Seberapa Pentingkah Upgrade Pengereman?

8
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, salah satu perangkat di motor yang sangat penting dan vital menurut MMBlog adalah perangkat pengereman. Tanpa rem, pastinya nothing lah berkendara, apapun, mau motoran atau mobilan. Nah, pabrikan, pada umumnya sudah memberikan perangkat pengereman default di motor-motor produksi mereka dengan performa yang cukup. Tapi ada beberapa rider yang mengganti atau upgrade, emangnya sepenting apa sih?

MMBlog udah pernah dan lumayan banyak lah jajal motor, MMBlog coba kasih pendapat ya buat motor-motor yang berdasarkan tipe dan CC-nya.

Villa Kanaya

Matik dan Bebek entry level

Matik dan bebek entry level bisa dibilang sebagai motor operasional. MMBlog bilang sih perangkat pengereman sama performa motornya udah sebanding lurus. Gak diupgrade pun enggak apa-apa, udah cukup pakai banget. Hanya saja, perawatan dan pengecekan tetap kudu dilakuin dengan rutin. Seal master rem, kampas, dan cakramnya biasanya kalau buat harian cepet “kenanya”. Untuk bebek tromol belakang, kudu rajin dibersihin sih.

Motor sport 150 CC

Motor sport 150 CC juga udah dikasih perangkat pengereman yang berbanding lurus dengan performanya. Tapi kalau mau diganti juga gak apa-apa sih, biar gregetnya nambah. Biasanya di sektor selang rem atau brake line-nya aja, ganti braided pake merek lokal udah oke juga.

Motor Sport 250 CC

Motor sport 250 CC baiknya menurut MMBlog sih diupgrade pengeremannya. Gak usah muluk-muluk, ganti brake line braided dan kampas rem dari merek ternama aja sebenernya udah cukup. Master rem juga kalau ada budget boleh diganti, gak perlu yang terlalu mahal, pake copotan punya moge juga udah oke.

Moge-moge

kalo begini sih gak usah diganti 😆

Moge-moge menurut MMBlog harus dan kudu diupgrade. Beberapa moge malah dikasih perangkat pengereman yang basic. Kayak ER6n dan Suzuki GSR, ini master remnya cepet bagel, seal master remnya cepet kena. Upgrade master rem pakai punya copotan supersport/superbike yang radial, ganti brake line dengan braided, kampas rem dari merek ternama, ngerem jadi lebih nyaman dan lebih aman.

Kalau mau ganti kaliper atau master yang mahal banget gimana? Ya silahkan Sob :mrgreen: . opsi yang MMBlog tawarkan di atas adalah opsi yang secara harga value, tapi hasilnya optimal. Gimana menurut temen-temen? Perlu gak upgrade pengereman?

instagram

Villa Kanaya

8 COMMENTS

  1. Untuk sport 150cc perlu upgrade om, paling tidak selang ganti yg braided
    Pernah kejadian waktu touring jalanan turunan rem sempat blong, setelah itu ganti selang yg braided sudah aman jarang blong kondisi kampas masih standar
    Kalau mau ganti kampas malah lebih bagus lagi sekalian ganti discbrake yg berfloating
    Yg mau upgrade full dari tabung sampai kaliper lebih baik yg ori jangan pake kawe2, eman2 nyawa
    Lebih baik standar pabrik dibanding kawe2 brand kondang

    • yang paling sering terlewatkan bagi orang banyak sih minyak rem, minyak rem 1 setengah tahun itu sudah keruh nget, dan banyak orang masih mangut mangut pakai minyak standar dr pabrik, pabrik kasih dot 3 ya pakainya dot 3,padahal dot 4 sudah murah, kalau budget lebih pakai dot 5. rem blong biasanya minyak rem nya sudah banyak kandungan airnya jadi gampang mendidih, padahal kurasnya gampang sekali. ga perlu pakai bleeding kit juga bisa.

    • @josmarkonjos
      jangan pake DOT 5, kalau mau di atas DOT 4 pake DOT 5.1 karena bahan dasarnya sama. DOT 5 biasanya enggak cocok sama seal-seal karet sistem pengereman yang didesain untuk DOT 3/4

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here