Sigap Lawan Corona, Mitra Binaan AHM Beralih Produksi Masker

6
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, Meningkatnya kebutuhan masker di tengah pandemi COVID-19 mendorong mitra binaan PT Astra Honda Motor (AHM) beralih memproduksi masker kain. Kelompok usaha bernama Kalihurip Satu Hati (KSH) ini semula membuat kain lap serba guna untuk memenuhi kebutuhan industri, termasuk AHM.

Kebijakan menggunakan masker dari WHO di tengah Pandemi COVID-19 yang diperkuat oleh anjuran pemerintah, membuat kebutuhan masker melonjak. Beranggotakan 8 perempuan dari Desa Kalihurip, Karawang, KSH memutuskan untuk memproduksi masker kain pada awal April. Dengan keterampilan mereka saat ini, muncullah inisiatif untuk mengembangkan keterampilan  untuk membantu penyediaan masker kain di Desa Kalihurip, sehingga produksi saat ini beralih menjadi masker kain untuk solidaritas membantu warga sekitar.

Villa Kanaya

“Pada awalnya kami membuat kain lap serba guna untuk dikirim ke pabrik-pabrik sekitar kawasan industri. Melihat adanya kebutuhan warga dan harga masker kain yang cukup tinggi di pasaran, kami berinisiatif membantu penyediaan masker kain, terutama untuk warga desa Kalihurip. AHM menyambut baik dan kami pun bisa membantu menjaga kesehatan masyarakat di sekitar kami,” ungkap Lilis Solihat, Ketua KSH.

Pada tahap awal, bekerja sama dengan perangkat desa, 8 kartini penggerak KSH ini memproduksi 4.000 masker kain untuk digunakan warga desa sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian dalam menjaga kesehatan warga di tengah situasi pandemi saat ini. Jumlah masker yang diproduksi ini diharapkan dapat terus bertambah seiring dengan kebutuhan masyarakat.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan pembukaan usaha KSH diawali dengan bantuan modal awal dari perusahaan melalui hibah 7 mesin jahit industri dan kelengkapan menjahit pada akhir tahun lalu. Selain itu, AHM juga memberikan modal usaha pembuatan kain lap serba guna untuk industri berupa material seperti kain perca dan benang. Untuk mengembangkan usaha, AHM membekali mereka dengan pelatihan dasar menjahit, pelatihan organisasi hingga pengetahuan mengenai kewirausahaan.

“Kami mengapresiasi dan mendukung penuh inisiatif kartini-kartini dari Karawang ini. Dengan berbagai keterbatasannya, mereka peduli dengan kondisi warga sekitarnya. Kami yakin, semangat kebersamaan menjaga kesehatan diri dan lingkungan ini akan mempercepat usainya wabah ini dan usaha KSH akan berkembang di kemudian hari,” ujar Muhibbuddin.

KSH yang sebelumnya memproduksi kain lap serba guna memiliki kapasitas produksi hingga 2 ton per bulan. Sejak awal pelatihan, hasil produksi KSH telah dipasok ke AHM dan beberapa perusahaan lainnya di sekitar kawasan industri Indotaisei, Cikampek, Jawa Barat. Selain menjadi bagian dari pemberdayaan ekonomi warga Kalihurip, hasil usaha KSH ini juga untuk membantu posyandu sebagai salah satu layanan kesehatan masyarakat di 3 dusun yang bernaung di Desa Kalihurip.

instagram

Villa Kanaya

6 COMMENTS

  1. Gue hamper sebulan neh make masker bedah. Klo berasa bebau ga sedap and then gue jemur under hot sun light. The bau significantly reduced, also virus bacteria and parasite as well as other micro organism must all vanish and dead. It’s relatively ngirit, you know?

  2. Aiy mah barusan have been browsing for elastic wired kain masker neh. Bikos aiy wearing glasses soale. My warm abab makes the lens wet like dew gitu. So the kain on my nose bone must attach tight in order my abab not to flow upward. Or gue bikin dewe aje ye?

    • Gini aje, beli masker kain nyang 5rb an, and then cari tuh elastic wire bekas elektronik produck. Tempelin aje pake hansaplast. Apa cari masker bedah yang dibuang orang di jalan. Ambil wire nya aje and install di masker kain itu. It’s lumayan ngiritz kan?

  3. Klo puasa and lebaran masih kek sekarang ginich…. jadinya aneh beud dehh…. Kok bisa and tega – teganya gitu loch
    Apakah sang maha Pencipta itu juga maha tega ya kang?

  4. Itu artinya apa?
    Mereka lah orang orang yang joss gandos. Nek sodara sodara kita di jabodetabek bilangnya ‘ngegandosyin’ gitu kangbro. Piye jal?
    Pilih saja imotikon buat share reaksi masbrodab sekalian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here