SuperBike Itu Bernama Suzuki Smash! #1

41
Limited
SYM MMBlog

Intro

Sobat MMBlog sekalian, kayaknya udah lama MMBlog gak bikin artikel perjalanan/sejarah tentang motor yang ada di tanah air. Tiap motor yang ada di Indonesia, pasti punya cerita, masa lalu, romantika, dan sejarah yang menarik untuk diceritakan. Nah, di artikel ini MMBlog akan berdongeng tentang motor asal Suzuki yang bernama Suzuki Smash, selain itu, kata “MMBlog” sebagai orang pertama dalam cerita juga akan diganti dengan “Saya”, yuk kita lanjutin.

Suzuki Smash, siapa sih generasi X atau muda-mudi kelahiran tahun 70-80-an yang gak kenal sama motor ini? Beberapa diantara temen-temen pasti ada yang kenal baik, akrab, dan pernah jadi best friend dengan motor Suzuki yang satu ini. Bahkan, sayapun akrab kok dengan Suzuki Smash. Punya? Gak sih, tapi Arief, temen deket pas kuliah dulu pernah punya, dibeli dengan harga 2 juta, motor itu kondisinya kayak baru kena bom nuklir :mrgreen: .

Villa Kanaya

Seriusan, compang-camping euy, tapi dia tetep bisa ngacir, ngebelah udara tahun 2000-an awal yang masih bisa dinikmatin oksigennya :mrgreen: . saya tahu betul perjalanan si Smash ini, wong belinya konsul dulu sama saya, “bro, ini tetangga ada yang mau jual smash, kondisinya sih ancur, tapi jalan, gimana?” saya langsung jawab “berapaan? 2 juta ye?” sahabat saya itu langsung jawab “iye:mrgreen: , “yeudeh, ambil aje bro, nanti tinggal bawa ke bengkel, kita rekondisi pelan-pelan” tambah saya lagi.

Ya akhirnya dibeli, terus bersama saya, motor ini dibawa ke bengkel resmi Suzuki yang ada di Jalan Slamet Riyadi, Sun Motor Matraman. Servis besar, ternyata noken as-nya udah digerinda 😆 , karbu? Bautnya udah ada yang di tambal selotip, dll-lah 😆 , tapi sparepart saat itu lengkap, akhirnya diganti semua, dan enggak mahal juga, noken as sih tetep pake bawaan, selesai, gak lama kemudian, itu smash langsung dibawa touring Jakarta – Purbalingga :mrgreen: .

Itu segelintir cerita saya bersama Suzuki Smash, orang-orang di sekitar saya gak sedikit juga yang pakai motor legendaris dari Suzuki ini. Memang, tahun 2000-an itu tahun jayanya motor bebek. Smash dari Suzuki, Supra dari Honda, Vega dari Yamaha, dan Kaze dari Kawasaki, berempat, mereka bahu membahu mencoba untuk menggempur dan menahan serangan dari MoCin yang kala itu sodokannya bertubi-tubi dengan senjata ampuh yang bernama “murah”.

Contents

instagram

Villa Kanaya

41 COMMENTS

  1. Saya terkesima sama si smash ini.
    Kawan punya smash, pernah kita turing jkt-puncak. Smashnya dipake berboncengan, beneran kuat nanjak. Ada keliatan rada berat naeknya, tp ga separah metik2 yg lg booming dr pabrikan alat musik yg naek motornya sendirian. Ogut sampe keingetan sampe skrg sama kuatnya smash.
    Ada lagi motor suzuki yg kuatnya luar binasa, suzuki tornado. Beberapa motor yg ogut rasa materialnya dari bahan tempur ww2.

  2. Di rumah ortu,masih ada 1 smash buatan 2003 warna silver.
    Mesin blm pernah rusak..maklum yg pakai kakek²,pakainya serba kalem.
    Cuma body nya sudah di ikat pakai cable ties sana-sini.
    Spion juga sudah kewer² krn keseringan buat gantungan helm.

  3. Sy punya beli dari baru tahun 1990, dipakai dari belajar naik motor sejak SMP sampai saya bekerja, Odo méter sudah dua kali muter … Artinya 200 rban …. Akhirnya karena harus punya uang buat operasi cecar anak pertama, dijuallah motor kesayangan … Masih inget 2 juta rp. Alhamdulillah.

    Astrea prima garis merah kuning.

  4. Motor saya dari dulu ini mah..mulai dari smash,smash new,skrg smash titan yg udah 8 tahun nemenin saya kemana mana,wkwkkk..

  5. Ya jd kangen hamannya bebek, terus baca tabloid motorplus dan jamannya balapan rudrea ataupun o em er.. Ingat waktunitu pake motor dinas bapak saya, yamaha crypton, ke lapangan berkilo2 dgn kondisi aspal, berdebu, berpasir, berkerikil, berbatuan, baik jalan naik (pegunungan) maupun turun (jalur sungai dan nyebrang sungai kondisi air surut).. Wahh pokoknya nikmat dehhh.. Tapi itu motor hanya ada satu kendala, ban sering bocor.. Saya pernah pake suzuki smash punya temen dan shogun kaka, memang yg saya rasakan pegangan setang kurang mantapbkaya yg mau melayang dibanding crypton/vega tp masih lebih baik dari honfa kaya supta/karisma.. Secara desain bebek suzuki 1/2 tingkat lebih maju dari bebek yamaha, dan 2 1/2 tingkat dari bebek honda.. Tapi sekarang ke lapangannya cukup pake matik 125cc.. Nikmati sajaaaaa….

