Traction Control Di Yamaha N-Max 155 Connected, ABS, Safetynya Mantap

1
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, salah satu fitur yang beken dan menjadi standar di motor-motor CC besar dan berkaitan dengan safety adalah kontrol traksi, atau traction control. Banyak Sob, asli banyak, moge-moge keluaran sekarang yang menggunakan fitur ini sebagai standarnya. Bukan apa-apa, wheel spinning itu emang bahaya, dan fitur ini bisa membantu rider dan ngasih selamet! Nah, Yamaha juga punya fitur ini di motor besarnya!

Salah sati scooter flagship dari Yamaha, Yamaha T-Max adalah matic yang memiliki fitur ini. Di Yamaha, fitur ini diberi nama TCS yang merupakan singkatan dari Traction Control System. Eh, bukan Yamaha kalau tidak membenamkan fitur-fitur motor flagshipnya di motor-motor massalnya, Yamaha All New N-Max 155 terbaru, ternyata kebagian fitur ini Sob.

Villa Kanaya

Awalnya, pas launching bulan desember lalu, MMBlog dibuat kaget juga dengan fitur TCS yang dibenamkan di All new Yamaha N-Max 155 ini Sob. kaget karena fitur ini adalah yang pertama kali di motor 155 CC. Kaget juga, di awal harganya mungkin bakalan tinggi, tapi eh, masih relatif murah dan affordable lho. Terus, cara kerjanya gimana sih emang?

Bicara cara kerjanya, Traction Control System ini terkoneksi langsung dengan sensor speed yang biasanya ada di bagian piringan cakram Sob. Kemudian segala data dan informasi dikirimkan ke otak elektronik yakni ECU (Engine Control Unit). Nah contohnya nih, ketika motor digeber dan sensor membaca ada kemungkinan hilangnya traksi ban pada aspal, secara otomatis Traction Control akan mengirim sinyal, bahwa ada putaran berlebih pada ban ke sistem ECU. Kemudian ECU akan memerintahkan sistem, untuk menyelaraskan kembali putaran rasio mesin, antara roda depan dan roda belakang agar potensi slip bisa diminimalisir. Chakep!

Tau sendiri Sob, di beberapa ruas jalan negeri tercinta ini masih ada jalanan yang berpasir, becek, dan licin. Ini bisa banget jadi potensi ban spin dan gak dapet traksi, dan ujung-ujungnya bisa ngesot terus gubrak. Dengan TCS ini, semuanya jadi aman dan bisa diminimalisir. Nah, gimana menurutmu Sob? mantap kan?

instagram

Villa Kanaya

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here