Cerita Mobil, 23 Tahun Menggunakan Isuzu Panther

38
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, jarang-jarang MMBlog bahas tentang mobil :mrgreen: . selain karena emang gak terlalu ngerti, ya kagak terlalu passion juga sih :mrgreen: . tapi, ada yang menarik. Beberapa waktu lalu, sempat ramai tentang berita akan didiscontinue-nya mobil legenda Indonesia, Isuzu Panther. Mobil yang sudah menemai rakyat Indonesia selama puluhan tahun, dan keluarga MMBlog juga sudah menggunakan mobil ini selama 23 tahun, mulai tahun 1997 sampai sekarang.

Cerita keluarga MMBlog berkendara dan memelihara Panther amat sangat panjang Sob. MMBlog cerita tentang mobil panther pertama MMBlog adalah panther yang lampunya kotak. Mobil ini dulu warnanya MMBlog inget banget, ijo kebiru-biru-an, platnya pun masih inget kok, B 2424 TJ :mrgreen: . mobil ini bisa dibilang sebagai panther yang tarikannya maknyuss banget! Keluarga paling jauh bawa ini mobil ke Palembang. Kalau keliling pulau jawa mah jangan ditanya udah berapa kali :mrgreen: .

Villa Kanaya

Oia, panther ini dibeli seken ya Sob.

Kemudian, di tahun 2003, akhirnya Panther lawas ini harus dipindah tangankan, ceritanya ganti mobil, tapi tetep, Nyokap yang lebih sering pakai mobil ini, pengennya panther, akhirnya di belilah Panther Touring berwarna krem ada abu-abunya. Wih, ini mobil pas barunya mantep banget Sob. nyaman, lega, mesin halus, tarikan? Agak letoy, kalah lah sama yang sebelumnya biarpun modelnya kerenan ini kemana-mana :mrgreen: . sama, mobil ini juga udah melang-lang Indonesia, hingga tahun 2010, akhirnya Panther touring inipun dilepas dengan odometer hampir 450 rebu 😆 .

Lagi dan lagi, Nyokap ternyata sama sekali gak bisa Move on dari Isuzu Panther. Melihat daya tempur Panther Touring yang gak sehebat pendahulunya, jadilah dibeli panther yang non touring, high grade ya kalau gak salah? Warna hitam, mobil ini juga barunya mantap banget! Nyeesss! Tarikannya lebih yahud! Setir enteng agak goyang-goyang, wkwkwk, dan suspensinya empuk bener :mrgreen: , sampai tahun 2019, akhirnya mobil ini dilepas tangankan (350 ribu km) di ganti oleh …. (masih isuzu juga, nanti MMBlog review deh yak :mrgreen: ada yang bisa tebak?)

Luar biasa emang Isuzu Panther. Ini mobil tahan banting, jalanan ancur sikat, banjir terjang, tapi nyokap selalu service di BERES dan teratur. Biaya service mulai 900 ribu sampai 2 jutaan, tau dah ini murah apa kagak, yang jelas buat mobil yang digunakan pure untuk nyari duit hardcore sih ikhlas-ikhlas aja keluar segitu buat perawatan. Oia, solarnya selalu pakai Bio Solar atau solar busuk yak 😆 , gokil dah, hemat bener perkara BBM mah ini mobil.

Gimana Sob? ada yang punya pengalaman juga dengan Isuzu Panther? Ah, semoga aja ini mobil gak didiskontinue ya. gak akan ada gantinya nih mobil!

instagram

Villa Kanaya

38 COMMENTS

    • Emang, apalagi harganya, kata ibu saya ama sales atau orang dealer : “heran saya, mobil jelek gini aja mahal” wkwkwkwk

  1. Pengen sebenernya piara panther. Tp apa daya bokap dulu ga doyan solar dan dapet bini yg jg pusing nyium bau solar.

    Tp sama kayak kang Vandra, saya masih piara kijang kapsul 1997 peninggalan bokap dari baru dulu.

