Intip Keseruan GatNas Bikepacker Kaskus 2020! SERU!

3
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, Kegemaran bermotor dan lelaku camping makin naik daun belakangan ini, bukan hanya terbatas pada kalangan komunitas atau club terbatas satu merk saja. Banyak wadah lintas komunitas yang berorientasi pada kegiatan piknik bermotornya. diantaranya ada Bikepacker Kaskus, yang pada 2020 ini melakukan gathering nasional ke 5. Komunitas yang berawal dari thread forum Kaskus ini berkembang dari sekedar ajakan open trip sampai pada ahkirnya mengadakan Gathering Nasional.

Acara yang diadakan pada tanggal 15 – 16 Agustus 2020 ini diselenggarakan di Taman Wisata Cipatuh, Tasikmalaya, sebuah tempat yang cukup remote dengan hamparan rumput luas dan kolam air panas belerang alami, hanya 12 jam perjalanan saja dari Ibukota. Tema Gathering Nasional kali ini adalah sharing session sambil mendekat kepada alam itu. Acara yang digagas untuk mempertemukan para Bikepacker seantero nusantara ini juga didukung oleh SHAD Indonesia, A1am Gear riding apparael, sticker.ran, modaldengkulbikershop, cexas_windshield, & gudeg wijilan Bu Hj. Rini.

Villa Kanaya

Peserta nampak mulai berdatangan ketika Sabtu (15/8) sore. “saya memulai perjalanan ini dari Solo kemarin pagi, lalu menginap semalam di Pangandaran, dan baru sampai sore ini, lumayan jauh tapi terbayar lah, saya senang, sepanjang perjalanan menikmati alam dan jalurnya, luar biasa!” ujar Mas Daniel, salah satu peserta dari Jawa Tengah. Sebuah lapangan rumput sudah disediakan untuk menampung tenda para peserta. Lelaku camping dan  masak sendiri pun tak langsung membuat suasana semakin hangat. Tercatat ada lebih dari 80 peserta yang registrasi dan hadir.

Wahyu, salah satu wakil panitia menceritakan perihal animo peserta kali ini “Pandemi sepertinya menjadi penghalang kami untuk dapat berkumpul kembali tahun ini, rasa rasanya kalau gak ada pandemi, teman teman dari luar Jawa kemungkinan besar akan hadir bersama sama kita. Gathering Nasional Bikepacker selanjutnya kami berharap akan bisa mengumpulkan lebih banyak teman, dengan manfaat yang lebih besar pula”

Acara berlangsung hangat, menjelang malam, Pak Youk Tanzil dari Ring of Fire Adventure (RoFA) membuka sharing session-nya. Pengenalan akan kondisi Indonesia Timur khususnya Papua menjadi titik berat presentasinya. Bagaimana rasanya riding disana, bagaimana kompleksnya persiapan yang harus dikerjakan sampai panjang & lebar cerita riding berdua, “membuat” peta baru tentang Trans Papua agar kemudian bisa dimanfaatkan di Navigasi.

Dilanjutkan dengan rangkaian pertanyaan dari banyak peserta. tak cukup, setelah makan malam pun sharing dilanjutkan kembali. Kali ini Pak Youk membolehkan Bikepacker Kaskus “membedah” isi panniernya, bagaimana manajemen akomodasi itu perlu dan  penting dilakukan. “bawa hanya yang penting secara fungsi dan kompak secara ukuran dan bobot, Size and volume matter!” ujarnya. Malam itu ditutup dengan ramah tamah dan acara bebas. Milky Way dilangit menjadi penghantar tidur
disela dinginnya malam Cipatuh.

Paginya, semua games dan rangkaian doorprize diundi dan dibagikan. dilanjutkan sharing session part 2 oleh Theorandaru & istri, tahun lalu mereka baru saja menyelesaikan “misi” bikepackeran diatas sebuah scooter selama 70 hari dari Cilegon menuju Dili, Timor Leste.
Sharing ringan ini sukses menghadirkan gelak tawa diantara peserta karena membahas manajemen emosi suami & istri selama perjalanan. Gathnas 5 ditutup oleh closing steadment dari para “sesepuh” Bikepacker sendiri.

Bagaimana harapan mereka sebagai perintis melihat forum ini semakin hari bisa berkembang dan menjadi wadah positif untuk sharing dan menyalurkan hobi, juga membawa manfaat yang besar untuk masyarakat banyak.  setelah berfoto bersama, para peserta perlahan meninggalkan tempat acara. Tidak meninggalkan apapun, kecuali kenangan indah untuk diingat, dan diceritakan kembali pada Gathering Nasional berikutnya.

instagram

Villa Kanaya

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here