Riding Review, Suzuki GN250 1991 Dibawa Agak Jauhan, Gimana Rasanya?

10

Sobat MMBlog sekalian, di artikel ini, MMBlog mau sharing pengalaman MMBlog touring 441 Km menggunakan Suzuki GN250 lansiran tahun 1991. Motor yang sejatinya bermesin sama dengan Suzuki Thunder 250 ini MMBlog gelandang ke Ciletuh, via Cianten dan pantai Loji. Trek yang dilalui lumayan menguras dan memeras motor, oke, kita lanjut lagi.

Perkara mesin, Suzuki GN250 yang basisnya Thunder 250 ini punya tarikan dan akselerasi yang smooth tapi tetap bertenaga. Di jalanan rata, kecepatan 80Km/jam dapat didapat dengan mudah, 100 Km/jam aja juga masih gampang kok. thanks to final gearing yang lebih berat dari Thunder, jadi RPM gak terlalu tinggi ketika ngacir di kecepatan tinggi, ditanjakan?

Di cianten dan Loji uji cobapun di mulai. Tanjakan yang lumayan kejam, membuat mesin motor harus meraung tinggi untuk menjaga torsi. RPM kudu di panteng di 5500-6000 rpm, itupun di gigi 2 doang 😆 , jadi banyak pikiran, ini mesin jebol apa kagak? 😆 . ya mau gak mau deh, daripada torsi drop, motor malah mundur, panteng aja segitu. Kalau MMBlog rasakan, kayaknya kopling udah gak terlalu oke lagi gigitannya, tampolannya kalau nanjak-nanjak kurang euy.

Ngomongin handling, tentu beda sama motor sport zaman sekarang, tapi tetep lincah kok. yang paling enak adalah suspensi depannya yang ayunannya super alus, nyaman! suspensi belakang, karena pakai punya Thunder yang udah berumur 14 tahun ya jadinya udah gak terlalu oke performanya. Joknya gimana? Ini jok custom bener-bener ampas! Gile, 80km pertama, bokong udah panas banget! Pegel! Mana pendek pula, kagak bisa iket tailbag di belakang, jadi tankbag dah.

Selama pakai Suzuki GN250, area badan yang berasa kurang nyaman ya bokong doang, asli joknya empet banget ane Sob, kudu beliin jok baru nih. sama ini motor, full tank dari Jakarta, 150 Km sampai cikidang, bensinnya abis :mrgreen: , dengan kapasitas tangki yang 9 liter, berarti enggak sampai 20 km per liter dong yak. Kayaknya setting karbunya emang belum pas, kayak terlalu kaya, terlalu boros, sering keluar asep item, asep juga bau bensin, pas di gas mau berakselerasi, motor kayak brebet banjir, baru narik, ini juga yang bikin riding jadi tambah was-was kemarin.

Ya touring pakai motor tua begini tentu gak bisa disamain sama touring pakai 600 CC atau 250 CC dua silinder tahun muda. Asal sampe dengan selamat aja udah syukur, tapi asik juga kok, mendingan lewat alternatif-alternatif dah, dan yang paling penting, kudu sehat banget motor ya Sob. siapa nih yang punya pengalaman touring pake motor tua juga?

instagram

Villa Kanaya

10 COMMENTS

  1. Kalo mekanikalnya sehat, kuat koq motor2 tua buat jarak ratusan km, asal enggak dipaksain.
    Saya Cepu-Surabaya pp, nengok cucu2, jarak total 326 km udah pernah pake Shogun 2004, A-100 1992.
    Malah istri pernah ngajakin boncengan pake Kaze-nya thn 2003, bosen pake mobil atau motor sport terus katanya.

  2. nice sharing om Van.. (silent reader jadi pengen komen karena kangen touring!)
    boros kali yak 20km/l, hehe, belom lg asep item gitu, kalo saya sih langsung puter balik dah, haha, ngeri kenapa-napa di tengah jalan, tapi temen touringnya lumayan rame ya, saya biasanya solo tour/paling banyak 2-3 motor sih

    • tadinya emang udah mau mundur mas, udah ndut2an kalau ditarik, hehe. saya berdua doang sama temen kuliah mas.

  3. Tahun 2015 pake honda c70 indramayu – bandung, lewat jalur sumedang. Nyampe cadas pangeran mesin jebol, ahahahaha. Keluar asap banyak banget macam petugas fogging. Jadi hampir tiap 30 menit berenti buat nambahin oli sama nyiram mesin pake air mineral. Alhamdulillah setelah dipaksa paksa bisa sampe. Alhasil sampe sekarang motor mangkrak digudang.

  4. mantabb mas vandd.. semua kembali ke kondisi motor emg yaa, asal sehat mah turing jauh pake mtr tua ya aman2 aja hrs nya,, boros dikit wajar, cuman klo yg kayak mas van punya emg terlalu boros itu haha..
    ane terakhir ke ciletuh juga lwt jalur yg sama, dr cibinong brangkat, belok ke arah cianten, baru kluar cikidang, lanjut pel ratu, baru dah ke Ciletuh,, balik lewat jalur biasa, jl raya sukabumi..

    • wah, rutenya sama kayak saya kemarin mas jacob, heheh, pulangnya juga lewat raya sukabumi, bukannya malah refresh jadi stres kalau lewat situ

    • wkwk bener banget mas Vand, cuma karna dah mau malem jadi lewat jalur yg aman2 aja dah n rame.. klo yg sepi2 agak ngeri, ane sendiri soalnya,, klo lg turing nya ramean sih brani libas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here