesinnya, walau turunan Houjue

    • Mengedemenin agak2 uphill gue soale.
      Rear end mah udah kasih tau klo ni montor bisa buat jaoh. Gak usah kencang2an power2an… pokoknya torque minded ya…
      Wahhhh….. Horra sabar cakkk

    • kayak nya sih basic mesin honda new megapro/verza masbro klo liat bentuknya.. mirip banget, dan bore x stroke persis.. cuma beda cover samping crank sama tutup head sedikit beda detail nya.. CMIIW
      ane pake megapro mono soale, jadi udh familiar bgt liat bentuk mesinnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here