  6. smash pas baru barunya pernah bonceng,jaman itu memang masanya orang susah beli motor merk Jepang kondisi NEW,karena efek krismon 1998 masih terasa,akhirnya keluarlah versi pahe dari motor merek Jepang, smash,vega,legenda,Blitz,nah kecuali Vega, 3 merk lainnya punya desain headlamp yg mirip-mirip sekilas kalo dilihat.
    Balik lagi ke smash,sebagai manusia yg pernah ikut test ride Shogun110 pada event Suzuki Jelajah Negeri 1996, saya merasa smash ini under power,jauh banget dibawah Shogun 110/Shogun kebo,liat spek di brosur pun juga sudah keliatan,CC dan spek bore x stroke boleh sama dengan shogun
    Btw,di kota saya , smash awal kurang booming,nah booming terjadi saat smashR110 /smash jumbo launching dengan pelek racing dan knalpot semi racing serta warna yang berani,itu booming meskipun kalo saya amati masih booming jaman new shogun110 (Shogun110 yang ramping)

  7. Pernah rain 2017 kemarin (kalo nggak salah inget) pinjem smash temen (2004 warna biru). Berangkat dari Jogja jam 10an pagi. Istirahat di Cilacap bentar, jam 2an siang berangkat lagi, sampai di Sukabumi sekitar jam setengah 3 malam. Alhamdulillah lancar. Pulangnya jam 2 malam dari Sukabumi, sampai Jogja hampir magrib, diselingi mampir di Ciamis. Smash nya tetep waras Alhamdulillah

  8. Brarti saya lebiiih jadul lagi ya ,, jaman sma saya pake suzuki bravo 😄 tring tring tring garing banget suaranya ,,, gigi 3 masih ngangkat
    Boncengin nyokap naik karna badan gede ,, hahaha lucu lucu … Jd keingetan masa lalu

  9. Shogun 2002 biru …..in memori 2010 terjual sampai sekarang blm di balik nama wkwkwkwkwk …..ntah dimana tuh mtr ……2010 dah ganti skywave sampai sekarang dah hampir sebulan ngk jalan

  10. Pernah punya tahun 2004. Dipake buat nyeles door to door. Velg diganti pake rossi almu, knalpot AHRS, CDI BRT, shock blkang YSS. Sempat dinobatkan jd motor sales terkinclong saat itu 😁😁. Sempet ngikut Hijrah kejakarta, spido mentok diangka 90kpj saja, trus mogok di brebes. Smpe akhirnya dijokul thn 2014 ganti piksyen.. legend dahh itu motor..

  11. Ane juga punya om…
    Smash generasi awal warna biru hitam yg kenalpotnya masih lurus, yg suaranya “briiiing briiing” gitu kalo digeber… asli dah suara raungan mesin dan kenalpotnya khas banget… itu motor nemenin saya semasa kuliah dulu… sasis dan mesin kuat beneran… pernah adu tarik tarikan sama vega r temen ane (sama2 standard semua) ane menang haha ya tarik2 kan iseng aja, fun drag kecil kecilan… tapi beneran deh smash 110 gen awal ini bener2 jempolan… walau udah lama, cat ori bawaan masih ganteng, biru nya itu lho… masih menyala terang…

    Tapi sayang seribu sayang, saat ekonomi anjlok waktu itu, itu motor terpaksa ane jual… tapi alhamdulillah, si pembeli motor merawat smash itu sama apik nya dengan ane… sampe sekarang itu motornya masih ada, malah dibikin tambah bening tuh sama dia hehe

  12. saya masih punya motor itu meskipun ssekarang dipinjam kakak ipar, motor pertama yang saya beli pakai uang sendiri pas sudah nikah dan punya anak kedua tahun 2003 dan sudah melanglang buana kemana-mana dari kota kelahiran saya di kota P jateng sampai di kota T homebase saya ujung barat dikit jateng bahkan sudah sampai di jakarta, Semarang apalagi sampai yogyakarta pun hayuk juga saya pakai nglajo dari kota T ke kota B yang berjarak 68 km jadi PP 136km selama 2 tahun sampai spido kembali ke nol iya 0 benar2 motor gokil smash si gesit irit…

  13. Ane masih punya smash tahun 2003 ,,dulunya beli baru nyicil selama 2 tahun,,sampe sekarang masih ane pakai,,itu odometer nya udah 3 x balik ke nol,,berarti sekitar 300.000 km lebih,,belum lagi yg pas kabel odometer nya putus dan lama baru diganti ,,mungkin udah 400.000 km kali…

  14. Emang feel nya suzuki itu beda banget. Saya pernah bawa smash dan suprax 125. Kl power yaa pasti menang supra lah secara kubikasi aja beda tapi feel nya, anteng nya, material nya itu lho beda BANGET. Feel nya safu juga gitu, meski reputasi nya tercoreng gara2 lifestyle drag race liar anak2 rambut kemoceng sandal jepit tapi motornya itu anteng banget. Hmm… Kayaknya teknologi sasis nya suzuki ini agak spesial ya?? Lalu ada juga gsxr-150 yg kl saya amati gampang banget oprek nya. Problem nya mereka itu satu: DESAIN

  15. Smash NR, buat pp kuliah sambil nganter kakak kerja dengan jarak hampir 100km
    Cuma yg ga tahan sama getar bodinya, mesin ok walaupun terasa panas
    Ini motor perang bagi saya

  16. Duh jadi kangen ke smash biru tunggangan kuliah PP Rajeg – Ciputat. Byk cerita yg kami lewatkan bersama selama 10 tahun sejak 2003-2013. Motor hampir ga ada keluhan berarti. Dijual karna ganti tunggangan 2013 ke NVL. Dulu dijual karna sayang tdk terpakai.

  17. Belum pernah punya smash.
    Tapi dulu punya New Shogun 110 tahun 2002, dijual tahun 2011.
    Sekarang masih pake suzuki, tapi GSX.
    pengen melihara smash atau shogun lagi
    😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here