Ngerem Tanpa Tarik Kopling dan Nurunin Gigi Itu Emang Ampuh!

7
rem-nya, ya cukup aja, gak terlalu istimewa

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari ke belakang, di masa libur lebaran dan PSBB, MMBlog lagi membiasakan diri untuk coba riding lagi. Itung-itung persiapan #NewNormal dan ngurangin rasa parno :mrgreen: . nah, di lalu lintas DKI Jakarta yang saat ini lebih sering lengangnya, MMBlog lebih sering bawa Mas Moel aka Yamaha FZ6 Fazer S2. Buka gas atau gas tebel-tebel kerap terjadi, hingga hampir kepada satu insiden.

Kecepatan Mas Moel itu kalau gasnya dibuka tebal, gak kerasa speedometer udah ada tiga digit angka. 120-140 Km jam doang sih bisa diraih hanya dengan sekedipan. Ini yang bikin riding jadi berasa lebih asyik, jalanan kosong, sepi, visualitas jelas, terang, hmm, kenapa enggak? Tapi kadang, ada aja yang tiba-tiba muncul, ya gak mendadak sih, tapi seringnya jadi miss calculate sama jarak, jadi gini:

Dari jauh pas kita riding di atas 100 Kpj, objek itu sejatinya udah kelihatan, dan gesture-nya pun udah kita baca dan prediksi mau ngapain, udah tahu lah kita mesti ambil jalan mana buat ngehindar. Tapi kadang objek itu gak sesuai sama prediksi kita, dikirain mau bejek gas dan berakselerasi, eh gak taunya malah ngondoy, kirain mai jalan di bahu jalan/kiri, eh gak taunya slonong ke kanan dengan tetap ngondoy.

kaliper rem acxial

Lagi di speed 140 Km/jam, itung-itungan jarak pun jadi semakin kacau, di sinilah hard braking mau gak mau dilakuin. Buat yang Non-ABS kayak Mas Moel, tentu jadi lebih harus pake perasaan lagi. Biar hard braking, otak masih bisa mikir, refleks gak jadi decision maker di sini. Inget anjuran safety riding, coba ngerem kuat tanpa tarik tuas kopling, tanpa nurunin gigi (engine brake), hasilnya gimana? Murni tekan rem depan dan rem belakang?

Ternyata bener, motor bisa lebih berdeselerasi dengan tajam. Pas udah pelan banget menuju berhenti, baru deh tarik tuas kopling biar mesin enggak mati. Hmm, dulu masih sering narik tuas kopling, walhasil ban belakang jadi “bebas”, ini sebenernya serem. Nurunin gigi juga sebenernya serem, iya kalau udah slipper clutch, kalau enggak? Bisa ngunci lah itu ban belakang

instagram

Villa Kanaya

7 COMMENTS

  1. waw,, klo ngerem sambil bejek kopling sih emg serem mas vandd, ngeloyorr, apalagi klo rem blkg nya kuat, malah jadi ngunci tuh biasa nya.. hehe
    kalo ane rem mendadak sih paling2 ngerem sambil downshift, dan untung nya masih pake motor kecil, jd downshift ga ngunci2 amat dah hehe..
    btw minal aidin yaa.. sory telat, br kali ini buka2 blog lg 😀

  2. Bener banget ni. Biasanya gw ga ngopling pas diboncengin temen yg tiap ngerem mencet kopling langsung berasa meluncur motornya.

  3. Klw bisa jangan engine brake jk tidak butuh sekali, mempercepat slip tingkat keausan gir primer n skunder jd dudukan bearing dan as nya bisa cepet protol ….terutama di motor 2x kecil (baru) yg matrial nya ngk sebagus motor besar/lama

  4. selama ini pengereman yg saya pakai udah sesuai safety riding, soalny kalau neken tuas kopling kayak ngeluyur malah kerasa semakin berat kerjanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here