Perawatan Motor 4 Silinder, Sinkronisasi Karburator/Throttle Body!

19

Intro

Sobat MMBlog sekalian, banyak temen-temen pembaca yang nanya ke MMBlog atau request tentang gimana sih cara perawatan moge, atau motor 4 silinder? Nah, tentu selain service membersihkan injektor atau kerburator, hal lain yang lumayan penting untuk dilakukan adalah melakukan sinkronisasi Throttle body atau kerburator. Lalu gimana mas?

Nah, motor-motor 4 silinder yang banyak beredar di Indonesia adalah motor 4 silinder dengan firing order 180 derajat. Motor-motor suaranya merdu, padat, rapat, dan bulat. Kalau enggak idle pastilah motor bakalan suaranya merdu dan bulat (selama busi masih firing ya), tapi coba kalau motor temen-temen idle? Apakah suaranya kayak naik turun? Enggak terlalu bulat? Masih brut..brut..brut..brut…brut?

Hal ini yang terjadi dengan Mas Moel aka Yamaha FZ6 Fazer S2. Memang jarum takometer pas idle stabil dan bagus di rpm 1100, tapi suara knalpot kok kayak berasa kurang oke idle atau langsamnya, ya gitu mesin berasa kayak masih pincang, masih batuk, gak sehalus dan setenang idle atau langsam mobil yang hanya “humming” atau mendengung “nguuuuuuuuuuunnnnnnnggggggggggg”.

Beruntung, Bang Aminsyahnur, punggawa Klinik Motor beberapa hari yang lalu memposting tentang FZ6 yang baru di sinkronisasi, plus, Bang Amin juga baru dapet Carb Tune, sebuah alat sejenis manometer untuk ngecek TB/Karbu motor kita sinkron satu sama lain apa enggak. Ah, oke lah, mumpung lagi ada kerjaan yang harus banget keluar, coba dimampirin ke bengkel bang Amin.

Contents

instagram

Villa Kanaya

19 COMMENTS

  1. Pangling ama suara mmblog. Ngeliat bentuk org ama suaranya kaya ga sinkron. Bayangan gua suara mmblog bakal ngebass, aslinya rada mirip motor gp125cc 2tak alias cempreng. Maapkeun bang ?

  2. Bikin artikel berburu moge bekas online/offline + harga + NP/FP + bengkel bang amin alamatnya dimana + beli sparepart dimana online/offline + pajaknya berapa

  3. Wah ternyata mesin 4 silinder itu penting juga mengatur kemampuan masing-masing karburator atau injektor di tiap throtel body nya ya, saya pikir pincang itu hanya krn matinya busi ?

  4. Mesin motor 4 silinder itu bisa diringkas jadi 2 silinder saja gak ya mas Vand? Namun tetapi tetap bisa asilkan tenaga n performa yang sama, syukur lebih. Zamanow sekarang ini perangkat dibikin kecil tetapi kinerja unggul n save energy.
    Cmiiw

  5. Ternyata suara vandra kayak gitu ya….,kayak ninja empat silinder tapi cc nya 125…..hahahaha

  6. Ni bengkelnya yg di jl haji mean ya. Deket banget dari rumah, kehalangin 5 apa 6 rumah doang. Dulu waktu masih tinggal di situ kalo lewat bengkelnya suka kepo sama moge moge nya. Waktu pertama kali lewat mah gak ngeh kalo itu bengkel moge. Pas lagi beli nasi di depan bengkelnya kebetulan lagi setting motor. Kaget kalo dalemnya banyak moge yg lagi di service. Hebat. . .

    • Itu haji mean aja jalan masjid mas? Iya emang bengkel rumahan tapi pasiennya kebanyakan moge.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here