Moge Mahal, Itu Karena Lo Gak Punya Duitnya #SobatMisqueen, Benarkah Begitu?

13
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, stereotipe moge atau motor gede di Indonesia itu mahal, mewah, dan identik dengan yang namanya kekayaan. Belakangan ini, di kalangan milenial, sering ada pandangan kalau moge itu sebenernya enggak mahal, kalau lo punya duit-nya, yang bilang mahal, itu karena lo gak punya duitnya #SobatMisqueen. Hmm, benarkan begitu, kalau menurut MMBlog sih ya.

I donโ€™t think so

Villa Kanaya

The truth, faktanya, harga moge baru di Indonesia itu emang mahal kok. seperti contohnya, Honda CB650R, yang dihargai 265 Juta Rupiah. Emang harga segitu praktis murah bagi yang punya duit sekalipun? Enggak juga sih, MMBlog tahu seorang yang punya duit, punya perusahaan yang main-nya ekspot-impor, plus, doi juga anak motor. Kepincut dengan Honda CB650R dan pengen beli, begitu tahu harganya, mikir dan mundur pelan-pelan.

Karena apa? Ya mahal-nya itu.

Contoh lain, Yamaha R1M, motor ini dijual dengan harga 812 Juta Rupiah, yakin buat yang punya duit harga segitu bisa dibilang murah? ๐Ÿ˜† . biarpun sang pembeli, tetep aja kalau ditanya, โ€œOm, ini motor murah gak sih?โ€ pasti jawabnya โ€œya gak juga sihโ€. Di Amerika, Yamaha R1M dijual dengan harga 22.000-an USD, atau 350 jutaan kalau dikonversi ke Rupiah. Bahkan, media sekelas CycleWorld atau MCN aja menulis โ€œMahalโ€ sebagai salah satu kekurangan dari varian MV Agusta.

Jadi sebenernya, yang terjadi itu gimana?

Jadi, di moge atau motor itu, sebenernya ada harga yang sejatinya udah disepakai oleh alam. Perkara moge di Indonesia, semua-nya itu mahal, karena ke sortir dan kena tabrak oleh besaran pajak ina itu dan bea masuk yang tinggi. Sob, Mas Moel itu harga faktur-nya 30 juta loh, wkwkwkk. Harga baru tahun 2008 itu 160 jutaan, kan bingung kenapa ada angka yang jomplang banget gitu, pas MMBlog angkut 120 juta ๐Ÿ˜† .

Kawasaki ER6n 99 Juta (2012) dan Kawasaki Z800 169 Juta (2013) adalah harga Normal buat moge baru di Indonesia. tapi kalau masih ada pasukan mending-mending, mending Honda Jazz, mending beras, mending sawah, mending kawin lagi, berarti masbro bukan segmen pasarnya, dan mending-mending itulah yang masbro butuhkan.

Gimana? Ada opini tambahan Sob? silahkan di oret-oret komentarnya yah! sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

instagram

Villa Kanaya

13 COMMENTS

  1. saya ada kenalan seorang pengusha. dia kalo mau bayarin desmo om febs bisa2 aja (asal mau dilepas wkwkwk), tapi dia lebih milih piara altis 2011 sama 2 beat di rumah.

  2. Keqnya kalaupun dia punya duit, kalo bukan hardcore biker juga udh mikir2 beli moge di indonesia. Apalagi secara prestige, yg mengakui ke-soeltan-an anak moge ya orang yg ngerti dunia motor, orang biasa baru ngeh kalo kita beli mobil mewah, dan mobil mewah jauh lebih nyaman dari moge :v

  3. Mudah2an mas vandra diangkat jadi Menteri Keuangan sehingga bisa mencabut aturan ppnbm untuk moge,sehingga kita semua anak motor Indonesia bisa menikmati moge dengan harga yang memang sepantasnya hihi

  4. sebelum pajak dinaekin segila sekarang (yang kabarnya mau dinaikin lagi ga tau bener apa gak) masih “AGAK” masuk akal ya harganya… r1, zx10 dulu main di angka 330jt an baru, yaa masih bisa lah, berhubung sekarang udah angka 500+ buat superbike jepang baru kecuali zx10 yg di 465, hanya orang2 yang susah buang duit yg mau dan bisa beli wkwkwk, ini belom yg eropa, ngeliat di ig nya bro ron v4s baru 1.1 off the road ajegile wkwkwk. dan herannya ane di Indo ini padahal pajak sama tapi harga mogenya juga beda2 masa s1000rr, r1m, cbr1ksp harganya lebih mahal dari H2 yg di luar negeri ini harganya $25k dan yg laen itu maen di kisaran $22k, s1000rr malah di $19k itu sih yg bikin ane bingung, mungkin om vandra tau penyebabnya? ๐Ÿ˜€

  5. Ane mah baca artikel moge aza udah seneng bang..apalagi kalo banyak fotonya..mayan buat wallpaper…kalo beli mah…mimpi aza kali ye…wong metik aza kreditnya msh lama…

  6. kalo buat penghobby mottor sih gak ada kata mahal… namanya juga hobby. mungkin pemerintah naikkan pajaknya karena takut ntar kalau harganya murah bakalan ada anak2 smp naik ducati di jalan raya gak pake helm juga.. wah bisa bisa kacau jalanan. orang anak smp pake MIGO aja udah bikin kacau.

  7. Bohong klw bilang murah, yg ngemplang dan gelap banyak, sekarang ngk senekat dulu brani jual , kabar terbaru bea balik nama aja minta naik lg, alasannya target yg ngelunasin pengemplang meleset, sdg DKI dah mulai banyak bocor+hibah nya (politik mahal + bunga) ? ngider dikomplek aja (paling ya gitu tiarap dulu -sultan mending ke aussie aja)

  8. Enaknya jaman itu. Dimana er6n 102jt 500rb dan promo cicilan 0% max 2 tahun. Dimana Z800 masih 160an jt. Dimana Sportster 883 FP di harga 160-180 jt… ?

  9. Simple aja, anak muda yg bilang moge itu “murah” ada 2 kemungkinan. Mungkin bener2 tajir (entah ortunya entah duit sendiri) atau anak muda yg belum ngerti nilai suatu uang alias susahnya cari duit sendiri wkwkwk.

    Salah? Enggak kok. Dulu saya waktu SMA liat harga motor 250 kisaran 40an berasa itu murah2 aja. Giliran skrg tau rasanya cari duit itu susah (mesti nabung buat rumah dll) baru kerasa motor 250 itu mahal wkwkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here