  2. Pernah panther dan innova diesel, tapi panther punya rasa yg berkesan, meski kalau nyetir badan mesti fit. Semua komponen dashboard dan pengoperasiannya terasa keras dan solid, kecuali setirnya yg sangat toleran (di goyang2 tetap lempeng)

  3. Q gk pernah bs move dari panther. Dah 5th q pake, jln kasar, naik, jauh ls turbo fk pernah nolak, n iritnya solar busuk itu lho…

  4. Q gk pernah bs move dari panther. Dah 5th q pake, jln kasar, naik, jauh ls turbo gk pernah nolak, n iritnya solar busuk itu lho…

  5. Piara HS 2.5 97 lumayan irit perawatan.
    Sparepart terjangkau dan bengkel banyak yang bisa. Yang penting rutin ganti oli, filter oli, filter solar, bersihin filter udara, sedimen solar dan purging, ini juga bisa dilakuin sendiri.
    Kalau mitos bearing sering jebol sepertinya jarang terjadi yang penting pakai bearing ori nya saja. Umumnya karena suspensi empuk jadinya main hajar jalan rusak.
    Akhirnya lama2 juga hafal sama penyakitnya si kucing.

  6. Karena sudah bosan dengan panther, diganti oleh isuzu “Tiger”…. 2000cc kuat nanjak, bertaring, dan mengaumm….hehe

  7. Ini pengalaman pribadi, sy pakai panther thn 2002 pd thn 2005 sampai thn 2015 (11thn). Sy pakai panther yg terutama utk urusan pekerjaan (dan kedua, utk urusan keluarga). Sy pakai panther itu utk perjalanan dikerjaan sy di pulau jawa dan sumatera (dari lsmpung s/d Sumut) disepanjang 11tahun itu, dpt dibayangkan betapa bandelnya panther sy itu. Mmg sy sdh modifikasi dibbrp bagian, tetapi maintenace rutinnya tdk mahal, bahkan sgt mudah dan tdk pernah rewel, bila kita disiplin merawatnya, walau mmg dlm soal teknology dan horsepower nya tdk sebesar cc nya. Overall, bisa sy recomendasikan…

  8. Saya Sdh ke 4 kali selalu ganti panther……mahal karena memang material terutama bagian mesin dirancang untuk tahan banting…kerja berat dan pemakaian dlm jangka wkt sangat lama…..kalo yg lain pake gimmick serba electric teknologi kekinian….tapi panther tetap setia mesin konvensional…..

  9. Saya Sdh ke 4 kali selalu ganti panther……mahal karena memang material terutama bagian mesin dirancang untuk tahan banting…kerja berat dan pemakaian dlm jangka wkt sangat lama…..kalo yg lain pake gimmick serba electric teknologi kekinian….tapi panther tetap setia mesin konvensional…..

  10. Piara panther kapsul udah 5 thn ga serpis. Pling cuma ganti oli minyak sam filter. Kemarin pp jkt boyolali 1200km cuman bayar solar busuk 425rb…cring cring ?

  11. Tahun 2012 ane piara panther second LS 2008, ortu pelihara mobil sejuta umat baru, harga keduanya kurang lebih sama.
    Tahun 2020 ane masih pelihara tu panther LS karena mesinnya badak, selama 8 tahun ganti oli, filter oli, filter solar, sama ban doang, lha mobil sejuta umat ortu udah dijual karena mulai sering jajan.

  12. Panther kotak e persis sama mobil kantor sy dl mas Van, pernah putus kopling d tol juga, buat angkut2 segala macem sampe ane tumpuk diatas (showcase pakaian) kagak ada rewel2nya???

    Disiksa nanjak2 dipuncak padahal handrem nya lg rusak gas rem gas rem tp herannya ini mobil hayuk2 aja.
    D best dah pokoknya ini mobil

  13. panter oh panter … mobil idaman kuat di segala medan , enak dijalan rusak , dan dieselnya keren sama kayak trek , salah satu mesin tempur andalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here