Suzuki Goose 350, Soang Nyentrik Dari Suzuki!

9
Limited

Intro

Sobat MMBlog sekalian, gimana Hari Raya-nya Sob? nampaknya lumayan berbeda nih dari tahun-tahun sebelumnya yah. mumpung masih suasana lebaran, MMBlog mau ngucapin selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin. Nah, di artikel ini, MMBlog mau share lagi tentang eksistensi motor Thumper, atau motor satu silinder CC besar. Masih dari Suzuki, unit ini bernama Suzuki Soang 350, eh Suzuki Goose 350!

Penamaan nama yang unik, seunik tampilan motornya Sob. MMBlog kurang tahu apa yang melatar belakangi Suzuki memilih nama “Soang” atau “Goose” untuk motor ini. Literatur yang ngebahas juga enggak banyak soalnya. Lagi, salah satu sebabnya adalah karena statusnya yang JDM (Japan Domestic Market). Pengen memperluas pasar, Suzuki akhirnya membuat yang versi 250. Unik, karena kedua motor powernya enggak terlampau jauh, dan relatif gila.

Suzuki Goose 350 adalah motor roadster Suzuki yang dibekali oleh mesin 350 CC, satu silinder, SOHC, 6 speed, 4 klep, dengan bore stroke 79 x 71,2 mm. Rasio kompresinya ada di 9,5 : 1. Suplay pengabutan bahan bakarnya menggunakan karburator mikuni BST40. Power yang dihasilkan bisa tembus 33 HP, untuk versi 250, bisa tembus 30 HP, untuk motor keluaran tahun 1991-1999, power segini sih gila buat motor under 400 CC.

Oia, basis mesin ini adalah mesin yang digunakan di Suzuki DR350, tapi tunning-nya buat on road dan sport performance, makanya powernya bisa lebih gede daripada Suzuki DR350. Dari bentukan mesinnya, kayak ada kemiripan dengan mesin Thunder 250 yah. apalagi area cover koplingnya, hmm, ada sih persamaan sedikit sama punya Thunder.

Contents

instagram

9 COMMENTS

    • Mas Vand… Ni orang atas saya sebenarnya epbeye. Saya sudah curiga polanya.
      Harus dibasmi. Tempat saya biasa pakai Hit semprot, tapi sekarang lagi habis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here