Pojok Opini : Apabila Mocin Come Back Dengan Dua dan Empat Silinder, Gimana Kansnya?

10
Limited
SYM MMBlog

Sobat MMBlog sekalian, ngebahas motor cina atau mocin, tentu kita gak bisa lepas dari agresifnya merek ini bergerilya di tahun 2000-an awal. Bahkan, MMBlog pribadi sebenernya masih nyimpen Jialing Kancil nih Sob di rumah. Sebenernya ini motor sih gak apa-apa, cuman karena sama sekali enggak kepake, yaudah jadinya banyak yang ngadat, wkwkwk, makanya punya motor dipake Sob, jangan di diemin doang, kesian. Nah, kembali lagi ke topik.

Mocin sempat hadir di Indonesia dengan beberapa merek. Saat itu yang dijual adalah motor-motor sport dan juga motor bebek entry level. MMBlog sih gak tau persis kuantitas yang kejual berapa, dan nampaknya sekarang pun di jalan udah hampir gak pernah kelihatan lagi batang setangnya. Pernah lihat beberapa kali, tapi ke saru sama bebek-bebek Jepangan. Di situs jual beli online juga masih ada yang jual sekenan sebenernya, murah banget.

Villa Kanaya

Tapi itu dulu, sekarang, mocin-mocin banyak sekali yang punya model keren dan juga kubikasi besar. Gak cuman jual itu, jumlah silinder pun, pelan tapi pasti ditambah oleh produsen negeri tirai bambu ini Sob. dua silinder mah sekarang udah umum, perlahan, nanti mocin 4 silinder bakalan hadir nih. nah, lalu pertanyaannya? Kansnya gimana kira-kira ya kalau hadir disini? Kalau melihat mobil-mobil tiongkok sih ada aja pangsa pasarnya, kalau motor?

Kayaknya lebih kompleks dan lebih rumit, bahasa kerennya complicated. Nah, gimana menurut temen-temen? Mungkin ada mocin bentukannya kayak Honda CB400 Superfour, bermesin 4 silinder, dijual dengan harga 60-70 jutaan aja? Kacau juga yak. Opini mu Sob.

instagram

Villa Kanaya

10 COMMENTS

  1. sekeren dan sevalue apapun mocin, mnurut saya akan tetep segmented mas, market nya sih pasti ada tp ya mgkn yang itu2 aja orang nya, kecuali owner lama bisa ngeracunin temen nya yg bukan mocin lover hehe.. jgn lp karakter masyarakat kita kan mentingin gengsi ketimbang fungsi,, hehehe..
    tapi klo paragraf terakhir mas Vand bisa terwujud, bukan ga mgkn juga sih bisa lumayan ngejual, ga ush 400 cc, 200/250 cc 2 silinder 360 degree crank deh & air cooled, yg suara nya cakehp bin gagah dengan design CB400, klo bs terjual di angka yg mendekati motor2 jepang 150cc jaman now yg kisaran 30jutaan mah bisa aja,, Benelli Patagonia Eagle aja mulai laku tuh dikalangan maniak custom, murah dan customizable bgt soal nya.. andai ada motor 200cc suara 4 silinder seharga 30an jt pasti banyak yg lirik, secara suara jg ptg bgt buat pasar indo..
    kalo mainnya di motor yg nilai nya 40 atau 50jt keatas agak sulit meski cc >400, karena yg punya budget ngepas cuma segitu sperti nya akan tetep lirik yg merk jepang karena utk sebagian besar bikers kita nilai segitu udh sangat gede untuk ukuran motor.. beda dengan mobil, walau mobil murah pun anggapannya klo punya mobil tetep udh naik kasta.. ga keujanan ga kepanasan.. hehe
    IMHO aja ini, hehe.. dan yg saya tekankan disini yaitu dari sudut pandang secara umum, kalo bikers yg bijak, open minded & duit nya ada sih pasti udh bisa milih secara bijak dan ngerti value..

  2. buat saat ini mungkin masih perlu waktu buat peningkatan kualitas, reliabilitas sama performa nya mas, secara looks, spec tinggi tapi kalo suka rewel mesinnya, mending motor jepang lahh walau lbh mahal, tapi bisa aja suatu saat mocin setara dgn motor jepang kualitasnya

  3. mocin kalo masih pake merk aslinya mungkin orang2 sini masih pada sentimen ya…
    tapi kalo kesini bawa nama pabrikan laen yang udah di caplok..?
    saya rasa akan laku2 aja…
    secara semua produk asalnya ya dari cina ya kan..?
    mo otomotip mau elektronik ya dari sono
    secara kualitas sudah 11-12 lah ama jepangan atao ngeropah
    tinggal gengsinya yang ga dapet
    contoh kek vvoolink aja orang ga beli bukan karena ga bagus
    karena ya… mending naek elsegese daripada naek mobil kawe
    (survey ngawur versi mayoritas bapack2 dan emak2)

    nah kalo bawa merk dulkati atau ben ellly misale
    tinggal atur pricing yang kompetitif
    penerimaan pasarnya cukup baik dan bertumbuh…

    eh ini ngomongin multi silinder berarti kalangan midle up ya toh..?
    bukan ngomongin mbit mber dan kawan2nya
    orang2 di segment ini udah mikirin value
    biasanya orang2 di segment ini punya montor metik buat komuter
    dan punya slot kosong montor hobiies buat sanmorinan
    keknya bakalan laku deh bang vandra

    test harga sekenan jepangan ama mocin di sese 250up
    keknya masih lebih bagus mocin ga jatuh2 amad
    mungkin karena yang nyari banyak dan yang jual dikit

    oiya saya masih hunting TNT249s
    di tungguin dari taun lalu ga turun2 hargane
    #huft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here