Test Ride dan Review SM Sport SM3, Jadi Retro Favorit MMBlog!

16
Villa Kanaya

Intro

Masbro, Sobat MMBlog sekalian, wah, udah lama juga nih kayaknya MMBlog gak bikin artikel test ride motor baru. alhamdulillah, ada kesempatan untuk test ride motor yang selama ini bikin MMBlog penasaran yaitu SM Sport SM3. Waktu pertama kali melihat wujudnya di PRJ tahun lalu, MMBlog langsung penasaran, gimana ya feelnya? Motor dua silinder, hampir 400 CC, dan built qualitynya baik, hmm.

Beruntung dan gayung bersambut, PT MForce Indonesia selaku ATPM dari SM Sport dan SYM, menyediakan unit ini untuk di test ride secara langsung oleh MMBlog. Unit bisa dibilang seger banget, odometer aja belum sampai 5000 Sob. beberapa waktu yang lalu, MMBlog main ke Pabrik dan Kantor MForce, dan di momen inilah MMBlog mendapatkan kesempatan mantab ini. Oke, lanjut ke pembahasan yuk.

Villa Kanaya

ERGONOMI

Kalau MMBlog induksikan di awal mengenai ergonominya dari SM Sport SM3, maka kata-kata yang tepat untuk mendeskripsikannya adalah Nyamannya Keterlaluan. Asli Sob, motor ini punya jok yang tebal dan empuk, plusnya lagi, setangnya pas, enggak terlalu tinggi, enggak terlalu rendah, udah gitu, tekukan setang yang semi retro dan lumayan lebar juga membuat genggaman makin ergonomis dan nyaman.

Posisi footstep enggak terlalu maju ke depan, tapi juga enggak sport banget ke belakang. Buat MMBlog yang punya spek 167 cm dan 79 Kg ini, duduk di SM Sport SM3 berasa pas, apalagi tinggi jok juga hanya 77 cm alias lebih tinggi 1 cm aja dari tinggi jok Thunder 250. jinjit dikit karena joknya lebar, praktis, percaya diripun meningkat.

Buat harian, commuter, atau buat touring, wah, jangan ditanya dah, pas banget udah. Anti pegel club masbro. Pointnya 8 dari 10.

PERFORMA

SM Sport SM3 dibekali oleh mesin dua silinder, 4 klep, 4 tak, Injeksi, dengan kubikasi bersih 378 CC. Begitu mesin dinyalakan, rpm langsung meraung di 2000 rpm, tapi dalam beberapa detik, rpm langsung idle di 1450-1500 rpm, biarpun mesin sudah hangat, tetep begini Sob, sekali starter pasti hidup.

Suara mesin atau knalpotnya agak unik nih. beda lho sama mesin Ninja 250 yang tonenya udah mainstream, atau Benelli PE yang kayak empat silinder. SM Sport SM3 punya karakter yang mirip-mirip mesin Inazuma. Tone-nya lebih rapat, kayak sahut sahutan, khas banget, tapi juga beda sama mesin Triumph yang 270 derajat. Mesinnya happy revving banget, pelintir dikit langsung naik cepat rpmnya.

Lokasi test ride di Kawasan Industri M2100. Tentu MMBlog enggak eksplore top speed, hehehe. Kecepatan 80 km/jam dapat di tempuh dengan sangat mudah dan di gigi 2 aja. Tarikannya smooth, tapi bertenaga, torsi enggak pernah kurang. Kalau temen-temen berani buka Gas, tentu motor sport 250 CC dua silinder yang ada di pasaran bakalan ketinggalan.

Wajar, dengan bore x stroke 66 x 55.2 dan kompresi mesin 10 : 1, maka tenaga yang dihasilkan juga mantap! asli mantap tapi smooth. Temen-temen pernah gas inazuma? Nah, ini versi beringasnya dari Inazuma dengan kenyamanan yang juga masih ada di atasnya Sob. buat harian bakalan nyaman, buat touring juga bakalan asyik, karena torsi selalu tersedia.

Pointnya 7,5 dari 10

Contents

instagram

Villa Kanaya

16 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here