Ganti Knalpot Yamaha XJR400R, Asal Panjang, Enteng, Adem, SIKAT!

12
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, ketika di Soleh aka Yamaha XJR400R hadir sebagai armada MMBlog di Desember 2019 lalu, yang terlintas di benak MMBlog pertama kali untuk motor ini adalah mengganti knalpot standar. FYI masbro, knalpot standar unit Yamaha XJR400R ini suaranya sebenernya udah bagus, bagus banget malah, memang wujudnya knalpot standar, tapi udah dibobok, walhasil, suaranya enaaak banget.

Ada tapinya Sob, knalpot itu bukan perkara suara doang. Gimana dengan panasnya? Gimana dengan bobotnya? Atas pertimbangan ini, akhirnya MMBlog putuskan untuk mengganti knalpot standarnya itu dengan knalpot aftermarket. Ngomongin panas? Silincernya panas banget memang, ngomongin berat, kayaknya sih berat, harus dicopot dulu baru bisa dirasain.

Villa Kanaya

Hunting dan hunting, MMBlog pengen knalpot yang modelnya tetap kayak standar. Berbentuk silinder dan panjang, ya motor JDM pas-nya pakai knalpot begitulah, IMHO. Terus, knalpot juga harus enteng dan enggak terlalu berat. Kalau udah begini, ya bahan kudu carbon atau titanium dong, wih, ada gak ya yang harganya gak lebih dari 500 rebu 😆 .

Coba nyari-nyari, di situs jual beli online, dan FB, eh, gak taunya ada yang jual! Knalpot Big Volume, Carbon, Unbranded, seken, beneran harganya under 500 rebu :mrgreen: , yaudah, kenapa enggak? 😆 . transaksi, nunggu barang dikirim, sampe rumah, dan memang WOW! MMBlog coba browsing, ternyata knalpot unbranded ini adalah buatan tiongkok. Built quality oke juga, dan relatif enteng.

Oke, pasang! Ya slip on aja sih. hmm, gimana caranya ya? yaudah, bawa ke tukang knalpot deket rumah, minta bikinin link pipe atau pipa sambungnya. Ongkosnya 200 rebu, sikaaat! Fiting-fiting-fiting, gak pakai lama kelar itu mide-pipe, kecantol deh, niat hati pengen bikin knalpotnya ngejulur ke belakang biar kayak JDM atau Bosozoku, tapi titik seimbangnya di tengah, yaudah pasang bracket di tengah ajalah.

Angkat knalpot standarnya, et dah, berat juga ini :mrgreen: , nyalain mesin dan VREEEEEMMM! Loh kok? suaranya lembut banget? Lebih sejuk dari knalpot standar bobokan? Idlenya juga santuy bener, ditarikpun ngebulet banget kagak pecah kagak screaming, hmm, baiklah, gak terlalu sesuai sama ekspektasi, tapi oke banget dan saya berusaha memuaskan diri :mrgreen: .

Sampai rumah, coba pegang knalpotnya, wah, asli karbon nih, anget-anget doang! Coba lepas knalpotnya, ditimbang, 3 Kg ternyata sama midepipe. Knalpot standar? 5 Kg! Pantesan. Lumayan, saving 2 Kg, daripada ridernya yang diet, mending motornya dah 😆 . ya gitulah ceritanya Sob, gak perlu mahal-mahal lah buat knalpot, yang penting mantap dan kagak kw kw club, wkwkwk, ya mau KW juga gak ape-ape sih :p .

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

  1. Knalpot brand lokal yang lumayan bagus ada merk Black Devil mas, saya pakai yang big volume silencer ukuran panjang 35 cm diameter 4,5 inch, pas lah tuh di xjr nya, bahan sih stainless steel, finishingnya ok banget, suara apalagi, harganya bersahabat cuma 650rb new, packaging nya juga rapih banget deh, coba aja cek2 mas…

    • Oh ada juga ya mas big volume dari Black Devil? Oke mas, nanti saya coba cek dan ricek dl ya. Makasih inputnya mas

  2. me juga pake black devil buatan pulogadung. ada yg versi karbonnya. buat jupi mx. so far seneng suara yg bulet bulet bass biar ga diamuk orang. puas pakainya daripada akra akra kawe or yoshi kawe. biar merek lokal maju !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here