Ini Rincian Pemasangan Rem Cakram di Suzuki A-100! LENGKAP!

12
masih tromol nih Mas

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog mendapatkan surel dari sahabat pembaca, Mas Eko. Mas Eko adalah rider motor lawas bin antik Suzuki yang punya label Suzuki A100. Namanya motor lawas, udah gitu rem tromol depan belakang, hmm, performa rem bukan senin-kamis lagi, tapi Juni – Juli :mrgreen: . Walhasil, upgrade rem depan adalah sebuah mandatory. nah, mau tau cerita dan rinciannya dengan detail dan lengkap? simak penuturan Mas Eko yang mantab jiwa di bawah ini Sob.

Assalaamu ‘alaikum wr wb.

Mas Vandra, kenalkan saya Eko dari Cepu, Jawa Tengah. Saya sering baca blognya Mas Vandra, tapi seringkali hanya sebagai silent reader saja. (wah, komen juga gak apa-apa loh mas, daripada yang komen sekarang ini suka ada yang aneh, IP-nya 1 tapi nicknamenya segambreng-red)

Saya punya Suzuki A-100 tahun 1992. Motor 2-tak yg kalau di daerah saya disebutnya “Suzuki Pak Pos”. (motor keren ini mas, asli – red)

Motor ini aslinya masih memakai rem depan tromol, yg enggak pakem. Suatu hari saya hampir nyundul mobil yg berhenti mendadak karena ada motor yg memotong jalan di depan mobil. Saya sudah mengerem sekuatnya, tapi motor masih nyelonong.  Alhamdulillah ketika hampir sampai di posisi mobil  tadi, mobilnya sudah maju lagi sehingga saya tidak jadi nyundul.

Saya cari referensi di internet tentang pemasangan rem cakram depan buat Suzuki Pak Pos saya.

Ternyata ketemu artikel Mas Vandra, tentang Honda Win “Mas Slamet Winarso”, yg sudah dipasang rem cakram depan.

Saya juga menemukan di blognya Pak Bambang Nunggang Jaran (https://jaranwesi.wordpress.com/) (“Honda Win Bercakram Depan”) di mana ditulis bahwa tabung shock dan seperangkat rem cakram milik Suzuki Tornado plek masuk selongsong shock karena diameter sama.

Saya memilih memakai tabung bawah dari shock motor cakram yg sekiranya cocok. Karena as shock depan Suzuki Pak Pos dan Honda Win sama, yaitu 27 mm, maka saya cari tabung shock milik Suzuki Shogun Kebo yg sama dengan punya Tornado.

Bahan2 yang diperlukan:

Shockbreaker Shogun Kebo Ori Bekas (220K + Ongkir 78K) =  298K

Tromol Depan Shogun Kebo Bekas (90K + Ongkir 35K) =  125K

Gearbox Speedometer Suzuki Tornado GS /Shogun Kebo (110K + Ongkir 23K) =  133K

Bosh Spacer Tromol Roda Depan Kanan Satria 2-tak (24K + Ongkir 20K) =  44K

As Depan A-100 (12,5K) =  12,5K

Bearing 6300RS “ASB” KW Double Seal 2 pcs @ 7,5K =  15K

Baut Cakram 4 pcs @ 2,5K =  10K

Cakram Shogun Kebo KW (95K) =  95K

Yamalube Front Shock Oil 2 botol @ 17K =  34K

Master Rem Atas KW (80K) =  80K

Caliper Rem KW (90K) =  90K

Selang Rem KW (35K) =  35K

Minyak Rem Prestone DOT3 (25K) =  25K

Jari-jari Depan GL Pro (40K) =  40K

Pasang & Setel Velg (40K) =  40K

Klem Knalpot 1-1/2 Inci, 2 pcs @12,5K =  25K

Kabel Speedometer Suzuki Tornado Cakram (25K) =  25K

Total Biaya  =  1.126K

Tidak ada ongkos pasang shockbreaker karena semua dikerjakan sendiri di rumah. Shock oil diisi 100 mL, sesuai dengan rekomendasi isi shock Suzuki Shogun Kebo. 

Alhamdulillah sekarang rem depannya sudah pakem, sehingga riding menjadi terasa lebih aman.

Mudah2an bermanfaat bagi pemilik motor yg ingin mengubah tromol depan yg drum menjadi cakram.

Wassalaamu ‘alaikum wr wb.

Eko

Alaikumsalam Mas Eko. artikel yang mantap banget nih.  Sharing tips and trik. Dan motor Mas emang keren banget, apik, dan pemasangannya rapih banget udah kayak pasangan pabrikan Mas, TOP! Dulu Win saya juga mau pakai cakram dengan cara yang Mas Eko lakukan, tapi bengkel modifnya bilang masih bisa pakai Sok Ori, nanti dibuatin bracketnya dengan mounting di lubang baut slebor depan dan as roda.

Terima kasih banyak Mas buat artikelnya, sehat selalu dan sukses buat Mas Eko, oia, dan selalu riding yah! kalau temen-temen juga ada yang mau dishare, silahkan kirim ke [email protected] ya, nanti MMBlog tayangin jadi artikel. mau sharing tips and trik, pengalaman punya motor ina itu, cerita lucu motoran, cerita horor motoran, cerita touring, wah, cakep nih! kasih link IG juga boleh, nanti MMBlog embed di artikel. oke Sob, semoga berguna ya!

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

    • Cerdas sampeyan, honda mmg harus selalu jd pilihan utama yg lain cm alternatif. Kalo kayak sinetron honda itu peran utama, merk lain cm figuran jd wajar kalo kualitasnya d bawah sang raja motor honda. Gandosss tenan

    • Good share om Motor? Yaa Honda
      Semoga kata-kata anda menjadi pencerahan buat semua warga negeri tercinta kita Endonesah

  1. Motor pertama gw belajar… A100 kemudian Win100. Yg A100 di jual ama Pakde (padahal dlu dikasih buat dia transportasi karena ngeluh gak ada motor).

    Terus beliTornado GS dah pake duid sendiri dan hidup smp sekarang.

  2. Good share mas eko, bang vandra. Btw saya lg beres2 A100 tahun 1973 nih, cuma shock depannya beda bgt sama A100x ini atau yg econos juga. Barangkali ada yg bisa sharing supaya tetep rem tromol depan cuma bisa lebih grip lagi

    Thank you

  3. @ Usman.
    Waktu jaman old, motor2 balapnya pake tromol depan yg gede banget sampe hampir memenuhi pelek.
    Tapi berdasarkan pengalaman kendaraan be-rem tromol (saya pake Toyota LC yg remnya masih tromol semua, dan Suzie A100 yg sudah dirubah itu), kinerja rem tromol enggak bisa menyamai rem cakram.
    Kalo tetap mau pake tromol, harus diganti pake tromol balap yg gede itu (Mungkin udah sulit cari yg jual).

  4. Eko 354. Untuk bikin kuat rem tromol sy ada ide tp untuk tromol belakang. Kalau depan sy kurang yakin. Shogun 125 old sy rem belakang terasa gak kuat. Jd paha rem ori sy ganti pakai paha rem yamaha Byson. Kenapa Yamaha Byson? Karena paha remnya panjang bangeet. Thunder 125 juga panjang tp Byson lebih panjang.. dan memang berhasil

  5. mas eko, kaliper,master,selang kenapa nga nyari ori copotan aja,di lihat lihat sama kayak punya nya satria fu itu.
    ori lebih terjamin mas. copotan 200rb dapat mas satu set,
    pengalaman pake yg kw jarak setahun udah nge bagel keras rem nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here