Komparasi Honda CB400 Hyper Vtec Revo VS Yamaha XJR400R, Bukan Rival, Tapi BEST FRIEND!

19

Part 1

Pertama-tama, kita bahas tampilan visualnya dulu ya. kedua motor, baik XJR400 maupun CB400 ini adalah dua motor yang sudah mendapatkan update dari generasi sebelumnya. Honda CB400 Hyper Vtec Revo adalah motor standar yang desainnya sudah lebih lancip-lancip dibandingkan dengan pendahulunya (SF Vtec 1 terutama), perubahan paling ketara ada di bagian buritan, buntut, itu lebih lancip. Area tangki sepertinya juga kena sentuhan, tapi enggak terlalu signifikan. Desain Honda CB400 adalah desain yang humanis, ala Honda banget dah.

Kemudian Yamaha XJR400R, generasi 4HM yang kode keempatnya sudah pakai huruf bukan angka ini juga sudah mendapatkan perubahan yang signifikan dari sebelumnya. Tangki jadi berasa lebih muscular, sebelumnya berasa “Jepang” banget, kalau ini berasa lebih berotot dan gambot. Bagian buritan juga kena ubahan, terasa lebih lebar dan mengembang, stop lamp juga lebih runcing ketimbang pendahulunya yang hanya kotak miring. Desain Yamaha XJR400 bisa dibilang macho dan maskulin, kesan sportynya juga lebih kental.

Secara dimensi, kedua motor tampak serupa, tapi Yamaha XJR400 kalau diperhatikan, sedikit lebih besar dari Honda CB400. Tangki, mesin, buntut, terasa lebih lebar sedikit. XJR400 juga terasa lebih tinggi, temen-temen bisa lihat dari area depan, lebih tinggi XJR400 kan? Kayaknya sok XJR lebih panjang Sob. area belakang, terasa CB400 lebih padat di sini, karena ban dan peleknya lebih lebar ketimbang XJR400.

CMIIW ya, pelek dan ban CB400 adalah 4,5 Inci dengan ban 160, sedangkan XJR400 pakai pelek 4 inci dan ban 150, hmm, jadi pengen ganti pelek 😆 . kayaknya pakai pelek Yamaha FZS600 lawas, ukuran 5 inci bisa upgrade ban juga nih, secara bentukan juga sama-sama palang tiga dengan tulangan yang besar, hmm. Suspensi belakang, sama-sama dual shock, sayang XJR milik MMBlog udah gak pakai ori-nya yang OHLINS, kapan ya bisa beli OHLINS 😥 .

Contents

instagram

Villa Kanaya

19 COMMENTS

    • Biasanya karena heat flow dari angin radiator mas. Kalau heat flow nya bagus, bisa gak panas sama sekali

  1. Tampak depan, kuning=8,5 – hitam=8. Belakang, kuning=8,5 – hitam=8. Samping, kuning=8,5 – hitam=8. Visual mesin, kuning=8 – hitam= 8,5. Keseluruhan desain, kuning=9 – hitam=8. Rasa (baca yg punya blog), kuning=9 – hitam=8.. Jadi saya ga bisa menyimpulkan, lhaaa cuman lihat dari foto dan baca blog, punya kagak beli ga punya uang.. Yaaaahh cuma ngiler doang..

  2. Keren scorpionya om. Warna kuningnya serasi. Btw sebelahnya itu cb 400 ya? Mini moge tuh, bejaban juga ukuran scorpionya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here