Pengalaman Bikin SIM di Satpas Daan Mogot, 4 Kali Datang Baru Dapat!

24

Gagal Ujian

Waktu yang dikasih 15 menit pas untuk 30 soal. Satu soal dikasih waktu 30 menit. Hasilnya? Ambyar Sob 😆 , ternyata MMBlog hanya betul 20 dari 30 soal. Minimal kalau mau lulus, kudu benar 21 dari 30 soal. Lemas, sedih, kecewa, dan kudu ngulang bebas harinya selama 2 minggu ke depan. Ah sudahlah, asli, lemes banget, pulang tangan kosong dah. Sampe rumah, MMBlog browsing, dan akhirnya nemuin soal-soal tadi di Youtube, nih MMBlog kasih link videonya: pelajari aja tuh, ada banyak model, tapi ya gitulah garis besarnya, sebenernya sih asli gampang Sob, yang penting jangan teledor aja.

Oke, seminggu kemudian, MMBlog dateng lagi. Kali ini gak perlu bayar, langsung ke ruang uji teori, dan langsung ujian. Pelan-pelan, santuy, wih, akhirnya lulus dengan benar 28 dari 30 soal, ada dua yang salah, itupun salah satunya karena terlalu fokus sehingga waktu 15 detik habis, wkwkwk. dari sini, langsung ke tempat uji praktek masbro, sedap! Loket 7 namanya, kita unjukin dokumen kita, terus ambil form, dan isi, kasih ke petugas/penguji di lapangan dan tunggu dipanggil.

Uji praktek ini, ada briefingnya, ada demonya oleh yang gagal sebelumnya alias ngulang. Jadilah MMBlog pantengin. Materi pertama ternyata harus konfirmasi keselamatan dengan tengok kanan, kayak safety riding sih nih, sebelum jalan intinya kudu begini. ada trek lurus, lari 30 km/jam, berenti dibelakang tulisan STOP, tengok kanan, jalan lagi. Baru jalan dikit, udah berenti, dan tengok kanan lagi, maju dikit, ada putaran balik gitu tapi lebar untuk masuk ke materi ke dua, zigzag. Sama, berenti dan tengok kanan lagi. Masuk zigzag kecepatan awal 10kpj, dan di akhir kudu bejek gas sampai 30 kpj, weh susah 😆 , abis itu, berenti tengok kanan lagi. Materi ke tiga buat angka 8, kecepatan gak diitung. Abis angka 8, langsung U Turn di putaran yang super sempit. Baiklah, gaspol! Masa iye sering ikut pelatihan safety riding gini aje kagak bisa?

Contents

instagram

Villa Kanaya

24 COMMENTS

  1. Oh sekarang ujian prakteknya tambah banyak ya mas, seinget saya dulu hanya 1 tahap aja. Untungnya saya masih inget perpanjang bulan kemarin hehe bisa bolak balik bikin SIM nih kalo tesnya lengkap gitu wkwk

  2. denger2 kalo udah 3x gagal praktik langsung dianggap lulus (salahnya masih bisa ditoleransi)
    btw sim yg baru kenapa masa aktifnya nggak sesuai tgl lahir ya? jadi susah inget2nya apalagi kemarin habis perpanjang majunya seminggu lagi

    • Waduh iya! Masa berlaku sim baru ku juga maju seminggu dari tanggal lahir.
      Semoga 5 taun ke depan ga keburu lupa tanggal nya.

  3. Senasib mas van,, ayy 2x gagal teori dan 2x gagal praktek,,

    waktu gagal praktek juga sama dibilangnya pas zigzag kecepatannya kurang,, ngeri” sedap kudu zigzag dengan kecepatan 30km/jam ngelewatin cone yg jaraknya cuma 2 meter apalagi waktu itu abis turun ujan,,

    btw tau dari mana yak keceptan kita kurang??

    • Nah, itu dia, kayaknya asal lihat aja mas pengujinya, kalau speed gak ditambah ya gak 30, mungkin kali ya, soalnya saya pas di aspal yang ada tulisan 30 saya bejek aja sebisanya

  4. Hmm, memang di sana tes prakteknya boleh pakai motor sendiri? Satpas di daerah saya (Gresik) pilihan motornya cuma Yamaha Vega R untuk tes prakteknya.

  5. mas, Thanks ya penjelasannya. saya baru juga ikut tes di tahun 2022 ini. 2 kali tes teori baru lulus (harusnya persiapan jauh sebelum ujian yg pertama kali itu). di youtube banyak banget pelajaran dan kisi2 ujian yg bakal muncul.
    nah trus ujian masih sama persis yang dibilang… cuma mau tanya sedikit pas di uji kecepatan itu klo pke motor bebek itu untuk kecepatan 30km apa harus langsung gas gtu 30km? dan pakai gigi berapa baiknya?
    mohon dibantu jawab ya mas. Thanks

    • Langsung geber sampe 30 km/jam aja, nanti mereka yang terka2 speednya bener atau enggak. Btw, terima kasih kembali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here