BMW F900XR, Debut XR Entry Level, Bakalan Hebat?

5
Limited
SYM MMBlog

Sobat MMBlog sekalian, temen-temen inget dengan motor konsep BMW yang bernama BMW 9Cento? Motor ini adalah motor konsep dari BMW yang diperkenalkan ke publik beberapa tahun lalu. Konsepnya adalah motor sport touring, motor adventure, yang menggunakan mesin pararel twin khas BMW yang dulu pakai Rotax, sekarang pakai Loncin. Nah, ternyata, tahun ini, konsep BMW 9Cento diwujudkan ke motor massal, dan motor itu bernama BMW F900XR!

BMW F900XR, adalah sebuah asa BMW agar kode XR bisa semakin terkenal dan semakin membumi. BMW juga berani ambil resiko dengan motor ini Sob, kenapa? Ini berbenturan langsung dengan F850GS-nya lho, bedanya mesinnya di bore-up dikit, kalau BMW F850GS kubikasi bersihnya 853 CC, ini bengkak dikit jadi 895 CC. Bedanya lagi, ini motor lebih punya taste sport touring, ketimbang enduro adventure ala BMW GS, ya emang itu positioning “XR”.

Villa Kanaya

Ngomongin motornya sendiri, sebenernya lumayan keren dan istimewa. Mesin dua silinder-nya itu bisa mengerluarkan tenaga hingga 105 daya kuda di rpm yang enggak tinggi-tinggi amat, sekitar 8750 rpm. Gak malu-maluin, BMW F900XR juga punya dua mode berkendara Rain atau Road, lumayan banget dong. Elektroniknya juga gak hanya itu aja,  ada Dynamic Traction Control (DTC), ABS Pro, Dynamic Brake Control (DBC) dan Engine Drag Torque Control (MSR).

Ngomongin desain, BMW F900XR adalah motor yang bisa dibilang sebagai motor yang punya garis desain mirip dengan sang kakak, BMW S1000XR. Area depan, front cowl-nya tinggi, setangnya juga tinggi, ada dual headlamp yang pastinya udah LED. Suspensi depan pakai USD, pastinya juga, Brembo radial mah udah jadi standar. Joknya tandem, khas motor touring. Mesin tampak tak terlalu terekspose, hanya terlihat ada dua header yang menandakan kalau motor ini dua silinder.

khas motor BMW Mid Level, penggeraknya pakai rantai, dan kayaknya belt udah mulai ditinggalkan ya sama BMW, untuk yang kopel sih kayaknya hanya di varian boxernya aja Sob.

Menarik sih BMW F900XR (walaupun kalau lihat di foto kok kayak motor diecast 😆 ), tapi yang kayak MMBlog bilang di awal, ini motor bakal langsung head to headnya sama BMW F850GS, platform mesinnya sama euy, posisi riding juga paling beda tipis. Beda sama BMW S1000XR, ini punya liganya sendiri, karena menggunakan mesin superbike 1000 CC empat silinder. Gimana? Masuk Indonesia auto laku apa jadi penghuni gudang, atau dijual ke dishub nih? oke deh, silahkan temen-temen intip galerinya ya! sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

instagram

Villa Kanaya

5 COMMENTS

  1. Halo bang vandra, pa kabar?
    Udah lamaa yee.. Komen ah..

    Artikel moge khas bang vandra lebih saya tunggu2

    Asli ini komen pertamax di tahun 2019!! Hampir 2 tahun cuti komentar Wkekekek

    Sehat2 bang dan always mbrojolin artikel moge2 terbaru

    Oh ya itu motor ninja 1000 SX 2020 yg terbaru blm ada yg angkat, coba dibikin artikelnya mang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here