Review Product: Klakson Hella Compact Motorcycle Horn, CABE RAWIT!

7
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, Si Soleh aka Yamaha XJR400R Milik MMBlog, waktu datang dan hadir jadi armada motor MMBlog, klaksonnya menggunakan klakson keong yang enggak jelas mereknya. Klakson ini juga yang seketika membuat aki motor waktu itu tekor ditambah kiproknya yang emang juga udah letoy. Di tempelinnya juga dibawah segitiga bawah, walhasil kalau suspensi depan lagi nge-dive, klakson ini mentok sama slebor, bener-bener dah, segera lengserin!

Yamaha XJR400R ini secara default, menggunakan dua klakson. Mountingnya ada di samping Oil Cooler. Beruntung juga, soket klaksonnya masih utuh dan masih bisa dipakai (sepertinya). Okelah, hunting klakson yang minimalis tapi suara kenceng, pilihan jatuh ke klakson N-Max dan Aerox. Hmm, cocok gak ya? kok kayaknya keren, harga klakson ini dibanderol 100ribuan, rencana mau beli dua, jadi ya 200 ribu lebih, masih okelah untuk ukuran klakson, apalagi dipasang di motor 400 CC.

Villa Kanaya

Waktu berjalan, laah, ada pandemi Covid πŸ˜₯ . walhasil, rencana mau keluar untuk beli klakson ini mundur dan tertunda terus. Coba-coba browsing, MMBlog lihat ada klakson aftermarket keluaran Hella. Dibuat khusus untuk motor, klakson ini bernama Klakson Hella Compact Motorcycle Horn. Lho, kok kayaknya menarik nih, oke juga kayaknya. Cek harganya juga kok enggak mahal, dijual satuan 30 ribuan, yang double 60 ribuan, yaudah sikatlah yang double. Eh tapi tunggu dulu.

Dayanya gimana ini klakson? Perlu relay tambahan gak ya buat Yamaha XJR400R? Browsing lagi, dan diketahui kalau klakson OEM XJR satu bijinya punya daya 2,5 Ampere. Sedangkan Klakson Hella Compact Motorcycle Horn hanya berdaya 1,5 ampere satu bijinya, jadi? Ya sikat! Lagi #DirumahAja, belinya pakai E-Commerce lah, marketplace, online aje Sob πŸ˜† . pesen, pesen, pesen, akhirnya datang juga ini klakson.

Bentuknya kayak klakson original, model disc, warna hitam, dimensinya kecil, paling diameternya 6-7 sentimeter. Tertulis dan terpahat dengan jelas, 1,5 A, dan anti air. Hmm, oke juga built qualitynya untuk klakson 30 rebuan satu biji. Pelat mountingnya pakai dua pelat, jadi tebal, plusnya lagi ada dua lubang, kalau lubang yang satu kekecilan, bisa pakai lubang yang lebih besar buat dicantolin di motor. Sejauh mata memandang, Klakson Hella Compact Motorcycle Horn terasa fine banget Sob.

Yaudah, pasang di mounting klakson XJR. Plek ketiplek gak pake ribet. Colokin kabelnya, yang pendek di sebelah kiri, yang panjang buat klakson kanan. MMBlog gak setting suaranya (Klakson Hella Compact Motorcycle Horn ini bisa disetel suaranya dengan ngencengin dan ngedorin baut di klaksonnya). Okeh, nyalain kontak, dan coba teken tombol klakson β€œTUIIIINNNN…TUIIIIIIIINNN!” wah, asli sedap! Two tone ternyata Sob, ada yang suara tinggi dan ada yang suara rendah, volumenya nyaring juga, nih MMBlog kasih videonya di bawah.

Lastly, Klakson Hella Compact Motorcycle Horn adalah klakson yang lumayan value buat ganti klakson motor temen-temen kalau dirasa kurang puas. Kalau ngomongin suaranya dibanding sama klakson Aerox atau N-Max, agak beda karakternya, Klakson Aerox dan N-Max adalah klakson yang nyaring dengan pitch tinggi dan gema (echo) -nya mantap. kalau ini, lebih kayak karakter klakson mobil yang volumenya dikecilin sedikit, okelah.

Nah, semoga bisa jadi tambahan referensi temen-temen ya. semoga berguna dan selamat menanti berbuka puasa masbro.

instagram

Villa Kanaya

7 COMMENTS

    • Yang saya tau, klakson xmax udah kenceng dan kayaknya wibawanya lebih dapet ketimbang ini mas. Kalau mau beli yg diatas ini mas, yg 120 ribuan. Lebih dapet lagi mantapnya

    • Mas cek aja klakson standarnya berapa ampere mas. Kalo lebih dari 1.5 ampere baiknya pakai mas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here