Tempat Wisata Bandung Ramah Difabel yang Layak untuk Dikunjungi

0
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, Tak ada yang meragukan kualitas Bandung untuk menjadi tempat tujuan wisata terbaik di Indonesia. Sayangnya, masih agak sulit menemukan tempat wisata Bandung ramah difabel. Kebanyakan masih didesain untuk wisatawan yang normal.

Nah, buat kamu yang butuh rujukan untuk tempat wisata ramah disabilitas di Bandung, kamu bisa simak artikel berikut.

Villa Kanaya

1. Maribaya Natural Hot Spring Resort

Hybrid and Photograph by Dikdik

Rasanya sedikit yang belum pernah mendengar nama Maribaya Lodge sebagai tempat tujuan wisata di Bandung. Wahananya yang agak ekstrim dan berada di ketinggian sering menjadi tempat mendapatkan foto yang menarik.

Namun, karena posisi dan wahananya yang agak ekstrem tersebut juga menjadikannya kurang ramah difabel. Siapa sangka bahwa agak ke bawah, terdapat tempat wisata Bandung ramah disabilitas.

Yup, Maribaya Natural Hot Spring Resort dapat menjadi pelarian bagi difabel yang ingin berwisata ke Maribaya. Meski beberapa mungkin tidak terlalu cocok, tapi disana terdapat pemandian air panas. Terlebih lagi, berbagai jalurnya bisa dijelajahi dengan mudah oleh penyandang disabilitas.

2. Fairy Garden

Masih di Maribaya, Owner Maribaya Lodge, tampaknya aware dengan masalah bagi difabel ini. Maka dengan sengaja ia membuat Fairy Garden, tepat di depan The Lodge Maribaya.

Berbentuk semacam kebun yang luas dengan tanaman dan bunga-bunga yang didesain indah, ini merupakan tempat wisata Bandung ramah difabel. Mulai dari jalan, gerbang, hingga toiletnya terdapat khusus yang didesain untuk para penyandang disabilitas.

3. Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi atau dikenal dengan Baksil merupakan salah satu hutan kota kebanggaan kota Bandung. Tak hanya lingkungannya yang asri dan teduh, tempat wisata Bandung ini juga bisa disebut ramah difabel.

Paling jelas bisa dilihat dari desain Baksil Skywalknya. Hampir setiap sudut dari Baksil Skywalk bisa dikunjungi dengan menggunakan kursi roda. Ini karena jalur hijaunya memang sengaja didesain tanpa tangga sehingga ramah difabel.

Meski ada beberapa tempat yang menggunakan tangga, tapi dapat dicapai dengan akses memutar lewat tempat lain. Jadi bagi yang mencari tempat wisata untuk penyandang disabilitas di Bandung, sangat cocok berkunjung ke sini.

4. Taman Lansia

Taman Lansia memang tidak didesain secara khusus untuk penyandang disabilitas, melainkan untuk tempat para lansia berwisata dan bersosialisasi. Keteduhan dan banyaknya tempat berkumpul menjadi kunci dari taman ini.

Karena beberapa ciri yang serupa antara lansia dan difabel (misal, kursi roda), taman ini bisa jadi taman yang ramah difabel. Setiap sudut taman dapat dicapai dengan mudah tanpa harus naik turun tangga.

Ditambah pemandangan dan lanskap yang bagus, cocok sekali bagi siapapun untuk bercengkrama dan bersosialisasi di sini.

5. Taman Bunga Nusantara

Terletak di Bandung Barat, Taman Bunga Nusantara menjadi satu tempat wisata ramah untuk penyandang disabilitas. Tidak terdapat terlalu banyak tangga di sini. Jalannya dapat dicapai dengan mudah karena berupa taman yang sangat luas.

Memang ada beberapa tempat yang perlu menggunakan tangga untuk mencapainya. Tapi ada jauh lebih banyak tempat yang dapat kamu kunjungi meski sambil duduk di kursi roda.

Tempat duduknya pun lumayan banyak, jadi kamu dapat beristirahat di tempat manapun di sudut taman saat merasa lelah. Untuk penyandang disabilitas, akan sangat mengasyikkan menikmati keindahan taman tanpa harus susah payah.

Nah, buat kamu yang butuh transportasi ke tempat wisata Bandung ramah difabel tersebut, kamu dapat menggunakan layanan TRAC. Ada beragam pilihan mobil termasuk yang luas dan ramah terhadap penyandang disabilitas. Dijamin kamu nggak akan kecewa.

instagram

Villa Kanaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here