Dyno Test Yamaha XJR400 2004, Berapa Powernya?

7
Limited

Intro

Sobat MMBlog sekalian, setelah Mas Moel di Ramadhan tahun lalu mendapatkan kesempatan untuk running di Dyno, Ramadhan tahun ini ternyata Si Sholeh aka Yamaha XJR400R 2004 juga mendapatkan kesempatan untuk Dyno Run. Mesin Dyno-nya pun sama, AXIS Dyno, tapi lokasinya beda. Kalau Mas Moel di TDR Technology Center, kalau Yamaha XJR400 ini di Alfa Jaya Motor Ciledug, di support sama tim AJM dan Mas Imam BengkelSepedaMotor, runningpun dilakukan.

Seperti biasa, AXIS Dyno adalah mesin Dyno yang detail. Kudu ada penyesuaian di bobot rider dan juga bobot motor untuk pemasangan pelat yang beratnya minta ampun itu. Setelah semuanya pas, Si Soleh pun naik ke mesin Dyno. Wah, akhirnya bisa menjawab rasa penasaran nih. Oia, ini hanya sekedar running ya Sob, enggak ada tunning sama sekali, bahkan pengecekan AFR aja enggak. Lho? Emangnya bisa motor karbu cek AFR, wah, ternyata bisa Sob, nanti ane ceritain gimana caranya.

Sebenernya kalau boleh jujur, MMBlog agak ngeri juga nge-dyno ini motor, salah satu faktornya adalah usia :mrgreen: , ya namanya motor tua, plus gak ada radiator Cuma oil cooler kecil, tapi ya udahlah, Yamaha bikin mesin gak sembarang, apalagi ini motor JDM, kuatlah :mrgreen: . oke, siap-riap untuk Running. Yang running adalah Mas Adrian, owner dari Alfa Jaya Motor sendiri, mantap, bener-bener gas ini!

Running sesi pertama, adalah untuk mengetahui berapa power dan torsi maksimal dari Yamaha XJR400R 2004 dengan odometer 81 ribu kilometer. Motor di bejek di gigi 3, karena di gigi inilah mesin dapat meraung dari RPM rendah sampai redline dengan waktu yang tidak terlalu lama, dan tidak terlalu cepat juga. Empat kali running, berapakah power paling tingginya? Menurut Brosur, motor ini tenaga maksimalnya bisa 53 HP lho Sob.

Contents

instagram

7 COMMENTS

    • Halo Mang, iya mang, mas karebet udah lama enggak ngaspal, ada di rumah, udah 2 bulan gak dinyalain euy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here