Perawatan Motor 4 Silinder, Sinkronisasi Karburator/Throttle Body!

19

Part 2

Oke, sampe sana gak banyak cingcong langsung di pasang itu alatnya. Di TB Mas Moel pasti ada yang namanya jalur untuk nyolokin Carb Tune. Hmm, deg-degan juga, ini TB-nya pengkor apa kagak ya Sob? oke nyalain, brung! Suaranya langsung nyalak, dan Carb Tune juga naik, naaahhh! Ternyata beneran pincang dan gak sinkron kan Sob, wkwkwkwk.

Silinder 1 dan 2 rata, tapi silinder 3 dan 4 lebih tinggi posisinya dari silinder 1 dan 2, gak pakai lama, Bang Amin langung setel di TB dengan obeng minus. Gak pakai lama juga, akhirnya semuanya rata. Daaaannnnn, suaranya juga jadi beda! Bener kan, suara idle-nya jadi dengung doang, rata, padat, bulat, ya kayak idle mobil aja gitu Sob, Cuma karena Mas Moel pake knalpot aftermarket ya suaranya nyaring.

Di odometernya yang hampir 29 rebu, MMBlog yakin Mas Moel ini kagak pernah di sinkronisasi TB-nya Sob. terus dipakainya? Waaahhh, tarikannya udah kayak mimpi indah! Sweet! Enak banget! Power berasa ngisi, plusnya lagi, motor juga jadi lebih cepet adem dan juga bau knalpot bener-bener berkurang baunya. Kemarin pas pasang katalis sih baunya jadi berkurang drastis, tapi pas di sinkronin tadi, jadi tambah gak berbau, asik, jadi tambah ramah lingkungan nih si Bison Modip :mrgreen: .

Nah, monggo di bookmark deh. Sinkronisasi TB atau Karbu itu gak kalah penting dari bersih-bersih TB atau karbu itu sendiri. Tentunya, ini bakalan lebih optimal kalau temen-temen juga ganti atau bersihin filter udara, dan juga ganti busi. Oia, sama ya, motor dua silinder juga kudu diginiin Sob biar sinkron dan pastinya, tarikannya juga jadi enak pake banget! Pokoknya, gejala dari TB atau Karbu kudu disinkronin itu ya idle-nya udah kurang oke aja di kuping :mrgreen: , mungkin temen-temen juga ada masukan? Oia, karbu empat biji yang baru dipretelin atau dibongkar kayaknya juga kudu di sinkronin lagi deh. Semoga berguna ya Sob.

Contents

instagram

Villa Kanaya

19 COMMENTS

  1. Pangling ama suara mmblog. Ngeliat bentuk org ama suaranya kaya ga sinkron. Bayangan gua suara mmblog bakal ngebass, aslinya rada mirip motor gp125cc 2tak alias cempreng. Maapkeun bang ?

  2. Bikin artikel berburu moge bekas online/offline + harga + NP/FP + bengkel bang amin alamatnya dimana + beli sparepart dimana online/offline + pajaknya berapa

  3. Wah ternyata mesin 4 silinder itu penting juga mengatur kemampuan masing-masing karburator atau injektor di tiap throtel body nya ya, saya pikir pincang itu hanya krn matinya busi ?

  4. Mesin motor 4 silinder itu bisa diringkas jadi 2 silinder saja gak ya mas Vand? Namun tetapi tetap bisa asilkan tenaga n performa yang sama, syukur lebih. Zamanow sekarang ini perangkat dibikin kecil tetapi kinerja unggul n save energy.
    Cmiiw

  5. Ternyata suara vandra kayak gitu ya….,kayak ninja empat silinder tapi cc nya 125…..hahahaha

  6. Ni bengkelnya yg di jl haji mean ya. Deket banget dari rumah, kehalangin 5 apa 6 rumah doang. Dulu waktu masih tinggal di situ kalo lewat bengkelnya suka kepo sama moge moge nya. Waktu pertama kali lewat mah gak ngeh kalo itu bengkel moge. Pas lagi beli nasi di depan bengkelnya kebetulan lagi setting motor. Kaget kalo dalemnya banyak moge yg lagi di service. Hebat. . .

    • Itu haji mean aja jalan masjid mas? Iya emang bengkel rumahan tapi pasiennya kebanyakan moge.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here