Paten Mesin Dengan Layout Unik Suzuki, Bakal Jadi Next RMZ?

10
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, di media online luar negeri, sedang ramai dibicarakan mengenai patent motor Suzuki yang nampak lumayan unik dan mencengangkan. Posisi mesin dari gambar paten dan blueprint ini terlihat enggak biasa. Posisi head, dan gearbox mesin unik, posisi silinder head, sejajal dengan rangka motor, dan gearbox-nya ada dibawah, hmm.

Desain mesin begini mendapatkan dugaan keras bahwa akan memiliki keunggulan dalam sisi kekompakan, dimensi. Jarak sumbu roda, otomatis bisa jadi lebih pendek, groung clearance juga jadi lebih tinggi, praktis ayunan sok depan jadi lebih lega dan lebih enak. Tetapi, belum fix dan belum pasti, bahwa ini akan digunakan di motor apa, namun demikian, ternyata udah ada pabrikan yang membuat motor dengan mesin begini.

Villa Kanaya

Apa itu Mas? Husaberg! Lebih tepatnya Husaberg FE450 dan Husaberg FE570!

“Mesin dari Husaberg FE450 dan FE570 ini mempunyai mesin satu silinder SOHC dengan sudut konfigurasi 70 derajat. Mesin ini mampu memberikan top performance, kekuatan dan reabilitas. Pastinya, dengan crankshaft yang diletakkan dekat center or gravity, handling motorpun jadi maksimal. Dan ternyata mesin 70 derajat ini tidak hanya memaksimalkan sentralisasi bobot, tapi memindahkan tekanan giroskopik crankshaft lebih ke center of gravity. Dengan demikian, layout blok cylinder benar- benar datar. Ground clearance-nya ikut dinaikkan.” Seperti yang MMBlog kutip dari Aripitstop.com, blog idola MMBlog 👿 .

Wah, setelah mesin twin turbo ala recursion yang makin serius, gak taunya Suzuki juga akan bikin mesin begini? semoga Inovasinya jalan teruusss! Kapan yah bisa test ride! Unik ini motor! Kemungkinan besar, ya akan dipakai di motor trail lah bagusnya. Kalau saat ini mungkin Suzuki RMZ sudah terlalu lawas, dan betah dengan mesin SE-nya, maka gak ada salahnya mesin baru ini dicangkokkan di motor trail high performance dari Suzuki. Oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

instagram

Villa Kanaya

10 COMMENTS

  1. kalo suzuki mesin sejajar rangka perimeter..husaberg mesinnya dibawah rangka..kita liat klo mesin suzuki dah jadi handlingnya bagus mana

  2. klo liat kasat mata, sperti nya titik gravitasi nya akan makin tinggi, dan umum nya klo titik gravitasi tinggi bukannya makin berat feel motor nya mas? kira2 pengaruh ke agility nya gmn yah..?

    • Nah, itu dia mas, ada konsekuensinya. Setuju malah kalau makin tinggi mesin, jadi makin kikuk manuvernya karena berat. Ya kita pantau aja bareng bareng mas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here