Yamaha XJR1200R, XJR Edisi Terbatas Dengan Half Fairing dan Lampu Kotak!

2
Limited

Sobat MMBlog sekalian, udah lumayan lama kayaknya MMBlog enggak bikin artikel tentang motor-motor lawas atau sejarah motor. Nah, kali ini, MMBlog mau buat artikel tentang Yamaha XJR. Bukan Yamaha XJR400 kayak si Soleh yang makin kemari makin jarang dipake :mrgreen: , tapi ini mbahnya, Yamaha XJR1200! Eh, tapi ini bukan sembarang Yamaha XJR1200, ini Yamaha XJR1200R! Unik karena menggunakan lampu kotak dan half-fairing!

Yamaha XJR1200R yang punya kode 4KG ini adalah unit diversifikasi dari Yamaha XJR1200 yang emang udah ada sebelumnya. Di tahun 1996, sampai tahun 1998, Yamaha membuat varian baru bernama Yamaha XJR1200R. Hal ini bukan tanpa alasan, saat itu, Kawasaki ZRX yang berlampu kotak dan berbikini fairing lumayan laris dan menjadi muscle bike favorit, sudah ada XJR, kenapa gak coba dibuat kayak gitu?

Villa Kanaya Viar MMBlog

Tampilan motor emang jadi tambah besar, tambah gagah. XJR itu kesannya udah angker, maskulin abis. Ditambah half fairing plus lampu kotak, ini motor jadi tambah kelihatan besar. Di tahun segitu (1996-) ini motor lumayan menyita perhatian. Unit yang dibuat semuanya ludes dalam hitungan waktu yang sebentar. MMBlog baca reviewnya, Yamaha XJR1200R adalah Yamaha XJR1200 yang kata orang Jepang, nyaman banget dipakai di highway, yaitulah, half-fairing amat sangat menolong.

Spesifikasi lain-lainnya sama kayak versi standar. Mesin menggunakan mesin 1200 CC, 4 Silinder, Air/Oil Cooled, 5 speed. Motor ini biangnya torsi dan napasnya panjang. Ngomongin kenceng ya pasti kenceng tapi juga jago banget minum bensinnya. Yamaha XJR1200R hanya ada di Jepang dan di Rusia, ini motor aslinya motor JDM Sob, di Indonesia sih nampaknya enggak ada, tapi gak tau juga, Indonesia itu luas kawan :mrgreen: .

Enggak lama setelah eksis 3 tahun, Yamaha mengupdate dengan Yamaha XJR1300 yang eksisntensinya lama banget sampai tahun 2015 silam. Kalau Yamaha XJR1300 enggak ada varian half-fairing dan lampu kotak kayak Yamaha XJR1200R ini. Saat ini, di Jepang, Yamaha XJR1200R adalah collectible item, unitnya udah jarang, karena dulu, banyak dibeli untuk dijadiin motor balap regional. Oke deh Sob, semoga bisa jadi tambahan referensi dan wawasan temen-temen yah.

Bisa jadi inspirasi modif juga nih! sekian, terima kasih, dan semoga berguna ya!

instagram

Villa Kanaya

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here