Pengalaman Bikin SIM di Satpas Daan Mogot, 4 Kali Datang Baru Dapat!

22
Limited

Intro

Sobat MMBlog sekalian, sebagai pengendara sepeda motor yang sering mobile, MMBlog saranin agar temen-temen rajin-rajin lihat SIM di dompet. Lihat masa berlakunya Sob, apakah masih aktif, atau sudah kadaluarsa. Ya, yang kayak terjadi sama MMBlog, gak nyadar, ternyata SIM MMBlog udah mati selama beberapa bulan. Itupun karena MMBlog ngeceknya karena Bos JuraganWP mamerin SIM barunya, dan pas MMBlog lihat SIM, walah, udah kebablasan 🙁 , mau gak mau ya kudu bikin baru.

Oke, terima konsekuensi, bikin baru lah. mau enggak mau ya ke satpas Daan Mogot. MMBlog berangkat pagi-pagi dari rumah, dan butuh waktu 40 menit untuk sampai ke TKP. Sampai di TKP, parkir motor, dan tanya sana-sini, kita kudu fotokopi KTP dulu, bayar goceng, terus ke loket tes kesehatan, bayar 25ribu. Tes kesehatan, tes mata doang, sama ditanya golongan darah. Lulus, abis itu ke loket, bayar asuransi 30 ribu, oke deh.

Nah, selesai di loket yang deket parkiran motor ini, MMBlog langsung jalan ke gedung utama. Wah, gedungnya udah beda Sob. MMBlog terakhir ke sini lima tahun lalu, udah makin rapih dan makin gedongan. Masuk gedung, bayar untuk daftar, 100ribu. Isi form, dan langsung ke loket legalisir, dan dilanjut ke loket komputer, di sini ada verifikasi data gitu. oke selesai disini, langsung di giring ke loket foto.

Lho, kok loket foto? Gumam MMBlog? Kok foto duluan? Biasanya belakangan? Mikir, jangan-jangan gak perlu test nih? sama aja kayak perpanjang karena SIM MMBlog kan mati, ah semoga! Eh abis foto, gak taunya disuruh ke ruang uji teori, wkwkwkwk. Yaudah, ikut test teori dah. Tes teorinya di ruang komputer, udah gak perlu lagi alat tulis, tinggal klik mouse aja. Di sini MMBlog sempet ceroboh dan kecele. Ternyata peserta harus pakai earphone untuk denger pertanyaan dan arahan terkait video/gambar yang ada di monitor, di awal-awal soal dari 30 soal, MMBlog dengan sotoy-nya ngeklik-ngeklik aja. Oia, jawabannya hanya BENAR atau SALAH.

Contents

instagram

22 COMMENTS

  1. Oh sekarang ujian prakteknya tambah banyak ya mas, seinget saya dulu hanya 1 tahap aja. Untungnya saya masih inget perpanjang bulan kemarin hehe bisa bolak balik bikin SIM nih kalo tesnya lengkap gitu wkwk

  2. denger2 kalo udah 3x gagal praktik langsung dianggap lulus (salahnya masih bisa ditoleransi)
    btw sim yg baru kenapa masa aktifnya nggak sesuai tgl lahir ya? jadi susah inget2nya apalagi kemarin habis perpanjang majunya seminggu lagi

    • Waduh iya! Masa berlaku sim baru ku juga maju seminggu dari tanggal lahir.
      Semoga 5 taun ke depan ga keburu lupa tanggal nya.

  3. Senasib mas van,, ayy 2x gagal teori dan 2x gagal praktek,,

    waktu gagal praktek juga sama dibilangnya pas zigzag kecepatannya kurang,, ngeri” sedap kudu zigzag dengan kecepatan 30km/jam ngelewatin cone yg jaraknya cuma 2 meter apalagi waktu itu abis turun ujan,,

    btw tau dari mana yak keceptan kita kurang??

    • Nah, itu dia, kayaknya asal lihat aja mas pengujinya, kalau speed gak ditambah ya gak 30, mungkin kali ya, soalnya saya pas di aspal yang ada tulisan 30 saya bejek aja sebisanya

  4. Hmm, memang di sana tes prakteknya boleh pakai motor sendiri? Satpas di daerah saya (Gresik) pilihan motornya cuma Yamaha Vega R untuk tes prakteknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here