Marak Lagi Oli Palsu, Kudu Gimana?

8
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, sempat viral dan ramai mengenai penggerebekan produsen oli palsu yang mana, produsen tersebut adalah home industry. Oli palsu adalah oli yang didaur ulang sedemikian rupa, untuk kembali dijual dan akhirnya dibeli oleh konsumen dan digunakan di motor mereka. Asli, serem banget ini Sob. kemarin, pas launching Honda PCX Electric, MMBlog sempat ngobrol sama Blogger yang juga ngerangkap sebagai mekanik andal, Mas Ariyanto perkara hal ini.

Mas Ari bilang, Oli palsu itu memang meresahkan. Praktis, motor yang menggunakan oli sampah ini, gak akan menemukan performa terbaik motornya. boro-boro performanya baik, yang ada malah jebol itu mesin, karena gimanapun itu oli beningnya, yang namanya udah bekas, pasti enggak bener. Udah gitu, dari proses pembuatannya, oli limbah yang mana oli dari berbagai merek dan berbagai motor diolah jadi satu, asli ngerih!

Villa Kanaya

Sebagai penggiat bengkel yang saat ini juga akan membuka bengkel, MMBlog nangkep ada beberapa saran realistis yang bisa membuat kita semua terhindar dari Oli Palsu. Perkara pengecekan dari fisik botol, itu juga bisa sih, tapi produsen oli palsu juga udah lumayan cerdas masbro. Apalagi kalau ada yang namanya kode di tutup dan di botol, terus kedapetan botol bekas yang masih lengkap kondisinya, kan tetep serem, susah dibedain. Cara aman terhindar dari oli ini adalah dengan membeli oli di gerai ternama dan gerai rekomendasi.

Kalau beli online gimana Mas? Wah, gimana yak? Bingung sayah. Secara fisik, ada yang bilang bau oli palsu udah enggak sedap, gimana ya enggak sedapnya oli? Bukannya bau oli gitu-gitu aja? emang enggak sedap toh? Apa bau to*ai gitu? kalau oli pertamina sih ada tuh yang dikasih parfum, baunya manis gitu, ya mungkin ini bisa jadi pembeda ya. lebih baik, produsen oli bikin aja olinya sama sekali gak berbau, atau ya kayak pertamina, dikasih parfum dengan bau yang khas.

kalau ini asli karena dapet langsung dari produsen

Yang jelas, melalui artikel ini, mungkin temen-temen bisa beli oli di SPBU contohnya, atau di gerai oli yang beken. Terus pas ganti oli, kalau bisa, temen-temen pastikan botolnya di rusak, ditusuk, atau diapain lah, agar praktek daur ulang oli sampah ini bisa dihentikan mata rantainya. Gimana Sob? temen-temen ada sharing pengalaman? Sharing ilmu? Silahkan banget di kolom komentar yah! sekian, terima kasih, dan semoga berguna! waspada ya masbro!

instagram

Villa Kanaya

8 COMMENTS

  1. Harga nggak bohong!
    Naluri kita yg mudah tertarik dg barang bagus tapi MURAH, ini yg memancing produsen oli palsu ikut jualan.
    Produsen oli palsu pasti akan kasih harga yg jauh lebih murah, supaya lebih cepat laku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here