Penampakan Yamaha F1Z Putih SEGAR di Yamaha DDS Bali, Wah Ini!

7

Sobat MMBlog sekalian, Di era tahun 90’an Yamaha sangat dikenal dengan produk-produknya yang bermesin 2 tak, salah satunya adalah F1Z. Produk ini merupakan transisi model moped atau bebek dari Alfa menuju ke F1ZR. 

Secara tampilan masih mirip dengan Force 1. Namun, sudah dilengkapi dengan disc brake di bagian depan dan knalpot racing seperti di varian F1ZR. Kapasitas mesin 110cc yang terpasang juga lebih besar dari generasi Alfa dan telah dilengkapi dengan kipas untuk mendinginkan bagian silindernya.

Menariknya, berteoatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun, ada pemandangan tidak lazim terlihat di Yamaha Flagship Shop Bali. 1 unit F1Z warna putih lansiran tahun 1996 terlihat mejeng di dalam ruangan display motor. 

Varian warna putih F1Z sebenarnya pada masanya, tidak terlalu banyak peminatnya sehingga populasinya sedikit. Namun, justru hal inilah yang membuat F1Z warna putih ini menjadi motor yang sangat langka. 

“Unit yang dipajang itu merupakan koleksi dari komunitas 2 Tak Menolak Punah Bali. Kami display di bulan Agustus ini tepat pada saat kemerdekaan RI ke 75. Juga sebagai salah satu sarana untuk mengenang sejarah Yamaha di Indonesia.” Info dari Andri Fistulariyanto selaku promosi DDS Bali. 

Setelah menjalani proses restorasi dimana beberapa komponen part diganti dengan yang baru, tampilan motor legendaris ini berubah layaknya baru melenggang kelaur dari dealer. Ternyata tidak hanya varian F1Z saja, tapi di sampingnya terlihat ada RX King dan Champ. 

“Seiring tuntutan emisi gas buang, produk 2 tak perlahan digantikan dengan motor 4 tak. Untuk segmen moped atau bebek pengganti F1Z, pada awalnya ada varian Crypton kemudian muncul Vega dan sampai sekarang makin eksis Jupiter Z. Varian terbarunya menggunakan teknologi injeksi dan forged piston yaitu Jupiter Z1” tambah Andri Fistulariyanto. 

Seperti kita ketahui bahwa pada tanggal 3 Agustus 2020, Yamaha resmi memperkenalkan Jupiter Z1 dengan warna dan striping baru. Di tahun ini dilakukan penyegaran yang menghadirkan pilihan warna Metallic Blue, Metallic Red dan Metallic Black. 

Tampilannya pun semakin sporty dan modern berkat striping anyar yang terpasang pada Jupiter Z1 versi 2020 ini. Tak hanya itu, pinstripe putih pada velg membuatnya terlihat semakin sporty. Jupiter Z1 menggunakan teknologi injeksi yang didukung dengan Forged Piston atau piston tempa yang membuat kinerja mesin lebih kuat awet dan tahan lama.

instagram

Villa Kanaya

7 COMMENTS

  1. Sekedar saran buat yimm nih mas vandra barangkali bisa tersaimpaikan, ada pepatah

    “jangan memperbaiki sesuatu yang tidak rusak”

    ya kalau tidak rusak ya jangan diperbaiki apalagi diganti..!!! hal ini terkait dengan beberapa facelift yang dilakukan secara terburu-buru pada produk seperti jupiter z burhan, new vega r, dan vixion advance yang saat itu sebenarnya masih disukai modelnya. Apakah sebuah produk itu harus dipatok 3 atau 4 tahun untuk facelift? kan kalau peminatnya masih banyak ya ngapain diganti? saya pikir sebuah desain itu punya kadar waktu yang relatif, kalau desain itu bagus dan disukai dan sedang hipe maka ga masalah jika bertahan 5~7 tahun lebih, buktinya jupiter z burhan itu sekarang harga seken nya lebih tinggi dari new jupiter robot itu aja sedikit masukan nya. Terima kasih mas vandra

  2. Ralat sedikit,

    Silahkan mau facelift per 4 tahun sekali dengan catatan :
    1. Facelift minor jika designnya masih banyak yg suka
    2.facelift lah dengan tidak merubah total dari design yg lama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here