Thumper Suzuki Yang Retronya Bablas Bin Ortodox, Suzuki Tempter ST400!

11
Limited
SYM MMBlog

Intro

Sobat MMBlog sekalian, kembali lagi di artikel MMBlog yang membahas tentang motor Thumper aka motor big single/motor satu silinder dengan CC besar. Setelah beberapa hari yang lalu, MMBlog bikin artikel tentang Honda SLR650, sekarang giliran pabrikan Hamamatsu yang kebagian MMBlog bahas Sob. motor ini adalah motor JDM, bernama Suzuki Tempter 400 atau Suzuki ST400 Tempter!

Lahirnya artikel ini, dilatar belakangi oleh rasa penasaran MMBlog tentang motor Thumper Suzuki. Yamaha, seperti yang udah kita ketahui bersama, punya Thumper legendaris yang terus diproduksi hingga kini, Yamaha SR400. Honda, sebagai pabrikan motor Jepang yang besar banget, juga pasti punya varian Thumper, yang bernama Honda CB400SS. Suzuki? Masa iya enggak punya? Ternyata ada!

Villa Kanaya

Yups, Suzuki Tempter 400 adalah gacoan Suzuki yang menggoda, sesuai namanya, Tempter yang punya padanan makna yakni “menggoda” di bahasa Indonesia. motor ini lahir pada tahun 2000 dengan masa bakti yang relatif singkat. Kayaknya sih, Suzuki bikin motor ini karena trend saat itu, Thumper retro emang lagi bagus banget pasarnya. Toh punya mesin big single 400 CC dari kapan tau, kenapa enggak dibikin?

Betul Sob, Mesin Suzuki Tempter 400 ini adalah mesin lawas yang dipakai di Suzuki LS400 Savage. Mesin satu silinder, tegak lurus siap gerak, 396 CC, 4 klep, karburator, mesin ini bisa mengeluarkan tenaga hingga 27 PS di 7000 Rpm dan torsi badak di 29Nm. Dengan bobot hanya 150 Kg, tentu berlari adalah kegemaran dari Suzuki Tempter. Begini-begini, mesinnya overbore loh Sob, 88 x 65.2 mm!

Mesinnya, asli emang ke ekspose banget!

Ngomongin desainnya sendiri, temen-temen bisa lihat, motor ini sebenernya kalau dlihat dari tahun lahirnya, ya jelas bukan motor tua-tua amat. Udah masuk milenium baru, tahun 2000. Tapi Suzuki tetap konsisten dengan memberikan cita rasa retro yang kebablasan dan ortodox. Tangki Suzuki Tempter terlihat klasik dengan bentuk yang agak mengotak, dan uniknya, ukurannya panjang euy :mrgreen: .

Contents

instagram

Villa Kanaya

11 COMMENTS

  1. Konstruksi mesin branggah tapi simpel
    Jadulnya kebablasan dahhh….
    Mempesonakan di Djiwa tenan ini mah

  2. Masih memcari nama istilah model tanki which is dibiarkan kelihatan sambungan platnya itu.
    Mungkin mas Aji kupasmotor yang paham

  3. Coba dah punya pabrikan2 tetangga dijejerin photosnya. So pasti ngebikinin mata tersegarkan, which is able banget ngetrigger suasana batiniah jadi bungah sumringah.
    The real temptation class motorbikes tenan caakkk

  4. Mohon Maaf Lahir dan Batin atas segala bentuk komentar saya kang………
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H yakkkk
    Kembali fitrah sehat selalu sekeluarga dimudahkan dalam segala urusan dan tambah berkah pakdheee
    Aamiin Allahuma Aamiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here