Tangguh! Mesin 155 CC VVA dan Bluecore Terbukti Memang Dapat Diandalkan!

11
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, sebagai pengendara sepeda motor di Indonesia, sudah seharusnya kita memilih motor yang tangguh dan terpercaya. Bukan apa-apa, kontur di Indonesia itu lumayan keras Sob. belum lagi, kondisi lalu lintas terlebih di kota besar, relatif macet dan membuat mesin bekerja extra effort. Motor di Indonesia adalah kebutuhan, alat buat nyari duit, partner kerja, dan juga hobi. Di sini, Yamaha memberikan varian motor dengan teknologi Bluecore dan VVA!

Bluecore, adalah sebuah teknologi yang diciptakan Yamaha untuk penyempurnaan terhadap mesin-mesin yang sudah ada. Intinya ada di penyempurnaan di sistem pembakaran masbro. Sehingga konsumsi bensinnya bisa lebih irit, tapi motor jadi lebih bertenaga. Ada beberapa part di optimalkan, seperti mengganti tipe ruang bakarnya yang dari pen floor yang mirip atap rumah, menjadi hemispherical (combution chamber) atau setengah lingkaran.

Villa Kanaya

Contoh lainnya adalah bahan logam pembentuk silinder yang sudah dialihkan menjadi aluminium atau yang dikenal dengan forged piston dan diasil silinder. Lebih enteng dan lebih adem karena pelepasan panasnya juga lebih baik, belum lagi kipas pendingin yang digunakan di motor-motor Bluecore Yamaha juga besar dengan sirip pendingin yang tipis dan banyak, makanya juga nih Sob, garansi mesinnya juga enggak main-main, sampai lima tahun!

Untuk variannya, ada Yamaha Mio M3 125, Yamaha FreeGo, Yamaha Mio S, Yamaha All New Soul GT, Yamaha Fino 125, Yamaha Lexi, Yamaha Aerox dan Yamaha N-Max. Nah, khusus yang tiga terakhir, Yamaha Lexi, Yamaha Aerox, dan Yamaha N-Max, selain Bluecore, motor ini juga dibenamkan fitur VVA yang bikin tarikan jadi nampol atas bawah, mantap!

VVA atau Variable Valve Actuation adalah fitur yang membuat kerja klep menjadi lebih efisien dan membuat motor lebih ngacir! Sensasinya berasa pas motor-motor matic maxi Yamaha ini digeber di rpm 6000-an ke atas, tenaganya berasa enggak putus-putus Sob! MMBlog lumayan familiar dengan Yamaha Aerox, asli, ini motor emang enak banget tarikannya! Ngomongin ketangguhan, byuuhh, gak perlu di ragukan lagi, Yamaha N-Max 155 VVA adalah motor matic yang digunakan oleh Pak Lilik dan puteranya Balda, untuk touring Jambil – Mekkah untuk Umroh selama 8 Bulan dan puluhan ribu kilometer!

Oia, perkara lampu Indikator menyala seperti yang terjadi belakangan ini di segelintir unit, seperti yang MMBlog kutip dari Blog Wak Haji TMCBlog, ternyata itu adalah Setup Default dari CPS-P0335 yang “ON” di batch pertama, di batch selanjutnya dipastikan untuk N-Max yang keluar dari pabrik, defaultnya sudah “OFF”, jadi gak ada lagi deh lampu Mil nyala, mantap! terus, pas service pertama untuk yang batch pertama, bakalan dipastikan juga nanti teknisi juga akan memastikan setup notifikasi ini berada pada posisi “OFF”, amaaaan!

Gimana Sob? semoga enggak ragu dan jadi mantap lah ya buat milih motor matik! Oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

instagram

Villa Kanaya

11 COMMENTS

  1. Seandai nya ada Lexi 155 , ketinggian jok dikurangi biar lebih rendah sekitar 2 ~ 3 cm, tangki BBM di tambah jadi 6 liter.

    Semakin moncer jualan Lexi nya

  2. Design juga perlu di sempurna kn…seenggaknya survei dulu pada selera pasar no 3 dunia ini…klw mesin udah oke design mulai kurang oke silahkan ikuti nasib Suzi…

  3. Lexi desainnya nggak banget coba masukin smax ato force untuk maxiscoot dek rata..ya kalo ga dpt lisensi dr yamaha taiwan paling ga desainnya dimirip2in

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here