Honda SLR650, Thumper Yang Antik!

6
Limited

Sobat MMBlog sekalian, ngomongin motor lawas, satu silinder, tapi punya karakter unik dan antik, tentunya kita gak bisa ngelewatin salah satu gacoan dari Honda yang bernama Honda SLR650. Wah, motor model apaan nih Mas? Nah, menarik, karena dari coding motornya, Honda SL, ini adalah varian crossover dari Honda yang nyentrik.

Honda SL series, adalah motor Honda yang dikonsepkan sebagai motor enduro. Pada awalnya, varian Honda SL adalah varian motor enduro CC kecil. Dimulai dari 90 CC, 100 CC, 125 CC, hingga 175 CC. Honda emang kaya akan model, varian enduronya banyak banget, ada Honda CL, honda XL, hingga Honda SL ini Sob. nah, akhirnya karena sukses, dibuatlah varian flagship-nya, 650 CC, Honda SLR650.

Honda SLR650 adalah motor yang dibuat oleh Honda Corp. Pada tahun 1997 hingga tahun 2000-an. Ekspektasi awal, motor ini bakalan mendulang popularitas tinggi karena varian honda SL lumayan oke pasarnya saat itu, tapi fakta berkata lain. terlalu unik, nyeleneh, dan punya mesin yang super duper torqy ternyata motor ini kalah pamor sama Honda XR650. desain ala motor enduro, tapi lampu bulat, fender juga standar, hmm.

Berbekal mesin 650 CC, satu silinder, SOHC, 4 valve, Twin Port, Honda SLR650 bisa mengeluarkan tenaga hingga 39 daya kuda. Tenaganya sih biasa aja, tapi torsinya? 54 Nm masbro! Ini sih bejek dikit ban depan ngangkat memang! Diusung dengan kompresi 8,3 : 1, bore x stroke 100 x 82 mm, dan satu karburator Keihin VE 42,5 mm, diklaim, top speednya bisa sampai 150 Km/jam, lumayan!

Radiator? Kagak, pakai angin sepoi-sepoi aja buat pendinginannya, toh juga kompresinya rendah kan? Jadi aman. Motor ini hanya menggunakan lima tingkat percepatan aja Sob. dengan kaki-kaki ala enduro, ring 19 di depan dan ring 17 di belakang, klaimnya, Honda SLR650 adalah motor segala medan yang bisa diandalkan. Apalagi, motor ini didukung oleh tangki berkapasitas 13 liter, jarak jangkaunya lumayan jauh.

Saat ini, bisa dibilang, motor Thumper kayak gini ya udah enggak ada lagi Sob. pastinya, karena terkendala perkara emisi gas buang, mungkin bisa gak ramah lingkungan. Satu-satunya Thumper alias motor satu silinder ber-CC besar yang masih diproduksi hingga kini adalah Yamaha SR400. Denger-denger bahkan Suzuki LS650 juga udah di-discontinue yah Sob.

Gimana Sob? semoga bisa jadi tambahan referensi buat temen-temen ya. sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

instagram

6 COMMENTS

  1. Tentu saja motor ini sempurna… apapun yg d ciptakan sm honda adalah sebuah karya seni yg memancarkan keindahan dan juga kecanggihan teknologi serta kualitas yg tak mampu d samai oleh motor2 merk lain.

    Merk Y, K, apalagi S itu produk yg kalau d honda adalah barang kualitas reject yg tidak akan d jual ke konsumen. Bahkan motor2 eropa pun kualitasnya msh jauh dr sebuah motor honda.

    Segitu sayangnya honda dg konsumen termasuk kamu….iyaaa kamuuuu

    Muehehe

  2. Asyik nih dual purpose yg tengah2..buat light adv.
    Tangkinya klo diliat-liat mirip Karion. Apa Karion yg mirip ini….
    Hahaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here